7 Fakta Ikan Cupang Yang Tidak Anda Ketahui

11 Dec 2017 08:11 5463 Hits 1 Comments
Apakah Anda juga menyukai ikan cupang ?. Saya akan memberikan kepada anda Fakta - Fakta Ikan Cupang dan berkaitan dengan Indonesia

Apakah Anda menyukai ikan cupang ?. Saya termasuk suka karena ini adalah hewan peliharaan anak 90 an, menurut saya. Karena pada masa itu sangat boming sekali ikan cupang, berbeda dengan kids jaman now, yang banyak menghabiskan waktu mainya di depan gadget.

Artikel ini mungkin akan terlihat biasa saja bagi mereka yang telah memelihara atau hobi ikan cupang sejak lama. Namun artikel ini saya tunjukan bagi Anda orang yang baru mengenal ikan cantik ini.  Pada artikel kali ini saya akan mengajak Anda, mengenal lebih jauh tentang ikan cupang. Saya akan memberikan beberapa fakta menarik bagi Anda yang belum tahu. Berikut faktanya :

  • Lebih dari 70 Spesies.

Ikan cupang memiliki lebih dari 70 Spesies di seluruh dunia. Merupakan ikan asli Asia Tenggara dan lebih mencenangkan lagi adalah Nusantara kita memiliki lebih dari 40 spesies. Ikan cupang banyak tersebar di kalimantan, sumatera, dan jawa. Kita tidak kalah dengan Thailand dalam soal menghasilkan cupang terbaik, karena kita berada di peringkat ke dua setelah negara gajah putih itu.

  • Perilaku Memijah.

Ikan Cupang yang berada di toko ikan berperlilaku memijah Bubble Nest Breed (Menyimpan telur mereka di dalam busa). Tapi tahukah Anda tidak hanya itu, karena terdapat jenis ikan cupang yang memiliki perilaku memijah yaitu Mouth Brooder (Menyimpan telur mereka di dalam mulut cupang jantan sampai menetas)

Perilaku memijah mouth brooder dimiliki oleh beberapa ikan cupang alam. Dan untuk jenis Giant, Fancy, Plakat, Halfmoon, Crown tail. Mereka memiliki perilaku menyimpan telur di sarang busa.

  • Perilaku Meloncat.

Ikan cupang adalah hewan yang lincah, di alam beberapa jenis ikan cupang alam dapat melompat ke permukaan air untuk menangkap serangga yang ada di permukaan air. Oleh karena itu bila Anda memiliki ikan cupang alam yang dapat meloncat sebaiknya bagian atas akuarium anda ditutupi oleh sesuatu.

Untuk ikan cupang yang berada di pasaran seperti Halfmoon, mereka tidak dapat meloncat ke permukaan air karena terbebani oleh sirip mereka yang besar, bayangkan saja halfmoon memiliki sirip setengah lebih dari ukuran badannya.

  • Betina Memakan Anaknya.

Hal ini sama seperti ibu ikan guppy memakan anak yang telah mereka lahirkan. Oleh karena yang bertugas dalam merawat dan membesarkan telur dan burayak adalah pejantan. Dan bila anda sedang melakukan pemijahan dan telur ikan cupang betina yang telah dibuahi keluar semua, disarankan cupang betina dipisahkan dari tempat pemijahan, biyarkan cupang jantan yang mengurus mereka.

  • Hidup 3 Tahun.

Rata – rata hidup ikan cupang berkisar 3 tahun. Namun bila anda melakukan pemeliharaan yang tepat maka ikan ini dapat hidup sampai berumur 5 tahun. Memang waktu itu terbilang singkat bila kita bandingkan memelihara kura – kura yang umurnya dapat hidup puluhan sampai ratusan tahun.

  • Hidup 14 Hari Tanpa Makan.

Ikan cupang adalah ikan yang dapat hidup dalam kondisi lingkungan kejam. Di alam liar mereka tidak tahu apakah hari esok akan makan, sehingga sifat cupang menjadi rakus walaupun tidak lapar. Namun hebatnya cupang dapat hidup 14 hari tanpa makan.

  • Menjaga Wilayah.

Mereka adalah hewan yang agresif pada jenisnya sendiri. Anda tidak dapat menempatkan dua atau lebih cupang dewasa pada satu akuarium. Mereka akan saling bertarung, menggigir, mengejar. Dalam wadah yang kecil mereka akan terus bertarung tanpa henti karena tidak ada tempat untuk bersembunyi. Bahkan pertarungan mereka dapat berujung menang bila salah satu dari mereka mati.

Tags

About The Author

John Setiawan 18
Novice

John Setiawan

Seorang yang membuat tulisan berdasarkan hobi
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel