Bangun Startup Tapi Nggak Punya Modal? Manfaatkan 3 Cara Ini

7 Dec 2017 16:54 660 Hits 0 Comments

Berkembangnya ekosistem startup di Indonesia membuat banyak orang berlomba untuk membangun startup baru dengan berbagai inovasi unik. Startup merupakan perusahaan rintisan yang dibangun untuk mengatasi kebutuhan sosial.

Namun tidak di pungkiri mereka yang ingin membangun startup membutuhkan cukup modal untuk mengembangkannya. Karena pada umumnya untuk menciptakan startup anda nggak hanya butuh tim namun funding yang terpenting.

Di Indonesia sendiri telah banyak sumber dana untuk startup namun tidak semua sumber memberikan jaminan terhadap startup tersebut dan bahkan dapat beresiko bangkrut.

Bagi anda yang ingin membangun startup, jangan kawatir masih ada cara lain yang dapat dimanfaatkan agar ide startup anda terealisasi. Berikut 3 caranya.

 

Manfaatkan Lender Terdekat

Saat anda memulai usaha, modal merupakan hal penting yang akan menunjang usaha anda. Salah satu cara yang dapat anda manfaatkan jika anda nggak memiliki modal adalah dengan memanfaatkan lender terdekat atau yang biasa disebut dengan privat lender.

Privat lender  merupakan pinjaman modal yang berasal dari keluarga atau kerabat dekat anda yang memiliki cukup funding untuk perusahaan rintisan anda. Privat Lender nggak selamanya harus berasal dari pemerintah atau perusahaan swasta.

Pendanaan bersifat lender sama halnya dengan crowdfunding dimana dengan cara mengumpulkan dana dari sejumlah orang diantaranya keluarga, teman, atau rekan dekat anda.

 

Menggunakan Kartu Kredit

Penggunaan kartu kredit bukan hanya ditujukan untuk transaksi belanja namun dapat digunakan untuk kebutuhan modal usaha. Tentunya kartu kredit juga dapat dimanfaatin sebagai modal funding startup anda. Namun perlu anda ketahui setiap bank memiliki persyaratan kartu kredit dan nominal yang berbeda.

Anda harus menentukan berapa besar modal untuk startup anda untuk menggunakan kartu kredit. Pada dasarnya kartu kredit ada yang bersifat titanium dan platinum dan anda harus memperhatikan besar resikonya. Tujuan anda adalah modal untuk membangun usaha so, just be smart in using.

 

Manfaatkan Sponsor Capital

Sponsor capital merupakan dana yang diperoleh dari suatu perusahaan atau brand untuk startup anda. Hal ini tentu berbeda dengan modal yang berasal dari venture capitalist. Peranan venture capitalist di Indonesia begitu besar karena dapat membantu dalam hal funding untuk banyak UKM terutama Startup.

Namun perlu anda ketahui besar resiko venture capitalist lebih besar dari sponsor capital. Karena pada umumnya venture capitalist menggunakan sistem penanaman saham terhadap startup yang bekerja sama dengan mereka.

Hal tersebut berbeda dengan sponsor capital yang memberikan modal dengan jumlah tertentu dengan syarat brand publish dalam suatu startup. Sponsor Capital tidak hanya terbatas pada suatu brand namun anda membutuhkan usaha lebih karena untuk memperoleh modal dari sponsor capital tidak semudah venture capitalist. 

Startup tanpa modal akan sulit dikembangkan karena perusahaan rintisan tersebut membutuhkan jaringan yang harus ditunjang dengan funding yang memadai. 3 cara diatas dapat anda manfaatin untuk memperoleh modal bagi usaha rintisan anda. Contoh produk start up adalah layanan seperti digital agency, cloud based service, software atau aplikasi komputer, dan lain sebagainya.

Tags

About The Author

Doory 9
Kapur Tulis

Doory

Content writing about startup digital and humanities.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel