Efek Dari Tidak Mendaur Ulang Komputer Bekas

6 Dec 2017 14:16 232 Hits 0 Comments
Dengan membuang komputer bekas dan elektronik bekas yang sudah tidak digunakan lagi berdampak buruk bagi lingkungan, namun sangat dibutuhkan oleh beberapa organisasi seperti organisasi nirlaba, sekolah, dan panti asuhan.

Kecepatan yang digunakan konsumen dalam mengganti perangkat elektronik sangat mengejutkan. Menurut Program Lingkungan Perserikatan Bangsa-Bangsa, 20 sampai 50 juta ton limbah elektronik dihasilkan di seluruh dunia setiap tahun, dengan 5,5 ton terdiri dari komputer bekas, telepon seluler dan televisi. Peningkatan pesat dalam limbah elektronik membuat pabrik dan pemerintah kota perlu mendorong daur ulang atau jual komputer bekas. Perusahaan daur ulang limbah yang sah di Amerika Serikat mengumpulkan lebih dari 2000 ton elektronik bekas setiap tahun, menurut Badan Perlindungan Lingkungan A.S., namun masih banyak yang dibuang begitu saja. Daur ulang limbah elektronik dan komputer bekas semacam itu memiliki banyak manfaat dan dengan tidak mendaur ulang komputer bekas menimbulkan ancaman serius terhadap lingkungan.

 

  • Dampak TPA

Di A.S., pada tahun 2009 saja, elektronik yang dibuang seperti TV bekas, komputer bekas dan periferal komputer terdiri dari sekitar 2,37 ton limbah. Dari jumlah itu, sekitar 1,7 juta ton dipastikan hanya dapat dibuang di tempat pembuangan sampah. (Lihat Referensi) Kumpulkan sampah elektronik dengan bahan yang dapat digunakan kembali atau dapat dipulihkan dan membutuhkan tempat yang dibutuhkan untuk produk yang tidak dapat didaur ulang. Sebagian besar limbah elektronik di A.S. dikirim ke luar negeri, seolah-olah untuk didaur ulang namun seringkali berakhir di tempat pembuangan akhir yang mencemari lingkungan.

 

  • Pencemaran air tanah

Sementara EPA percaya bahwa "pembuangan barang elektronik di tempat pembuangan limbah padat kota yang dikelola dengan baik tidak mengancam kesehatan manusia dan lingkungan," komputer bekas tak terbantahkan mengandung logam beracun seperti timbal, kadmium dan merkuri. Jika komputer bekas dibuang ke tempat pembuangan sampah yang tidak dikelola dengan benar, logam dapat dilepaskan ke tanah di sekitar tempat pembuangan. Pencemaran yang dihasilkan dapat mempengaruhi air tanah dan flora dan fauna yang bergantung padanya.

 

  • Konsumsi energi

Infrastruktur komputer bekas juga mengandung logam berharga seperti emas, tembaga dan platinum. Membuang komputer bekas memaksa produsen mengeluarkan energi dan sumber daya untuk menemukan bahan baku untuk produk baru. Pertambangan untuk logam mulia, pembuatan plastik rekayasa dan pembuatan komponen baru semuanya mengkonsumsi energi dan mengeluarkan gas rumah kaca ke lingkungan, mempercepat dampak perubahan iklim. Dengan mendaur ulang komputer bekas memungkinkan produsen untuk membuat kembali logam dan bahan lainnya dan menggunakannya kembali. (Lihat referensi)

 

  • Dampak Ekonomi

Konsumen dapat membuang komputer bekas yang ketinggalan zaman dan menggantinya dengan model yang lebih baru, walaupun komputer bekas tersebut masih dalam kondisi dapat beroperasi dengan baik. Praktik ini menyangkal manfaat teknologi bagi pengguna sekunder seperti sekolah, organisasi nirlaba, usaha kecil atau pelajar. Menyumbangkan komputer bekas yang masih beroperasi dan periferal mereka memperluas kegunaannya dan menjauhkan komputer bekas dari tempat pembuangan sampah lebih lama.

Tags

About The Author

Spartacom 6
Kapur Tulis

Spartacom

perusahaan terima jual beli komputer bekas

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel

From Spartacom