5 Citra Rasa Makanan Khas Thailand

3 Dec 2017 13:13 273 Hits 0 Comments
Rempah, pedas, dan asam adalah citra rasa yang akan kalian rasakan ketika mencicipi makanan khas Thailand. ​Hampir tidak berbeda jauh dengan citra rasa masakan khas Indonesia.
Rempah, pedas, dan asam adalah citra rasa yang akan kalian rasakan ketika mencicipi makanan khas Thailand. Hampir tidak berbeda jauh dengan citra rasa masakan khas Indonesia. Sangat disayangkan jika kalian mengunjungi Bangkok hanya untuk wisata budaya dan berbelanja saja, tanpa mencoba makanan khas Thailand. Berikut 5 kuliner khas Thailand yang bisa kalian coba :

<!--more-->

1. Thai Fried Noodle (Pad Thai)

kuliner khas thailand Pad Thai
Pad Thai
 merupakan salah satu mie khas Thailand yang dimana kalian bisa menemukannya di setiap restoran maupun street food stall. Mie nya sendiri memiliki campuran telur, tauge, kacang, bawang merah, tahu, udang, dan saus asam. Pad Thai memiliki rasa yang sangat kaya, ada rasa manis, pedas, dan asam. Taburan kacang sangat mempengaruhi kegurihan makanan satu ini. It's really good!

2. Fried Chicken (Gai Tod)

kuliner khas thailand gai tod

Kalian bisa beli Gai Tod di beberapa street food kota Bangkok, khususnya di daerah Pratunam sebagai area pusat perbelanjaan. Kalian bisa cari sekitaran Central World atau Platinum Fashion Mall.Bedanya apa sih dengan ayam goreng yang ada di Indonesia? Kulit ayam Gai Tod sangat crispy dibandingkan ayam goreng Indonesia, hal ini dikarenakan penjualnya menambahkan sedikit tepung walaupun tidak seperti ayam KFC. Selain itu adonan bumbunya yang meresap hingga ke daging-dagingnya menambah rasa Gai Tod makin enak. Kadang-kadang penjual Gai Tod juga menyediakan sambal khusus yang bisa menambah citra rasa dari Gai Tod.

3. Tom Yam Noodles

kuliner khas thailand - tom yam
Tom Yum

Sama seperti Pad Thai, Tom Yum merupakan salah satu mie khas Thailand. Kalian bisa menemukannya di setiap restoran maupun street food di Bangkok. Tom Yum memiliki rasa yang otentik, selain rasanya agak masam, kandungan herb yang kuat menjadi salah satu ciri khas makanan Thailand, khususnya makanan berkuah atau sup. Ada beberapa jenis Tom Yum, ada yang menggunakan udang, daging sapi, sampai daging babi. Bagi kalian seorang muslim, alangkah baiknya bertanya dulu kepada penjualnya, sebelum memakan Tom Yum.

Baca Juga : 5 Oleh-Oleh Makanan Ringan Khas Thailand

4. Boat Noodle (Kway Teow Rua)

kuliner khas thailand - boat noodle
Boat Noodle (thegardennom.wordpress.com)

Boat Noodle merupakan mie khas Thailand yang disajikan dalam porsi kecil, dan harganya cuma 10 THB. Seperti namanya, Boat Noodle biasanya dijual di atas perahu di pinggiran sungai. Mereka sengaja menyediakan porsi yang lebih kecil untuk menghindari tumpahan air kuah ketika ada gelombang air. Semakin kesini Boat Noodle makin digemari oleh banyak kalangan, danmuncullah beberapa restoran maupun cafe yang menyajikan Boat Noodle.

Boat Noodle mempunyai 2 jenis kuah, yaitu Kuah Pathumthani dan Ayutthaya. Kuah Ayutthaya berwarna lebih gelap dan pekat, kandungan herbnya lebih kuat. Sedangkan kuah Pathumthani memiliki warna kecoklat-coklatan. Gue sendiri lebih suka makan Boat Noodle kuah Pathumthani, karena kandungan herbnya sedikit dan tidak terlalu membuat mual.

5. Duck Rice

kuliner khas thailand - duck rice
Duck Rice (aromacookery.wordpress.com)

Kalian bisa mendapatkan Duck Rice secara mudah di Bangkok, khususnya di daerah Pratunam. Terdapat banyak restauran di samping jalan yang menyediakan Duck Rice, di sekitaran Platinum Fashion Mall. Duck Rice merupakan gabungan antara nasi hainam dan bebek panggang. Bebek terlebih dahulu diasikan (marinated), sehingga rasa bumbunya melekat pada dagingnya. Dagingnya sangat tender dan soft ketika dimakan. Terdapat saus khusus yang disajikan dari herbs dan spices tertentu, sehingga membuat rasanya bercampur antara manis dan gurih.

About The Author

Moh. Yuntiwa Ramdhan 11
Pensil

Moh. Yuntiwa Ramdhan

Hi. My name's Yuntiwa and live in Jakarta. I am a digital consultant and travel blogger-to-be. I want to share my travel journal and experience, also I am writing content cover food & culinary, hotel review, travel tips, and anything that relate to travel.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel