Cara berkirim pesan dari jaman ke jaman

19 Nov 2017 04:56 2899 Hits 0 Comments
Evolusi manusia dalam berkomunikasi dengan berkirim pesan, alat yang digunakan, serta dampak yang ditimbulkan dalam kehidupan sehari - hari.

Dari dulu sampai saat ini manusia mengenal berbagai cara berkomunikasi dengan orang orang terdekat mereka yang berada di tempat yang jauh. Ternyata sebenarnya sebelum maraknya media social seperti saat ini masyarakat kuno menggunakan beberapa cara komunikasi unik.

  • Isyarat asap

Pada masa tahun 3000SM bangsa Indian menggunakan isyarat asapuntuk berkomunikasi dengan saudara saudara mereka yang jauh. Mereka membuat api yang besar lalu asapnyamereka tutup menggunakan kulit hewan sehinnga menghasilkan isyarat isyarat tertentu.

  • Surat

Surat tulisan tangan sudah ada sejak tahun 155M di  daerah china dan Persia yang di antar lewat angkutan darat, laut, lewat udara yang menggunakan jasa merpati pos. burung merpati dapat dengan kepandaian nya dapat mengirim surat pesan dari jarak mesir-irak. Metode merpati pos ini masih sering  digunakan pada masa peang dunia 1 dan perang dunia 2. Tentu saja pada saat itu sangat membantu para tentara yang berada jauh dari keluarga mereka.

  • Telegram

Telegram merupakan alat komunikasi pertama yang menggunakan signal satelit. Telegram dapat menerjemahkan pesan melalui kabel signal elektrik. Alat ini adalah pencetus awal dari telepon genggam yang kita gunakan saat ini.

  • Telepon kabel

Telepon kabel pertama kali di ciptakan oleh Alexander graham bell. Bell yang sangat tertarik dengan dunia gelombang suara ini pertama kali mengajak temannya yaitu Thomas Watson untuk membantunya menyediakan perlengkapan penelitian. Penelitian itu dilakukan dengan menggunakan alat pengatur suara dan magnet untuk menghantarkan bunyi yang akan di kirimkan, dan peristiwaini pertama kali terjadi pada tahun 1875. Dan teknologi telepon kabel ini terus di kembangkan dan mulai sempurna dan banyak di gunakan pada tahun 1900an.

  • Telepon genggam

Seiring terus berkembang nya jaman pada tahun 1973 pertama kali seorang martin cooper menemukan telepon genggam yang beratnya mencapai 2 Kg. Cooper membuat penemuan ini di akibatkan oleh ketidak efektifan telepon kabel yang hanya bisa di gunakan pada saat tersambung di kabel saja. Telelpon genggam terus melakukan pembenahan mulai dari memperkecil ukuran dan melakukan terobosan lain yaitu dapat berkirim SMS,pesan singkat atau SMS ini pertama kali dapatdi kirim pada tahun 1992. Di era telepon genggam ini masyarakat dapat dengan mudah mengirimkan pesan seperti foto bunga papan lampung ucapan agar lebih memberi kesan tersendiri.

Kini industri komunikasi sudah sangat maju pesat, akan tetapi jikadi perhatikan tentu saja ada dampak positif dan negatifnya dalam setiap perubahan jaman.

Industri komunikasi yang semakin canggih dan sulit terbendung ini mengakibatkan banyak efek samping dari penggunaan alat komunikasi seperti handphone, laptop, komputer dan gadget lainnya. Salah satu bentuk efek samping yang ditimbulkan adalah adanya gelombang elektromagnetik yang secara berkala dapat merusak jaringan jaringan syaraf manusia. Oleh karena efek samping ini ada baiknya penggunaan alat komunikasi elektronik ini dapat lebih dikontrol pemakaiannya dalam kehidupan sehari hari.

Tags

About The Author

rian darmawan 22
Novice

rian darmawan

mencoba membagikan apa yang ada di otak saya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel