Cari Tahu Disini ! Masalah yang Kerap Terjadi Pada Kopling Mobil

2 Nov 2017 16:12 3858 Hits 0 Comments
Kopling merupakan salah satu komponen yang ada pada kendaraan, terutama mobil. Berikut ini, akan dibahas beberapa masalah yang kerap terjadi pada kopling....

(Source: Eaton.com)

Seperti yang kita ketahui kopling merupakan salah satu komponen penting di dalam sebuah kendaraan. Tanpa adanya kopling, kendaraan anda tidak akan berfungsi dengan baik. Namun, pernahkah anda menyadari masalah-masalah yang akan timbul jika anda tidak menjaga kesehatan kopling mobil anda. Dalam artikel kali ini, akan dibahas mengenai masalah-masalah apa saja yang dapat ditimbulkan jika kondisi kopling mobil anda sudah tidak prima lagi. 

Kopling tidak hanya ada pada mobil bertransmisi manual saja. Peranti ini juga terdapat pada kendaraan dengan transmisi matik. Meskioun keduanya memiliki perbedaan, yakni yang satu diatur otomatis, sedangkan pada manual dapat dinonaktifkan oleh pengemudi melalui pedal khusus (pedal kopling). Kopling kerap mengalami gangguan, hal tersebut tentu saja membuat kendaraan menjadi tidak nyaman. Carsome Indonesia, salah satu platform jual mobil akan mengulas apa saja kerusakan yang biasa terjadi pada kopling, sehingga pengemudi dapat secepatnya melakukan perbaikan atau servis. 

1. Menggelincir (slip kopling)

(Source: nsbattery.com)

Keadaan ini terjadi karena terjadi keausan pada permukaan plat kopling. Selain itu bisa juga karena terkena minyak sehingga koefisien gesek plat menurun. "Kondisi ini mengakibatkan kopling tidak sempurna dalam memindahkan tenaga dari mesin (mobil hilang tenaga)," Ungkap salah satu Inspector Carsome yang telah berpengalaman dalam menginspeksi beberapa permasalahan pada mobil. Jika ini terjadi akan berdampak pada mobil yang tidak dapat melaju cepat dan akan boros bahan bakar. 

2. Getaran atau Gesekan kasar

(Source: Tempo.co)

Hal ini terjadi saat komponen tidak berhubungan secara halus dan mobil seolah bergetar. Penyebabnya bisa dari plat kopling, matahari atau roda (flywheel) yang tidak rata.

3. Adanya bunyi “gemeretak” saat gigi transmisi dipindahkan

(Source: Mobil Komersial.com)

Jika terdapat bunyi seperti ini, masalah umumnya terjadi pada plat kopling aus, atau plat yang tidak kembali sempurna, ketika pedal ditekan (tetap menempel dengan flywheel). Gigi transmisi akan sulit dipindah, meskipun bisa, maka akan muncul suara kasar (gemeretak).

Jika Anda merasakan atau menemukan gejala seperti itu pada kendaaran Anda, sebaiknya periksakan kendaraan dan melakukan penggantian pada komponennya jika diperlukan. Salah satu inspector Carsome juga berpendapat bahwa hal ini juga sangat penting bagi Anda yang ingin menjual mobilnya, agar meningkatkan harga penawaran yang cukup layak jika Anda melakukan perbaikan maupun penggantian komponen yang rusak. 

About The Author

Karen 26
Novice

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel