Anda Penyuka Makanan Manis tapi ingin makanan yang ringan?

12 Oct 2017 11:21 365 Hits 0 Comments
Cobalah Resep Makanan ini, dijamin lezat dan ringan

Turki, negara dengan jumlah penduduk 77 Juta ini merupakan negara yang terkenal dengan Makanan Kebab nya dan juga Sejadah maupun Karpetnya. Di Indonesia Turki terkenal dengan serial sinetron nya yang berjudul Elif. Namun, tidak banyak yang tau tentang makanannya selain Kebab. Untuk kali ini kita bahas salah satu makanannya dan cara membuatnya yuk.

Makanan Kali ini merupakan makanan yang menjadi makanan penutup tradisional yang bernama Güllaç. Makanan ini terbuat dari Susu, buah delima, dan sejenis kueh kering. Makanan ini biasanya di konsumsi pada saat bulan Ramadhan. Güllaç ini tiap sangat jarang sekali ditemukan di Turki, tapi saat bulan Ramadhan sangan populer daripada baklava.

Seperti makanan penutup Turki lainnya, yufka ( adonan Filo ) adalah bahan utama dari Güllaç. Lapisan tipisnya berwarna putih karena bahan utama dari adonan ini adalah tepung Maizena, tidak seperti baklava yang mempunyai warna emas. Adona Lapisan tipis dan kering ini pertamakali dibuat saat era Ottoman sebagai cara untuk mengawetkan makanan dalam waktu yang lama. Sebelum orang-orang mengganti makanan jenis ini menjadi makanan yang mereka sebut (yang artinya Makanan) Mereka akan melunakkan lapisan ini dengan adonan susu dan menambahkan gula kedalamnya.

Hidangan ini kemudian di beri air mawar dan bermacam-macan kacang untuk merubah/  meng-improv rasa nya. Karena diberi Air mawar, nama dari makanan ini diganti menjadi güllü aÅ ( yang secara istilah artinya makanan dengan rose ). Beriringan dengan waktu namanya berubah menjadi satu kata yaitu, güllaç.

Terdapat Pistachio dan kacang hazelnut di antara tengah lapisan dari güllaç. Pistachio ini juga di taburkan ke atas güllaç sebagai garnish / hiasan. Hiasan lainnya pun bervariasi sesuai dengan musim dimana bulan Ramadhan jatuh. Buah Chery atau biji delima juga sering digunakan sebaai hiasan.

Güllaç ini sangat merupakan makanan penutup yang sangat mudah untuk dibuat. Karena kita hanya perlu menyiapkan adonan phyllo dengan cara menaburkan tepung nya ke panci dan mengeringkannya atau kita bisa membelinya di toko-toko online. Adonan kering apabila di simpan dalam kondisi yang terawat dapat tahan hingga dua tahun.

Waah, sepertinya menarik ya. Makanan ini juga dapat dijadikan camilan yang ringan di perut karena dibuat dengan menggunakan susu. Selain itu rasanya juga tidak terlalu manis. Sekarang kita intip Resepnya yuk
Bahan yang diperlukan :

  • 10 lembar gullac pastry
  • 500 gr gula pasir
  • 500 gr pomegranate atau strawberry
  • 400 gr kacang kenari
  • 200 ml air mawar
  • 3 liter susu cair
  • 5 gr mastik

Cara Membuat Güllaç :

  1. Panaskan gula, susu cair dan air mawar sampai mencapai suhu 45 derajat celcius.
  2. Rendam lima lembar gullac kedalam susu cair. Untuk memudahkan, sobek-sobek besar gullac nya sebelum direndam kedalam susu. Kalau teksturnya sudah lembut, tata dengan rapi di sebuah pinggan.
  3. Taburkan kacang kenari di atasnya.
  4. Lakukan langkah nomor dua dan tiga sampai gullac nya habis. (rendam lima lembar gullac kedalam susu. Kalau teksturnya sudah lembut, tata dengan rapi di atas tumpukan gullac yang sudah ditaburi kacang kenari.
  5. Kalau anda ingin gullac terasa lebih lembut, tuang susu sedikit demi sedikit.
  6. Dinginkan di dalam kulkas sampai gullac mengembang.
  7. Potong gullac menjadi segi empat dan sajikan dengan taburan pomegranat atau strawberry.

Sekian Tutorial dari saya. Oh iya untuk catatan, Resep nya dapat kita kreasikan sesuai keinginan dan selera kita lohh…

Sampai jumpa di Tutorial berikutnya

 

Tags

About The Author

Muhammad Prameswara Munggaran 26
Pena

Muhammad Prameswara Munggaran

.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel