Intip si Agar-agar manis dari jepang

10 Oct 2017 10:59 274 Hits 0 Comments
Kita Intip Sejarah dan Resepnya yuk hihihi...

Jepang terkenal dengan makanan-makanan manis sampai yang unik. Bahkan tak jarang kita menemukannya di Indonesia, Seperti Mochi, Dango, Permen Apel, Ramen, Roti Soba, dan makanan lainnya. Kali ini yang akan dibahas yaitu makanan Manis dari Jepang yaitu Youkan.

Youkan adalah sebuah Makanan Penutup atau camilan tebal yang terbuat dari pasta kacang merah, Agar dan Gula. Ada juga yokan yang terbuat dari teh hijau, ubi jalar, bahkan bening (campuran agar-agar dan gula) tetapi memiliki seni dalam segi bentuk ataupun rupa.Biasanya Youkan ini di jual dalam bentuk persegi / kotak, dan dimakan dalam beberapa potongan. Ada dua jenis utama dari Youkan yaitu : neri youkan dan mizu youkan. perbedaannya neri yokan lebih padat dan penggunaan airnya lebih sedikit dibandingkan mizu yokan. Kalau di negara kita sih mungkin mizu yokan sama saja dengan puding agar-agar biasa, hanya saja kalau di negara Jepang biasanya yokan memiliki bentuk khas yang unik dan cantik. Mizu Youkan ini biasa nya didingin kan dan dimakan pada saat musim panas.

Walaupun Youkan ditemukan di Jepang dan di luar negeri biasanya terbuat dari pasta Kacang merah, Youkan yang terbuat dari kacang White Kidney Paste ( Shiro An ) juga biasanya juga banyak. Tipe Youkan ini lebih milky dan lebih memiliki rasa yang lebir ringan dari pada yang terbuat dari Pasta kacang merah. Dan bakan, dapat di beri rasa dan di warnai dengan menggunakan bubuk teh Hijau.

Youkan juga bisa saja mengandung Kastanya, Persimmon, Kacang Azuki yang dimaniskan, Buah Tin, dan Sweet Potato ( Ubi Jalar ). Gula pun dapat di gantikan dengan madu, Gula coklat Tua, atau Molase agar dapat menghasilkan rasa yang lain dari Youkan yang telah di produksi. Adapun Shio Youkan, yang menggunakan sedikit garam.

Youkan originalnya berasal dari Konpeksi Gelatin China atau snack yang terbuat dari gelatin yang berasal dari kambing yang di rebus. Dan pertama kali dikenalkan di Jepang oleh Zen Buddha pada zaman Kamakura dan Muromachi, sekitar tahun 1191. Sebagai Penganut Buddha yang melarang pembunuhan, mereka mengganti gelatin dari binatang dengan tepung Gandum dan Kacang Azuki. Lalu Agar pertama kali digunakan setelah di temukan sekitar tahun 1658, di Jepang. Variasi ini menjadi dasar dari Youkan Modern. Sebagai salah satu dari Manisan jepang yang populer, kemudian ber-evolusi ketika zaman Edo, yaitu ketika gula telah ditemukan dan tersedia. Karena dapat disimpan untuk jangka waktu yang lama tanpa di dinginkan kecuali dibuka. Dan dapat dijadikan barang Hadiah pokok.

Setelah kita mengetahui sejarah nya yuk kita intip Resepnya hihihi…

Bahan yang di butuhkan:

* 1 batang Kanten (agar-agar), atau 2 sdt bubuk Kanten
* 1 1/4 cangkir air
* 1 cangkir gula merah
* 3/4 lb (1 1/2 cangkir) anko manis pasta kacang azuki

persiapan:
Rendam tongkat Kanten dalam air selama satu jam atau sampai lunak. Remas Kanten melunak dan merobeknya menjadi potongan-potongan kecil. Tambahkan potongan Kanten atau bubuk Kanten dalam 1 dan 1/4 cangkir air dalam panci sedang dan didihkan, aduk. Kecilkan api sampai rendah. Didihkan sampai Kanten larut dengan baik, aduk. Tambahkan gula, aduk rata. Tambahkan anko. Aduk terus dan didihkan sampai mengental. Stop panas. Tuang adonan ke dalam wadah datar. Dinginkan sampai perusahaan. Potong Yokan menjadi blok-blok kecil untuk melayani.

Tags

About The Author

Muhammad Prameswara Munggaran 26
Pena

Muhammad Prameswara Munggaran

.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel