kesalahan yang sering terjadi saat pertama kali melamar pekerjaan

18 Sep 2017 10:41 1468 Hits 0 Comments
tips dan trik pencari kerja

saat kita kuliah, sering kita memikirkan betapa susahnya dan pusingnya belajar dan skripsi, saking pusingnya tidak sedikit mahasiswa yang rela membayar mahal untuk sebuah skripsi, alias membeli skripsi. tidak masalah sih kalau punya uang, tetapi apakah itu baik untuk kita atau tidak, tentu jawabannya tidak, karena skripsi itu melatih kita untuk memecahkan sebuah masalah yang kemungkinan dihadapi di masa yang akan datang, jadi aku saranin bagi kamu yang sedang skripsi, kerjakan sendiri dan rasakan kepuasannya saat selesai.

selesai kuliah bukan berarti kita terbebas dari yang namanya pusing, kita akan dipusingkan dengan hal yang berbeda dan seperti kebanyakan orang yaitu pusing mikirin kerja, dan ini lebih berat dibandingkan mikirin skripsi, sudah melamar kesana kemari tetapi tidak juga dapat panggilan, ada juga sudah tes dimana-mana tetapi tidak ada yg lanjut, ditambah lagi orang tua sudah tidak memberi jatah bulanan pasti bikin pusing dan tak jarang sampai putus asa dan menyerah lalu pulang kampung dengan tangan hampa, mendapat pertanyaan orang-orang " sudah kerja dimana?". 

karena aku sudah bekerja saat masih kuliah jadi sedikit banyaknya aku punya pengalaman yang mungkin saja berguna bagi kalian yang sedang bingung mencari kerja, berikut beberapa tipsnya agar cepat mendapat pekerjaan yaitu

1. kenali diri kamu sebaik mungkin, apa yang kamu bisa, apa yang kamu minati, dan apa yang kamu ingin capai.

2. jangan terpaku pada pendidikan kamu, lulusan apapun kamu, jurusan apapun kamu, jangan sampai jadi penghalang, memang pekerjaan yang baik adalah pekerjaan yang kita minati dan sesuai pendidikan kita, namun perlu di ingat dunia ini bukan kamu yang mengatur, pekerjaan apapun itu selama kamu bisa melakukannya dan selama pekerjan itu halal kenapa tidak?.

3. jangan suka berhayal terlalu tinggi, kebanyakan orang mentang-mentang kuliah berhayal punya pekerjaan bagus, jabatan tinggi, gaji tinggi, dan sebagainya. itu akan membuatmu malas untuk mencari kerja, sekalipun dapat tetapi tidak sesuai, pasti kamu akan malas bekerja, sering melamun, dan itu sangat mempengaruhi produktivitas kamu, saat produktivitas di bawah garis toleran kantor maka pasti kamu dipecat.

4. optimis dan konsisten, jangan berhenti untuk melamar pekerjaan sampai kamu mendapatkannya, seperti halnya peluang pada hitungan matematika, semakin kamu banyak melamar, maka semakin besar peluang kamu mendapatkannya. kerja keras takkan menghianati hasil.

5. jangan pilih-pilih pekerjaan, mau kantoran, lapangan, atau apapun itu tidak masalah karena ini pertama kamu bekerja, fokus utama kita adalah punya penghasilan, setidaknya kita sudah mengurangi beban pikiran, jadi sambil bekerja sambil berusaha mencari pekerjaan yang lebih baik.

6. jika kamu dipanggil tes, datanglah minimal 30menit dari jadwal, gunakan pakaian sopan, dan bersikaplah wajar, jangan terlalu sok kenal, sok pintar, dan sebagainya.

7. saat tes wawancara, gunakan bahasa yang baik dengan nada suara normal, jawablah pertanyaan dengan sebaik-baiknya, entah itu benar atau dusta tidak masalah, jangan sekali-sekali kamu curhat, mengumbar kesedihan dan kemelaratan untuk menarik simpati, percayalah itu membuat ilfeel.

8. saat ditanya motivasi kerja, banyak pemula yang menjawab ingin mencari pengalaman, memang tidak salah, tetapi itu bukan yang dharapkan, perusahaan perlu orang yang memiliki motivasi jelas dan kuat, sebaiknya kamu menjawab" bekerja ingin punya penghasilan/duit, merintis karir, dan mandiri".

9. saat pertama bekerja, jangan terlalu banyak menghabiskan waktu luang dengan berbicara pada teman kerja kecuali urusan pekerjaan, gunakan waktu untuk belajar, dan memahami jobdesc kamu dan berusahalah memenuhi jobdesc itu.

mungkin sekian dulu tipsnya semoga bermanfaat bagi kamu yang sedang mencari kerja, tetap semangat dan optimis, karena kerja keras takkan menghianati hasil. kalau ada pertanyaan seputar tipsnya silahkan komen, sebiasanya akan ku jawab. terima kasih

 

Tags

About The Author

hasran wirayudha 11
Novice

hasran wirayudha

just simple man
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel

From hasran wirayudha