Ghostwriter, Penulis yang Tak Berharap Terkenal

16 Sep 2017 12:57 2473 Hits 4 Comments
SAYA menyebutnya, ini adalah makhuk unik dalam dunia kepenulisan.

SAYA menyebutnya, ini adalah makhuk unik dalam dunia kepenulisan. Jika rata-rata orang menulis karena berharap terkenal, selain karyanya laris di pasaran, tapi tidak bagi seorang ghostwriter atau biasa dikenal dengan nama penulis bayangan. Ia menulis untuk orang lain yang punya ide/gagasan tulisan, tapi tidak mampu menuangkan dalam tulisan. Nah, disinilah ghostwriter hadir. Ia membantu menuliskannya. Dari jasa inilah seorang ghostwriter mendapatkan penghasilan. 

Andrew Crofts—mungkin namanya asing dan tidak pernah terdengar dalam dunia kepenulisan. Ia adalah seorang ghostwriter. Buku yang ditulis jumlahnya sudah mencapai ratusan judul. Banyak diantara bukunya yang mendunia. Tapi dari ratusan buku yang ditulis, tidak satupun yang mencantumkan namanya. Andrew menuliskan ide dan gagasan orang lain dan menuangkan dalam buku. Ketika terbit, buku itu memajang nama si pemilik ide dan gagasan sebagai penulis, bukan nama Andrew. 

“Saya yang menulis, dan mereka yang memperoleh pujian,” begitu kata Andrew. 

Saat ini, banyak tokoh-tokoh terkenal yang juga menyewa jasa penulis bayangan ini mulai dari para artis dan selebriti, politikus, tokoh masyarakat, pemimpin dan masih banyak lagi. 

Lalu apa kenikmatan yang didapat dari seseorang yang berprofesi sebagai ghostwriter? Yang pasti, menjadi penulis seperti ini akan memiliki pendapatan finansial jauh lebih besar hingga ratusan juta rupiah dari jika seseorang mengerjakan project penulisan pada umumnya.  

Tapi, sebenarnya tidak semata-mata finansial yang besar yang mereka kejar. Di sisi lain, ada sebuah kebanggaan tersendiri bisa menembus orang-orang terkenal dan berlama-lama dengan mereka untuk mengumpulkan bahan tulisan. Dari sana, seorang ghostwriter juga banyak mendapatkan pelajaran tentang hidup, perjuangan dan masih banyak lagi. Dan manakala buku ini selesai dan membuat pemesannya tersenyum puas, disinilah letak kebahagiaan batin seorang ghostwriter. 

Tags

About The Author

putra 37
Ordinary

putra

penyuka kabar, suka berkabar.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel