15 Barang ini Sebaiknya Disingkirkan dari Rumah

11 Aug 2017 14:03 431 Hits 0 Comments
Kamu pernah mendengar sebutan hoarder? Jika kamu belum tahu, hoarder adalah sebutan bagi orang-orang yang suka menyimpan barang-barang tak penting dan bahkan sampah di dalam rumah.

Kamu pernah mendengar sebutan hoarder? Jika kamu belum tahu, hoarder adalah sebutan bagi orang-orang yang suka menyimpan barang-barang tak penting dan bahkan sampah di dalam rumah. Banyak di antara mereka yang mengaku tak rela membuang barang tersebut karena memiliki kenangan tersendiri ataupun memang karena malas.

Agar rumahmu selalu bersih dan terlihat rapi, coba perhatikan barang-barang di bawah ini yang sebaiknya disingkirkan dari rumah.

1. Sampah

 Tentu saja kamu harus membuang sampah, baik sampah dapur/rumah tangga maupun sampah-sampah kecil yang ada di sekitar rumah termasuk kamar. Jangan biarkan sampah menumpuk karena bisa menjadi sumber penyakit.  

2. Obat Kadaluarsa

 Sering kali kita membeli obat dan tak menghabiskannya karena sudah sembuh, lalu kita membiarkan obat tersebut dalam waktu yang lama. Periksa tanggal kadaluarsa setiap obat yang ada di rumahmu agar tidak dikonsumsi secara tidak sengaja dan malah membahayakan kesehatan.  

3. Bumbu Kadaluarsa

 Kamu pasti sering belanja bumbu dapur untuk memasak di rumah tanpa menyadari kalau masih ada banyak bumbu yang sama di rumahmu. Misalnya saja seperti kecap, sambal, saus, margarin dan bumbu dapur lainnya.  

Pastikan kamu memeriksa persediaan bumbu dapur sebelum belanja dan buang bumbu yang sudah kadaluarsa. Jangan sampai kamu menggunakan bumbu yang sudah kadaluarsa, bukannya enak namun bisa jadi hasil masakanmu malah hancur.

4. Majalah dan Koran

 Buang majalah dan koran lama, ingat kamu akan membeli yang baru setiap hari atau bulannya. Majalah dan koran lama yang menumpuk akan menumpuk dan bisa menjadi sarang nyamuk di rumah. Selain itu, tumpukan tersebut akan membuat rumah menjadi sempit.  

5. Suvenir Tidak Penting

 Suvenir pernikahan, ulang tahun dan acara lainnya yang sudah lama dan tidak penting sebaiknya tidak usah kamu simpan berlama-lama. Jika memang tidak pernah digunakan, sebaiknya kamu membuang suvenir tersebut.  

6. Pajangan Kecil

 Pajangan kecil memang berguna untuk dekorasi sebuah ruangan, namun jika terlalu banyak dan tidak terurus maka akan berdebu. Buang pajangan yang sudah tua dan memang tidak berguna lagi daripada memenuhi rumah.  

7. Baju Lama Layak Pakai untuk Didonasikan

 Pilih beberapa baju lama yang sudah tidak pernah kamu pakai untuk didonasikan kepada sesama yang lebih membutuhkan. Ingat ya, baju itu harus dalam keadaan masih layak pakai. Jika baju tersebut sudah rusak atau tidak layak, lebih baik kamu membuangnya.  

Lakukan ini untuk setiap anggota keluarga yang ada di rumah ya.

8. Barang Tak Terpakai di Atas Meja

 Coba perhatikan, mana barang-barang di atas meja yang sudah tidak terpakai. Misalnya saja alat make up yang sudah rusak dan kadaluarsa, notes lama, pulpen yang sudah tidak bisa dipakai, struk belanja dan lainnya.  

Jika barang tersebut sudah lama ada di atas meja dan tidak digunakan, buang segera agar tidak semakin memenuhi meja.

9. Buang Atau Donasikan Aksesoris

Periksa laci atau rak tempat penyimpanan aksesoris dan buang atau donasikan barang-barang yang sudah tidak kamu gunakan lagi. Misalnya saja seperti pita, hiasan rambut, syal, scarf dan aksesoris lainnya.

Tidak hanya perempuan, namun hal ini juga harus dilakukan oleh kalian yang laki-laki. Singkirkan barang atau aksesoris tak terpakai lagi seperti ikat pinggang, dasi, dompet lama, jam tangan dan sebagainya. Jika ingin didonasikan, pastikan semua barang tersebut masih layak pakai.

10. Baju Dalam Lama

Jangan menyimpan, apalagi menggunakan baju dalam yang sudah terlalu lama. Walaupun sering dianggap sepele, tapi mengenakan baju dalam yang sudah lama dan kendor tidak baik untuk pertumbuhan bentuk tubuhmu apalagi jika masih dalam usia puber.

11. Alat Tulis yang Rusak

Kamu pasti punya pensil yang sudah tumpul, pulpen yang sudah tidak nyata atau penghapus dan tip-ex yang sudah tidak bisa digunakan lagi. Daripada memenuhi tempat pensil atau meja belaja, lebih baik buang saja alat tulis tersebut.

12. Buku yang Tidak Pernah Dibaca

Untuk apa menyimpan sesuatu yang tidak pernah digunakan termasuk buku yang tidak pernah dibaca? Berikan buku tersebut kepada orang lain yang lebih membutuhkan. Selain membuat rumah dan kamarmu lebih lega, kamu juga mendapat pahala karena bisa membantu orang lain.

13. Sepatu yang Tidak Nyaman

Sering kali ada orang yang membeli sepatu melalui toko online akhirnya menyesal karena sepatu tersebut tak nyaman digunakan. Pasalnya mereka tidak bisa mencoba sepatu tersebut sebelum membeli dan tak bisa dikembalikan.

Jika ini terjadi padamu, daripada sepatu tersebut memenuhi rak dan berdebu karena tak terpakai lebih baik singkirkan dengan memberikannya kepada orang lain.

14. Peralatan Olahraga yang Tak Terpakai Selama Setahun Terakhir

Peralatan olahraga yang tak terpakai dan dibiarkan diam di rumah akan berdebu dan malah menjadi sarang nyamuk. Jika kamu tak pernah menggunakannya sejak satu tahun terakhir, itu artinya kamu memang belum membutuhkannya. Sumbangkan saja ke pihak yang lebih membutuhkan atau kamu bisa menjualnya.

15. Jins Lama

Kamu bisa membuang, menyumbangkan atau menyulap jins lama menjadi barang lainnya seperti tas atau dompet. Periksa dan bongkar lemari, pilih jins lama yang sudah tak terpakai lagi dan lakukan hal tersebut.

Tags

About The Author

Karina Indah 8
Kapur Tulis

Karina Indah

Beautiful and fun!

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel