Spesifikasi Health-Monitoring Pada Bluetooth Versi 4.0 Terbaru

7 Jul 2011 15:27 5451 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Anda pasti sudah tidak asing dengan teknologi Bluetooth. Teknologi nirkabel ini umumnya digunakan untuk mentransfer *file* antar perangkat. Selain itu Bluetooth juga dapat menghubungkan ponsel pada PC atau laptop untuk menjadi modem, memutar lagu pada ponsel dan mengeluarkan suaranya pada *speaker* PC atau laptop, dan lain-lain.

Anda pasti sudah tidak asing dengan teknologi Bluetooth. Teknologi nirkabel ini umumnya digunakan untuk men-transfer file antar perangkat. Selain itu Bluetooth juga dapat menghubungkan ponsel pada PC atau laptop untuk menjadi modem, memutar lagu pada ponsel dan mengeluarkan suaranya pada speaker PC atau laptop, dan lain-lain.

Wikipedia mendefinisikan Bluetooth sebagai "spesifikasi industri untuk jaringan kawasan pribadi (Personal Area Networks atau PAN) tanpa kabel. Bluetooth menghubungkan dan dapat dipakai untuk melakukan tukar-menukar informasi di antara peralatan-peralatan. Spesifiksi dari peralatan Bluetooth ini dikembangkan dan didistribusikan oleh kelompok Bluetooth SIG (Special Interest Group). Bluetooth beroperasi dalam pita frekuensi 2,4 Ghz dengan menggunakan sebuah frequency hopping traceiver yang mampu menyediakan layanan komunikasi data dan suara secara real time antara host Bluetooth dengan jarak terbatas. Kelemahan teknologi ini adalah jangkauannya yang pendek dan kemampuan transfer data yang rendah."

Versi terbaru yang digunakan saat ini adalah Versi 3.0 dengan kemampuan dan kecepatan transfer yang lebih cepat dari versi-versi sebelumnya. Dan beberapa waktu lalu Bluetooth SIG mengabarkan akan merilis spesifikasi terbaru dari Bluetooth, yaitu Versi 4.0. Pada versi terbaru ini, Bluetooth akan menambah kemampuan pada hal kesehatan.

Bluetooth SIG secara bertahap telah mengeluarkan spesifikasi generasi terbaru perangkat nirkabel untuk health-monitoring berdasarkan kemampuan Bluetooth 4.0. Desain prototipe perangkat Bluetooth 4.0 health-monitoring sudah diciptakan dan berfungsi dengan baik. Dan dikabarkan vendor ponsel akan menanamkan hardware tersebut pada bulan Desember tahun ini.

Dengan hardware ini, ponsel akan bisa digunakan sebagai thermometer, pengukur detak jantung, kadar gula pada darah, tekanan darah, berat badan, pedometer (penghitung langkah manusia), dan fungsi untuk kesehatan lainnya. Dan diprediksikan pada tahun 2012 nanti, 100% produk smartphone akan menggunakan fitur Bluetooth Versi 4.0, hal ini dikarenakan hardware Bluetooth 4.0 memiliki ukuran lebih kecil dari versi sebelumnya dan harga yang lebih murah. RY

About The Author

Plimbi Editor 999
Telepathic

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel