Inspirasi Positif dari Orang-Orang Tertua di Dunia (Bag. 2)

2 Jul 2017 23:09 1913 Hits 0 Comments
Tips berumur panjang dan sehat

Di bagian pertama kita sudah membahas tentang orang-orang tertua di dunia seperti Maria Capovilla, Mbah Gotho, Rantima, Tanzilya Bisembeyeva, dan sebagainya. Sekarang kita lanjutkan ke orang tertua berikutnya:

 

11.Susannah Mushatt Jones
Wanita Amerika ini meninggal pada usia 116 tahun. Ia menerima penghargaan dari parlemen Amerika Serikat dan Alabama "Untuk umur hidup yang luar biasa, prestasi hidup yang luar biasa hingga tiga abad."

 

Beberapa faktor pendukung umur panjangnya adalah:
a. Istirahat cukup (tidur 10 jam setiap malam)
b. Tidak merokok
c. Tidak minum minuman beralkohol
d. Mengisi diri dengan cinta dan energi positif
e. Sarapan setiap hari dengan empat potong  daging dengan  telur  dan  bubur  jagung sebagai menu favoritnya
f. Menghindari rias wajah dan pewarna rambut

 

12. Violet Mosse-Brown
Mosse-Brown yang biasa disapa Bibi V itu lahir pada 10 Maret 1900 di Duanvale, Trelawny Jamaika. Ia mengatakan rahasia umur panjangnya adalah karena keyakinannya pada Sang Pencipta dan faktor genetis, namun sebenarnya tidak sesederhana itu. Ia bisa mencapai umur 117 tahun. Di usianya yang tak lagi muda, Mosse-Brown masih mampu membaca tanpa kacamata dan mampu mengulang sajak yang dipelajarinya di sekolah. Penasaran dengan rahasia umur panjangnya?

 

Berikut ini resepnya:
a. Kebaikan hati
Ia mendirikan yayasan yang berfokus pada kepedulian lansia di seluruh dunia.
b. Memiliki selera humor yang baik
c. Menghindari daging ayam dan babi
d. Menyukai ikan, daging kambing, kaki sapi (kadang-kadang), jagung, kentang, serta buah-buahan (terutama jeruk dan mangga)
e. Bekerja keras
f. Menghormati orangtua
g. Tidak minum rum dan minuman sejenis lainnya
h. Membaca buku (tanpa kacamata)
i. Keyakinan pada Tuhan dan perintah-Nya

 

13. Johanna Klink
Mengagumkan, wanita ini berhasil sehat fisik dan mental hingga akhir hayatnya. Wanita Jerman ini berhasil mencapai umur 112 tahun 1 bulan.
Johanna berkata, "Saya merasa sangat baik, seperti masih berusia 60 tahun dan baru saja pensiun. Rahasia untuk hidup lebih lama adalah diet sederhana dan ringan, dan yang utama adalah sop yang kubuat hanya menggunakan beberapa tetes minyak atau mentega".

 

14. Orma Slack
Ia meninggal pada usia 112 tahun 2 bulan. Pada usia 109 tahun, ia bahkan masih bermain ski.

Resep umur panjangnya adalah:
a. Kebaikan hati
Ia menjadi sukarelawan di Rumah sakit Bellville hingga ia berusia 104 tahun, itupun karena tidak bisa mendapatkan tumpangan menuju ke sana.
b. Menurutnya, dunia tidak menjadi semakin baik atau semakin buruk. Sehingga ia hanya mengikuti ke mana mengalirnya.
c. Selalu bersikap positif dalam melihat orang-orang dan kehidupan.
d. Tidak pernah mengatakan hal-hal buruk kepada tetangga, keluarga, atau teman.

 

15. Sakari Momoi
Sakari bekerja sebagai guru dan terakhir sebagai kepala sekolah hingga pensiun. Umurnya berhasil mencapai 112 tahun 5 bulan. Rahasia panjang umurnya sebenarnya bukanlah sesuatu yang wah. Kurang lebih sama seperti yang lain, ia rajin berolahraga, makan secukupnya, dan tidak pernah mengkonsumsi alkohol.

 

16. Ethel Lang
Wanita kelahiran 27 Mei 1900 ini hidup selama 114 tahun 7 bulan. Di usia 107 tahun ia masih bisa menari.

Ini rahasianya:
a. Tidak merokok
b. Tidak minum minuman beralkohol
c. Aktif bergerak, misalnya memasak dan menari
d. Peduli pada kesejahteraan masyarakat

 

17. Emma Morano-Martinuzzi
Emma hidup selama 115 tahun 6 bulan. Wanita Italia ini tak pernah menyentuh obat-obatan serta selalu berpikiran positif tentang masa depan.

 

18. Jeralean Talley
Ia lahir pada 23 Mei 1899 dan meninggal pada usia 116 tahun 1 bulan. Ia sangat aktif bergerak. Hingga usia 104 tahun ia masih bisa bermain bowling, dan hingga usia 114 tahun ia masih sibuk merajut. Kadang-kadang ia juga memancing dengan menantu dan cucu. Rahasia hidupnya sungguh indah, yaitu perlakukan orang lain sebagaimana kamu ingin diperlakukan.

 

19. Adele Dunlap
Wanita ini tinggal di New Jersey. Ia hidup selama 114 tahun. Semasa hidup ia senang mengonsumsi oatmeal dan jogging di pagi hari.

 

20. Gertrude Weaver
Ia orang yang aktif dan tidak menderita penyakit kronis di usia lanjut. Lahir pada 4 Juli 1898, umurnya bisa mencapai 116 tahun 6 bulan.

Rahasia umur panjangnya adalah:
a. Keyakinan kepada Tuhan
b. Bekerja keras
c. Mencintai semua orang
d. Melakukan apa yang bisa dilakukan
e. Meninggalkan apa yang tidak mampu dilakukan

 

21. Yisrael Kristal
Ia termasuk pria yang berumur panjang. Mampu mencapai usia 113 tahun, resep umur panjangnya cinta kepada Tuhan, hidup sederhana, selalu berpikir positif dan bahagia dalam segala hal, serta mengkonsumsi acar ikan herring setiap hari.

 

Polanya mirip-mirip bukan? Yang saya bagikan adalah hal-hal baiknya saja. Yang tidak baik tidak perlu ditulis, apalagi ditiru. Banyak orang ingin berumur panjang, tetapi di antara mereka yang berumur panjang ternyata merasa kesepian. Teman, istri/suami, atau anaknya sudah meninggal duluan. Satu lagi, terkadang menjadi merepotkan orang sekitar. Bagaimanapun orang menjaga kesehatannya, penurunan fungsi/kemampuan organ itu hampir bisa dipastikan. Bersyukurlah jika keluarga atau orang sekitar baik dan mau merawat. Meski demikian, terkadang perasaan lemah dan tidak bisa apa-apa itu menjengkelkan dan menggerogoti para lansia berumur "ekstra".

 

Ketika banyak orang berumur lebih dari 100 tahun diburu oleh berbagai museum rekor, Dr. Shigeo Haruyama, Spesialis Bedah Saluran Pencernaan, menganggapnya aneh. Bagaimana tidak, sebenarnya manusia itu memang dirancang untuk berumur panjang. Mereka dengan mudah bisa melampaui usia 100 dan hidup hingga 120 tahun. Bahkan dalam kedokteran Cina, terdapat tesis 160 tahun. Ia menganggap tidak seharusnya orang berpikir bahwa sakit di saat tua itu normal dan berumur lebih dari 100 itu wah. Ia menyebut angka 120-125 tahun itu sebenarnya wajar dicapai oleh manusia yang menjalankan gaya hidup sehat. Ini terbukti karena di keluarganya sendiri rata-rata berumur 100 tahun.

 

Jangan pernah berpikir bahwa sakit itu normal! Masih ingat tidak bahwa Rasulullah tidak pernah sakit? Ajaran Islam itu menyehatkan. Itu artinya kita harus berusaha menjaga kesehatan sebaik mungkin. Jika sakit, biasanya ada sesuatu yang perlu diubah pada diri kita.

 

Terlepas dari itu semua, umur itu rahasia Allah. Kita bisa berikhtiar dengan menjaga gaya hidup sehat namun hasil di tangan Allah. Yang terpenting dari semuanya, sampai berapa lamapun umur kita, isilah dengan hanya dengan sesuatu yang positif, semaksimal mungkin.

 

Keterangan:

Gambar: Susannah Mushatt Jones

Sumber gambar: alchetron.com

About The Author

Dini Nuris Nuraini 39
Ordinary

Dini Nuris Nuraini

penulis, blogger

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel