Inspirasi Positif dari Orang-Orang Tertua di Dunia (Bag. 1)

2 Jul 2017 20:57 2964 Hits 0 Comments
Tips panjang umur dan sehat

Pada zaman dahulu, berumur panjang itu sudah biasa. Para nabi rata-rata berumur ratusan tahun, bahkan ada pula yang ribuan tahun. Akan tetapi, semakin ke sini semakin jarang manusia yang bisa mencapai usia ratusan tahun. Mereka seperti makhluk langka. Jika pun ada dunia menjadi heboh dan berebut memasukkannya ke dalam museum rekor.

 

Rasulullah sendiri mengindikasikan bahwa jatah hidup umatnya adalah rata-rata selama 60 sampai 70 tahun. Oleh karena itu, jika di masa kini ditemukan orang yang "bonus" umurnya sangat banyak, orang-orang menjadi penasaran dan ingin tahu rahasianya.


Umur seseorang merupakan rahasia Allah dan sekaligus hak prerogatif-Nya. Tidak selalu orang yang sehat itu matinya belakangan, atau sebaliknya, tidak selalu orang yang sakit itu mati duluan. Senada dengan itu, mereka yang berumur panjang belum tentu gaya hidupnya baik. Tidak semua dari gaya hidup mereka patut dicontoh. Lagipula, ada di antara mereka yang berumur panjang tetapi dalam kondisi tidak baik (tidak sehat).


Penyakit tua itu adalah suatu keniscayaan. Semakin tua seseorang semakin menurunlah kondisi atau kemampuan tubuhnya. Kita bisa mengurangi dampak tersebut melalui ikhtiar pola makan yang baik, pola hidup sehat, ibadah yang baik, atau lainnya.


Berikut ini saya ambilkan contoh hal-hal baik yang bisa ditiru dari orang-orang tertua di dunia:


1. Maria Capovilla
Maria Esther Heredia Lecaro de Capovilla, atau lebih dikenal dengan Maria Capovilla, meninggal di usia 116 tahun 347 hari. Warga Ekuador ini selain aktif dalam kegiatan sosial juga tidak merokok dan tidak pernah minuman keras.

 

2. Saparman Sodimejo
Saparman Sodimejo alias Mbah Gotho meninggal pada usia 146 tahun. Ia berasal dari Dukuh Segeran, Desa Cemeng, Sambungmacan, Sragen, Jawa Tengah. Pernah orang-orang bertanya padanya tentang resep umur panjangnya. Pria kelahiran 31 Desember 1870 ini hanya menjawab dengan sesuatu yang sederhana, yaitu sabar dan ikhlas.

 

3. Rantima
Masih dari Indonesia, dialah Rantima. Rantima dari Desa Durjan Barat Pokejing Kecamatan Kokoh Kabupaten Bangkalan Madura, Jawa Timur berhasil mencapai usia 206 tahun. Kita bisa belajar darinya melalui sikapnya yang ramah dan hidupnya yang sederhana. Sebagai muslimah, ia juga suka berzikir dan menjalankan puasa Daud. Rantima tidak pernah makan gorengan, atau kalaupun menggunakan minyaknya berupa minyak kentik dari kelapa. Rantima juga terbiasa makan makanan rebus dan bakar. Makanannya berupa akar-akaran atau umbi-umbian yang direbus atau dibakar, misalnya akar nangka, akar aren, ketela, umbi, dan gembili.


Di usianya yang ke-203, Rantima masih bisa memasak, menganyam tikar, dan beraktivitas, meskipun penglihatannya sudah memudar.


Ditanya mengenai resepnya berumur panjang, dia menjawab "Gusti Allah".

 

4. Tanzilya Bisembeyeva
Ia lahir pada 14 Maret 1896 dan tahun lalu merayakan ulang tahunnya yang ke-120. Warga Astrakhanskaya Oblast di Rusia selatan ini memiliki banyak hal yang patut dicontoh. Ia menjalani gaya hidup sehat. Para kerabatnya mengatakan bahwa ia tidak pernah tinggal di satu tempat, tidak merokok, dan hanya makan produk alami. Ia juga selalu aktif mencari segala informasi yang terjadi di sekelilingnya. Bukan cuma itu, ia juga sangat baik dan sangat positif dengan kehidupan. Ia hanya melihat yang terbaik pada diri setiap orang.

 

5. Misao Okawa
Warga Jepang ini membocorkan rahasia umur panjangnya kepada The Guardian, yaitu belajar bersantai dan cukup tidur. Ia mengaku tidur nyenyak setiap malam. Misao masih rutin berolahraga hingga berusia 102 tahun, dan masih sanggup berjalan sendiri hingga usia 110 tahun.

 

6. Besse Cooper
Pada 26 Agustus 2012, Besse Cooper merayakan ulang tahunnya yang ke-116. Setahun sebelumnya, yaitu pada Januari 2011, ia dinobatkan jadi perempuan hidup tertua di dunia versi Guinness Book of World Records. Pendukung umur panjang dari wanita ini ternyata adalah hanya memikirkan urusannya sendiri dan menjauhi makanan tak sehat serta junk food.

 

7. Shigechiyo Izumi
Pria Jepang ini bisa mencapai umur 120 tahun 237 hari karena sangat percaya kepada Tuhan.

 

8. Sarah Knauss
Sarah hidup hingga usia 119 tahun 97 hari. Ia sangat gemar bermain golf dan berbelanja. Barangkali itulah rahasia umur panjangnya, suka berolahraga dan menyenangkan diri sendiri. Menghibur diri agar mental selalu bahagia dan tidak stres. Ia juga sangat murah senyum dan selalu aktif melakukan berbagai kegiatan.

 

9. Tane Ikai
Tane Ikai hidup selama 116 tahun 175 hari. Belajar dari stroke yang pernah menimpanya, wanita ini kemudian melakukan diet bubur intensif.

 

10. Li Ching Yun
Li Ching Yun tinggal di China tepatnya di provinsi Szechwan. Umurnya simpang siur, ada yang mengatakan 197 tahun tetapi ada pula yang mengatakan 256 tahun. Ia tampak awet muda. Meskipun usianya sudah 200 tahun lebih, namun dalam pandangan orang-orang terlihat seperti berusia 60 tahun-an. Herbalis dan ahli kungfu ini mempunyai banyak kebiasaan baik, misalnya:


a. Mengutamakan mengkonsumsi tumbuh-tumbuhan (sayur-mayur)
b. Menjaga hati tetap tenang
c. Duduk seperti kura-kura
d. Berjalan dengan riang seperti merpati
e. Tidur seperti anjing
f. Menjaga pola makan
g. Rutin melakukan latihan fisik

Intinya kurang lebih adalah menjaga pola makan, menjaga agar tidak stres, istirahat dengan cukup dan baik, serta berolahraga.

Bersambung ke bagian 2 ....

 

Sumber gambar:

1. Umur nabi-nabi: FB. BijakITNetwork

2. Maria Capovilla: vyperlook.com

 

About The Author

Dini Nuris Nuraini 39
Ordinary

Dini Nuris Nuraini

penulis, blogger
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel