Bagaimana Saya Memanfaatkan Hobi Menjadi Rejeki?

13 Jun 2017 14:21 612 Hits 0 Comments
Maka dari itu, hobi janganlah hanya dinikmati sendiri, karena didalam hobi, bagi saya ada harta karun yang sangat berharga dan bisa dimanfaatkan untuk jangka panjang.

Masa muda merupakan masa saat tenaga masih banyak dan saat mencari banyak peluang untuk meraih masa depan. Setiap orang dibenaknya pasti ingin sukses dengan target-tager tertentu sesuai keinginannya atau passion. Di masa muda juga banyaknya momen dengan kegiatan-kegiatan atau hobi yang kita sukai, baik di sekolah, kuliah, ataupun saat sudah kerja. Setiap orang pasti memiliki hobi yang berbeda-beda mulai dari menyanyi, berenang, menggambar, bermain musik, bermain game, membaca buku, bahkan hobi nongkrong juga ada. Semua itu merupakan cara setiap orang untuk membuat dirinya bahagia dan senang.

Apakah hobi bisa menghasilkan penghasilan? Bisa banget, asal kita tekun dengan hobi kita dan serius dalam menjalaninya, maka itu semua akan terealisasikan. Selain itu, jika kita pintar melihat peluang untuk dijadikan bisnis kenapa tidak? Saya menerapkan ketika saya kuliah di jurusan desain komunikasi visual, dan hobi saya adalah mendesain, baik desain berbentuk visual ataupun audio, saya lakukan itu dengan penuh semangat dan enjoy. Suatu saat saya berpikir, mengapa hobi saya hanya saya nikmati sendiri? Apa bisa lebih bermnfaat dan menghasilkan uang? (kan lumayan buat ditabung hehe)

Singkat cerita saya merancang strategi agar hobi saya bisa membawa rejeki. Dengan strategi perbanyak kenalan dengan orang-orang yang hits atau terkenal di kampus, orang-orang penting di organisasi, dan membuat karya di sekitar tempat tinggal saya. Mengapa strategi ini saya gunakan? Karena, yang pertama karya saya harus dikenal oleh orang lain. Sama seperti hobi bermain musik atau olahraga, maka orang lain harus melihat kemampuan kita terlebih dahulu. Setelah itu, Alhamdulillah orderan mulai datang, banyak yang membutuhkan jasa desain saya. Mulai dari pembuatan karya nirmana 2D dan 3D (tugas kuliah), vector, logo, company profile, animasi motion graphic, film editing, dan pembuatan Visual Effect (VFX) serta Sound Effects (SFX).

Saya sangat bersukur ketika hobi saya bisa menjadi rejeki dan bisa bermanfaat bukan hanya untuk diri saya, tetapi untuk teman-teman dan masyarakat sekitar. Dengan demikian, hobi yang awalnya hanya untuk kesenangan sendiri, sekarang bisa membuahkan hasil dengan profit yang terbilang lumayan. Bahkan, bisa juga hobi menjadi pekerjaan utama kita. 

Banyak sekali hobi yang awalnya iseng-iseng, sekarang menjadi pekerjaan utama dan bisnis yang sangat menguntungkan. Seperti hobi mengutak-atik gadget atau barang elektronik bisa membuat sebuah perusahaan dibidang reparasi elektronik. Atau hobi yang doyan nongkrong di cafe dengan teman-teman, itu juga bisa membuahkan rejeki seperti mendapat partner bisnis yang bisa mensupport bisnis kita (investor), dan masih banyak lagi hobi-hobi yang mendatangkan rejeki.

Maka dari itu, hobi janganlah hanya dinikmati sendiri, karena didalam hobi, bagi saya ada harta karun yang sangat berharga dan bisa dimanfaatkan untuk jangka panjang. Mungkin itu aja pesan dari kehidupan saya, semoga ilmu bisa bermanfaat.

 

Tags

About The Author

Jaisyurrahman 15
Pensil

Jaisyurrahman

Visual and Sound Designer

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel