Kondisi Kulit Dan Artinya Terhadap Kesehatan

19 Jun 2017 12:28 126 Hits 0 Comments

Kulit merupakan salah satu organ luar yang berfungsi untuk membungkus tubuh yang terdiri dari beberapa lapisan jaringan. Terdapat beberapa faktor eksternal dan internal seperti faktor genetik, virus, bakteri dan lingkungan yang dapat menentukan kondisi kulit.

Kulit merupakan salah satu organ luar yang berfungsi untuk membungkus tubuh yang terdiri dari beberapa lapisan jaringan. Terdapat beberapa faktor eksternal dan internal seperti faktor genetik, virus, bakteri dan lingkungan yang dapat menentukan kondisi kulit.

Ditemukan sejumlah kondisi kulit yang harus diwaspadai bisa sewaktu - waktu menyerang kelompok remaja putri yang malas melakukan perawatan kulit. Pada umumnya penyakit kulit ini bisa memicu munculnya rasa malu dan kurang percaya diri bagi beberapa orang terutama para pekerja kantor sehingga mereka pada akhirnya menjadi tampil kurang sempurna dan enggan berbaur dengan lingkungan sosial karena kondisi kulit yang kurang terawatt dan menimbulkan jerawat atau kulit kusam dan kurang bercahaya.

Maka dari itu, sangat perlu untuk mengetahui tentang kondisi kulit untuk selanjutnya anda mengenal tentang penyakit kulit apa yang menyebabkan kulit anda menjadi bermasalah. Nah berikut ini adalah tanda - tanda masalah kulit dan artinya terhadap kesehatan kulit yang wajib untuk diketahui.

1.Jika anda mempunyai kulit kering disertai dengan kelelahan, kuku yang lemah, perubahan suasana hati, depresi, sembelit dan berat badan tiba - tiba turun, kemungkinan besar anda menderita sakit hipotiroidisme atau hipertiroidisme.

2.Jika ada bercak merah yang muncul pada permukaan kulit, kemungkinan anda menderita psoriasis. Segeralah ke dokter untuk memperoleh pengobatan karena apabila anda terlambat menanganinya maka kondisi kulit seperti ini dapat berakhir buruk dan menyebabkan tekanan, diabetes, penyakit jantung, darah tinggi, dan gangguan autoimun.

3.Jika kulit anda berubah pucat dan mulai mudah lelah berkepanjangan, kemungkinan anda menderita anemia. Kondisi ini merupakan sebuah kondisi serius dan anda harus segera berkonsultasi dengan dokter agar mendapatkan pengobatan.

4.Jika anda menemukan bercak - bercak hitam pada kulit secara tiba - tiba, maka kondisi ini bisa pertanda bahwa anda terserang diabetes. Kondisi ini akan menunjukkan gejaka pra - diabetes. Bercak tersebut merupakan tanda - tanda resistensi insulin dalam tubuh.

Selain memperhatikan tanda - tanda tersebut di atas, anda bisa merujuk kepada penyakit tertentu seperti kulit kering dan sedikit gatal merupakan salah satu masalah kesehatan yang cukup serius atau kondisi medis yang bisa mendasari bahwa anda terserang penyakit tertentu.

Erat hubungannya dengan penjelasan dari kami tersebut di atas, ada beberapa penyebab untuk kulit kering yaitu saat tubuh anda terlalu sering terpapar angin atau saat anda salah dalam hal memilih sabun tertentu, angin dan sabun ini merupakan media untuk menjaga kelembaban kulit anda dari kondisi di luar rumah yang kadang - kadang buruk karena cuaca dan biasanya akan membuat kulit anda mudah menjadi kering.

Berikut ini kami berikan daftar kondisi medis yang gejala awalnya ditandai dengan kulit kering.

1. Diabetes

Ketika anda merasa tingkat gula darah di dalam tubuh mulai kurang normal, maka kondisi ini akan menyebabkan dehidrasi dan bisa memicu munculnya kekeringan ekstrem pada kulit.

2. Efek Samping Obat

Kondisi cuaca yang buruk dapat menyebabkan kulit anda mudah menjadi kering, tetapi juga ada obat - obatan tertentu yang mudah menyebabkan kulit anda menjadi kering. Obat - obatan untuk tekanan darah tinggi adalah jenis obat klinis yang menyebabkan kulit kering.

3. Perubahan Hormonal

Kondisi lain yang menyebabkan kulit mudah kering adalah adanya perubahan kadar hormon dalam tubuh yang mudah menyerang orang - orang telah lanjut usia.

4. Hypothyroidism

Minyak yang diproduksi oleh kulit di dalam tubuh anda bisa saja mulai berkurang ketika anda sedang menderita hipotiroidisme. Hal inilah yang memicu kulit anda menjadi kering dan kasar.

5. Kurang Gizi

Ketika tubuh anda kekurangan nutrisi yang cukup memadai, terutama vitamin, asam lemak omega - 3 dan selenium, maka hal inilah yang menyebabkan kekeringan ekstrem pada kulit.

6. Eksim

Ketika kulit anda terlalu kering atau bersisik dan pelembab yang normal kurang mampu melembabkan apalagi menyembuhkannya, maka kondisi ini bisa menjadi tanda bahwa anda sedang menderita eksim.

7. Psoriasis

Apabila kulit anda terlalu kering, bersama dengan munculnya bercak - bercak merah dan bersisik, maka ini adalah pertanda bahwa anda menderita psoriasis.

8. Dehidrasi

Ketika tubuh anda sedang kekurangan air, maka tubuh akan merasa gagal untuk menyediakan secukupnya pasokan kelembaban terhadap kulit. Hal inilah yang menyebabkan kulit menjadi kering.

Demikian kami menjelaskan, semoga bermanfaat !


 

Tags Kesehatan

About The Author

Nila 55
Bolpoint

Nila

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel