Etos Kerja Yang Baik

7 Jun 2017 11:52 928 Hits 0 Comments
Manusia yang baik, dapat dilihat dari etika, etika yang baik akan menghasilkan etos kerja yang baik dan maksimal. Oleh karena itu, etika kita sangat berpengaruh kepada kualitas etos kerja kita.

Sebagai seorang manusia yang memiliki akal dan akalnya digunakan dengan bijak serta bisa berpikir cerdas, maka yang harus dilakukan seorang manusia ketika dihadapkan dengan suatu kerjaan, sebuah masalah, atau diminta tolong oleh seseorang adalah dengan menyelesaikan hal-hal tersebut dengan segera, penuh semangat, dan rasa keikhlasan. Ini akan mempengaruhi bagi etos kerja kita, baik di lingkungan kerja atau di lingkungan lainnya.

Etos kerja merupakan cara atau perilaku yang didasari dari semangat atau tidaknya seseorang dalam menyelesaikan suatu pekerjaan atau masalah dan menghasilakan nilai baik buruknya kualitas kerja seseorang. Kita sebagai manusia yang diberi banyak kenikmatan dari Allah salah satunya adalah akal yang dapat digunakan untuk berpikir cerdas. Dengan pola pikir yang cerdas, maka akan menghasilkan etika yang baik, bisa menghargai waktu, dan integritas yang tinggi.

Pola perilaku yang sangat mempengaruhi seseorang adalah moral dari tiap individu. Karena moral seseorang dapat sangat mempengaruhi etos kerja. Moral merupakan ujung tombak dari pribadi seseorang. Jika moralnya baik, maka etos kerja yang dihasilkan akan baik juga. Pribadi yang memiliki moral baik adalah adanya sikap integritas yang tinggi, konsisten, dan berkomitmen serta bisa menghargai seseorang dengan baik tanpa melihat setatus atau agamanya.

Cara menumbuhkan etos kerja pada diri kita sebagian berikut:

1. Bekerja dengan ikhlas penuh rasa syukur

Dengan rasa ikhlas dan syukur, kita akan mudah bekerja dengan mudah tanpa adanya berat hati dan keterpaksaan.

2. Bekerja penuh dengan tanggung jawab

Rasa tanggung jawab merupakan hal penting yang harus dimiliki setiap orang. Karena hal ini begitu penting ketika kita melakukan hal yang salah, kita bisa segera menuntaskan suatu kesalahan atau tidak lari dari suatu masalah. Dengan demikian, orang akan melihat etos kerja kita yang memiliki nilai tanggung jawab yang baik.

3. Bekerja dengan semangat

Semangat dalam bekerja akan sangat berpengaruh kepada kualitas kerja yang dihasilkan nantinya. Oleh sebab itu, semangatlah dalam bekerja, baik di kantor, aktivitas sehari-hari, atau diminta tolong oleh seseorang. 

4. Bekerja dengan cinta

Melakukan pekerjaan dengan penuh rasa cinta karena di pengaruhi oleh keikhlasan maka yang di dapat adalah amal kebaikan pula untuk kita. Jadi tidak pernah rugi orang yang melakukan pekerjaan dengan penuh rasa cinta.

5. Bekerja penuh ketekunan

Perilaku yang baik akan menghasilkan ketekunan dalam bekerja. Ketekunan inilah yang akan menghasilkan pekerjaan-pekerjaan kita maksimal dan cepat selesai dikerjaan. Maka dari itu, etos kerja akan menjadi semakin baik untuk meraih kesuksesan dikemudian hari.

Manusia yang baik, dapat dilihat dari etika, etika yang baik akan menghasilkan etos kerja yang baik dan maksimal. Oleh karena itu, etika kita sangat berpengaruh kepada kualitas etos kerja kita.

Tags

About The Author

Jaisyurrahman 14
Pensil

Jaisyurrahman

Visual and Sound Designer

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel