5 Cara Menjaga Fisik Khususnya Mahasiswa

5 Jun 2017 11:14 415 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Seorang mahasiswa harus menjaga fisik dan kebugaran badan walaupun memiliki aktivitas yang super banyak. Itu semua bisa diatur dengan manajemen waktu yang baik dan semangat menjaga kesehatan yang tinggi. Karena jika kita peduli dengan kesehatan kita, maka rutinitas sehari-hari kita akan mudah dilaksanakan dengan maksimal.

Apakah anda seorang mahasiswa? Apakah anda sangat sibuk dengan segudang kegiatan yang membutuhkan ekstra waktu dan tenaga? Disini saya akan memberikan tips dan trik cara menjaga fisik yang pernah saya terapkan kedalam hidup saya untuk menjaga kesehatan agar saya bisa memaksimalkan waktu dan mengerjakan semua kegiatan rutinitas saya.

Ketika menjadi seorang mahasiswa, maka akan banyak sekali kesibukan-kesibukan baik dari kegiatan kampus maupun diluar kampus. Kesibukan itu semua akan menguras waktu kita. Dengan demikian, waktu untuk menjaga kesehatan fisik akan sangat sedikit. Belum lagi jika ada tugas-tugas besar. Pengalaman pribadi saya, saya diawal-awal kuliah sangat jarang berolahraga karena banyaknya kegiatan yang menyita waktu saya. Akhirnya badan saya sempat drop dan hampir terkena tifus. Semenjak itu saya benar-benar sadar akan kesehatan tubuh saya. Saya tidak ingin kejadian ini terulang kembali, karena ketika jatuh sakit maka sangat sulit untuk mengerjakan aktivitas sehari-hari dengan normal, apalagi mengerjakan tugas. 

Nah saya punya tips dan trik buat siapa aja khususnya seorang mahasiswa yang super sibuk dengan segudang kegiatan demi terjaganya kesehatan.

1. Atur Jadwal Olahraga 

Walaupun kita sangat sibuk, setidaknya kita juga harus memberi hak kepada badan kita. Karena badan ini adalah titipan dari Allah yang harus dijaga. Dengan demikian, minimal 1 minggu 1 kali olahraga kita rutinkan. Saya biasanya olahraga santai di sekitar kosan dengan jalan santai, senam aerobik, dan menjaga otot-otot dengan barbel 4 kg. Rutinitas ini ketika di jalankan dengan konsisten dan penuh semangat akan membuat badan kita menjadi sehat dan tidak mudah sakit.

2. Pola Makan yang Sehat

Apa yang dimasukan ke dalam badan baik makanan atau minuman akan sangat berpengaruh kepada kesehatan dan kebugaran badan kita. Kemudian waktu makan juga sangat berpengaruh bagi kesehatan kita. Ini juga bagian yang sangat penting selain olahraga. Untuk itu, seorang mahasiswa jangan lupa dengan yang namanya sarapan di pagi hari. Jangan lewatkan waktu sarapan ya karena ini sangat penting dan membuat lambung menjadi tetap sehat dan terhindar dari penyakit maag. Kemudian hindari makan terlalu larut malam, misalnya jam 10 ke atas. Karena efeknya sangat buruk bagi kesehatan.

3. Perbanyak Air Putih

Konsumsi air putih begitu penting karena menjaga dari terjadi dehidrasi dan menjaga pola makan agar tidak berlebihan. Saya biasanya sebelum kuliah banyak minum air putih atau terkadang membeli air kemasan dikampus.

4. Jangan Merokok

Seorang mahasiswa yang lagi galau atau stress biasanya mereka merokok untuk membuat pikiran jadi tenang. Oke, mungkin pikiran sedikit tenang, tetapi dampak dari rokok itu sendiri malah merugikan dirinya. Karena efek dari rokok itu sendiri lebih banyak negatifnya ketimbang manfaatnya. Maka dari itu, saya pribadi menjaga diri dari rokok apalagi saya punya penyakit asma. 

5. Pola Tidur

Hampir semua mahasiswa pasti pernah begadang atau mengerjakan tugas hingga larut malam. Hal ini sudah tidak asing lagi dimata masyakat kita. Padahal dampak begadang justru membuat kekebalan tubuh terhadap penyakit semakin turun yang akhirnya penyakit mudah masuk ke dalam tubuh kita. Oleh karena itu, atur pola tidur dan istirahat kita di malam hari dan mengurangi yang namanya begadang. Saya pribadi ketika tugas banyak dan butuh waktu yang ekstra, saya biasanya mengerjakan tugas di pagi hari, dengan tidur lebih awal. Dengan itu, saya lebih segar ketimbang saya begadang sampai pagi.

Intinya seorang mahasiswa harus menjaga fisik dan kebugaran badan walaupun memiliki aktivitas yang super banyak. Itu semua bisa diatur dengan manajemen waktu yang baik dan semangat menjaga kesehatan yang tinggi. Karena jika kita peduli dengan kesehatan kita, maka rutinitas sehari-hari kita akan mudah dilaksanakan dengan maksimal.

Tags

About The Author

Jaisyurrahman 14
Pensil

Jaisyurrahman

Visual and Sound Designer

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel