Inilah 4 Tips Agar Menjadi Seorang Desainer Grafis

31 May 2017 10:04 2853 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Menjadi seorang desain grafis harus mempunyai kemampuan yang mumpuni. Pada bidang ini, anda harus memperhatikan beberapa hal

 Menjadi seorang desain grafis tidak lah mudah, karena banyak konskuensi bekerja secara professional dan freelancer. Bekerja secara professional yaitu dimana anda bekerja pada sebuah perusahaan desain atau periklanan dan mendapat gaji setiap bulan. Bekerja freelancer yaitu anda bekerja tanpa ada ikatan dengan pihak tertentu. Menjadi seorang desain grafis juga harus mempunyai kemampuan yang mumpuni. Pada bidang ini, anda harus memperhatikan beberapa hal yaitu:

1.KOMUNIKASI YANG EFEKTIF

 Berhubungan dengan klien sangatlah penting untuk memberi pekerjaan yang sangat memenuhi kebutuhan klien. Jiwa idealismu terkadang ingin memberikan sesuatu yang lain, namun kadang klien mempunyai ide sendiri selama desain itu diproses, maka komunikasi dengan klien sangatlah penting agar tidak terjadi miss komunikasi dalam menyampaikan ide atau gagasan untuk dibuat dalam bentuk visual. Jangan malu bertanya pada klien jika mempunyai ide atau permintaan khusus dari pekerjaan yang diberikannya dari pada ketika anda sudah bekerja susah payah , namun klien memiliki gagayang yang jauh bersebrangan. Hal ini akan menjadikan proses bekerja anda menjadi lama. Selain itu juga, komunikasi dengan klien harus stabil agar klien merasa bahwa anda memperhatikan pekerjaan dan proses akhir. Anda harus mendapatkan kepercayaan klien agar anda menjadi kunci dari pekerjaan dan proyek baru yang berlanjut.

2.HARGA YANG SESUAI

 Jika anda pemula dalam bidang desain grafis, terlebih dahulu anda harus mempelajari pemasaran sebelum menawarkan sesuatu pada klien anda. Pada awalnya, anda harus bijaksana untuk membuat harga sedikit rendah dari desainer grafis yang berpengalaman. Pada poin ini bisa menjadi saat yang tepat untuk menunjukan kemampuan anda. Keluarkan skill trebaik untuk memuaskan pelanggan, dan ketika klien terpukau dengan hasil kerja anda, maka harga proyek anda akan naik. Jangan pernah meminta pembayaran dimuka sebesar jumlah yang sudah disepakati karena dapat menakuti klien anda dan mereka akan pergi karena mereka tidak bersedia membayar seluruh harga sebelum pekerjaan selesai.

3.DENGARKAN KLIEN

 Anda harus tahu apa yang dibutuhkan klien dari anda. Desainer grafis pun terkadang merasa frustasi ketika mereka bekerja total dan berharap klien akan bilang WOW, namun klien hanya meminta sesuatu yang sederhana dan minimalis. Sebelum anda membuat desain itu, mintalah kepada klien anda untuk menentukan gaya yang diinginkan dan tingkat kebebasan dalam menyelesai kan proyek tersebut. Idealnya adalah klien menunjukan contoh dengan hasil akhir yang diinginkan.

4.MENCINTAI PEKERJAAN

 Kunci keberhasilan dalam bisnis adalah mencintai pekerjaan. Bayangkan ketika anda bekerja dalam kondisi tertekanan dan terpaksa. Perasaan cinta akan menuntun anda  untuk mendapatkan inspirasi dan kreativitas yang lebih mudah dan anda tidak akan bosan duduk berjam jam didepan computer dengan setumpuk pekerjaan karena anda mencitai pekerjaan anda sendiri.

 Segala sesuatu butuh proses. Jangan takut untuk mencoba karena pengalaman akan memberikan sesuatu yang baru. Jangan mudah putus asa dengan kesalahan, tetapi jadikan kesalahan itu sebagai pelajaran untuk esok agar jadi lebih baik.

Terima kasih sudah membaca artikel saya semoga bermanfaat. Salam jiwa seni visual!

Tags

About The Author

Ahmad Dimyati 26
Novice

Ahmad Dimyati

saya seorang pelajar yang suka desain grafis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel