Ingin Selfie Bawah Air Anti Mainstream? Tiga Objek Wisata di Jawa Tengah Ini akan Memuaskanmu

1 May 2017 08:06 4181 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Ada 3 tempat wisata di Jawa tengah yang cocok untuk selfie bawah air.

Tren selfi sudah makin menjamur belakangan ini. Tak pandang tua atau muda, pria atau wanita banyak yang terjangkit fenomena tersebut. Tapi, selfi di tempat itu-itu saja apa menariknya. Kita perlu sesuatu yang beda, unik. Intinya, kebutuhan untuk tampil beda itu ada. Dan itu tidak harus ke luar negeri lho. Di Indonesia pun tak kalah menarik. Ini tentang tempat selfi bawah air yang oke punya. Di mana coba?

Obyek wisata itu ada di Jawa Tengah. Tak tanggung-tanggung, ada 3 lokasi yang memilikinya. Obyek wisata tersebut adalah Situ Tirta Marta (Kali Telaga) di Purbalingga, Umbul Ponggok di Klaten, dan Sendang Mudal di Magelang. Ada apa saja di sana?

 

Situ Tirta Marta (Kali Telaga)

Situ Tirta Marta terletak di Desa Karangcegak, Kecamatan Kutasari, Kabupaten Purbalingga. Di sana terdapat 6 telaga, namun yang menjadi primadona pengunjung adalah telaga yang ada di sebelah kiri pintu masuk.

Berkunjung ke tempat ini kita akan mendapati suasana yang asri dengan pohon-pohon rindang di sekitarnya. Air yang sangat jernih dengan ikan-ikan di dalamnya seolah memanggil kita untuk segera menceburkan diri ke dalamnya. Perairannya dangkal kok, aman untuk anak-anak maupun dewasa.

 via matajatim.com

Di situ kita bisa snorkeling atau mengajak ananda untuk tubing. Yang unik di sini adalah kita bisa berfoto di bawah air (underwater) dengan berbagai gaya. Bisa bergaya dengan nonton TV, bergaya main playstation, bergaya dengan sepeda ontel, bergaya dengan meja kursi, atau terserah, suka-suka saja. Untuk peralatan fotonya bisa membawa sendiri, bisa pula menyewa. Bahkan, kameramen pun tersedia jika diperlukan.

Selain berfoto-foto ria, Situ Tirta Marta juga cocok sebagai tempat pemancingan, snorkeling, dan kid tubing. Jika telah lelah dengan aktivitas-aktivitas tersebut kita bisa santai sejenak di warung-warung yang ada di sekitar telaga untuk mencicipi lezatnya kuliner khas Purbalingga, yaitu  buntil khas Carangmangggang Kutasari, mendoan, dan gule ayam ‘Ninine’.

Umbul Ponggok

via lifestyle.okezone.com

Dari Purbalingga kita beralih ke Klaten. Di kota ini ada obyek selfi bawah air juga yang namanya Umbul Ponggok. Umbul artinya mata air, sedang Ponggok adalah nama desa tempatnya berada. Jadi, sesuai dengan namanya, ia terletak di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah.

Umbul Ponggok ini juga menawarkan sensasi wisata underwater yang tak kalah menarik dari Situ Tirta Marta. Ia sudah ada sejak zaman Belanda, dengan ukuran 50x25 meter dan kedalaman rata-rata 1,5-2,6 meter. Untuk memasuki area wisata ini kita cukup mengeluarkan uang sebesar Rp.15.000/orang. Murah, bukan? Di sini kita bisa melakukan snorkeling, berenang, menyelam (diving), naik perahu, atau sekadar bermain air. Ikan-ikan air tawar yang ada di dalamnya akan menambah keindahan suasana bawah air di kala kita berfoto-foto ria. Mau foto bersama sepeda, TV, foto ala berkemah, atau bahkan foto prewedding juga bisa. Makin menarik lagi dengan adanya pasir putih dan ikan-ikan hias berwarna-warni di dasar kolam, desain yang sengaja dibuat menyerupai dasar laut. Kita tak perlu lagi khawatir dengan alat-alat renang dan pemotretan karena di sana sudah tersedia, tinggal menyewanya jika diinginkan.

Sendang Mudal

via travel.detik.com

Tempat selfi anti mainstream yang terakhir adalah Sendang Mudal. Mata air ini memancar dari kedalaman gua di kawasan Girimulyo, Kulon Progo. Kalau Purbalingga memiliki Situ Tirta Marta, Klaten memiliki Umbul Ponggok, Magelang punya Sendang Mudal. Sendang berair jernih ini terletak di Dusun Butuh Kulon, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Kedalamannya sebatas pinggang orang dewasa. Cocok untuk berendam, berenang, ataupun bermain air. Selain airnya segar, suasananya juga asri karena dikitari oleh persawahan.

Tempat ini indah, lho. Fungsinya serupa dengan Situ Tirta Marta dan Umbul Ponggok. Intinya adalah di mana ada air yang jernih di situ kita bisa selfie bawah air.  Tinggal pilih, mau ke Situ Tirta Marta, Umbul Ponggok, atau Sendang Mudal? Atau mau menjelajahi ketiganya? Boleh-boleh saja. Tapi harus bisa renang ya! Kan ini judulnya selfi bawah air. Habis itu, tinggal tunjukkan deh sama orang-orang foto-foto selfie underwater anti mainstream milik kita. Dijamin mereka bakal mupeng dan terpesona!

Selamat berselfi ria.

 

Note: Cover image adalah Umbul Ponggok

About The Author

Dini Nuris Nuraini 17
Pensil

Dini Nuris Nuraini

penulis, blogger

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel