Tips Mengecilkan Pori-Pori Wajah Dengan Murah Dan Alami

21 Apr 2017 13:16 561 Hits 0 Comments
Ingin terhindar dari pori-pori kulit wajah yang besar? Berikut tips yang dapat dilakukan di rumah dengan mudah dan murah untuk mendapatkan kulit wajah sehat, segar, dan semakin menawan.

Apakah anda merasa risih dengan pori-pori wajah yang besar saat bercermin? Pori-pori wajah yang besar seringkali membuat kita merasa tidak nyaman dengannya. Tidak heran banyak orang khususnya wanita, cenderung ingin mengecilkan pori-pori pada wajah mereka. Hal ini dikarenakan kulit wajah akan terlihat kusam dan tidak segar apabila pori-pori yang besar nampak pada wajah. Selain itu, kulit wajah dengan pori-pori yang besar akan menyulitkan dalam mengaplikasikan make-up. Seringkali, make-up tidak bisa menyatu dengan warna kulit dan terasa kasar. Inilah sebabnya anda perlu tahu beberapa tips mengecilkan pori-pori wajah. Namun, sebelum kita membahas tentang tips mengecilkan pori-pori, anda bisa mencari tahu apa penyebab pori-pori wajah anda membesar. Berikut informasi selengkapnya.

Tipe Kulit

Tipe kulit menjadi salah satu faktor mengapa anda memiliki pori-pori wajah yang besar. Perlu diketahui bahwa tipe kulit berminyak cenderung memiliki pori-pori wajah yang besar dibandingkan dengan tipe kulit normal atau kering. Fungsi dari pori-pori sendiri adalah jalan keluar masuknya air atau minyak pada kulit. Semakin banyak minyak yang diproduksi oleh kulit anda, maka jalan keluar masuk minyak tersebut akan semakin membesar dari waktu ke waktu. Oleh sebab itu, anda dengan tipe kulit berminyak cenderung memiliki pori-pori wajah yang besar. Anda pun perlu informasi mengenai yang benar.

 

Kotoran yang Terjebak

Sebagai seorang wanita, wajah tentu tidak bisa lepas dari make-up, entah itu hanya bedak atau tatanan rias yang ‘full’. Make-up sendiri mengandung bahan kimia yang tentu saja tidak sehat untuk kulit wajah dalam jangka waktu yang lama. Selain make-up, kulit wajah anda tersapu debu dan juga radikal bebas dalam kegiatan anda sehari-hari. Hal ini mengakibatkan banyak kotoran akan terjebak di dalam pori-pori kulit wajah anda. Apabila anda malas untuk membersihkan wajah anda dengan benar, maka kotoran, debu, dan juga radikal bebas yang terjebak di dalamnya akan mengakibatkan pori-pori wajah anda membesar.

 

Terpapar Sinar Matahari

Melakukan kegiatan di luar ruangan memang mengasyikkan, namun sinar matahari adalah musuh terbesar kulit wajah anda. Sinar matahari dapat menyebabkan kulit anda kehilangan kelembapan dan mengakibatkan pori-pori wajah anda membesar. Untuk diketahui, jika anda tidak ingin mendapati pori-pori wajah anda makin membesar, alangkah baiknya jika anda mengaplikasikan tabir surya atau krim wajah dengan SPF beberapa jam sebelum anda melakukan aktivitas ‘outdoor’ untuk menghindari wajah anda terbakar saat berkegiatan di luar ruangan. Hal ini termasuk salah satu langkah untuk mengecilkan pori-pori wajah anda.

Informasi di atas merupakan beberapa penyebab pori-pori wajah membesar. Jika anda salah satu wanita dengan masalah kulit seperti disebutkan di atas, anda tidak perlu kecil hati dan panik. Ada beberapa tips mengecilkan pori-pori wajah yang patut anda coba di rumah dengan bahan dan alat yang mudah didapatkan seperti berikut ini.

 

 

Tips #1: Es Batu

Es batu merupakan bahan yang mudah ditemukan di rumah. Anda bisa menemukannya di dalam kulkas anda atau bisa dibeli dengan harga yang sangat terjangkau. Sebagai informasi, es batu seringkali digunakan oleh para penata rias untuk membuat riasan menjadi tahan lama. Selain itu, es batu dapat membantu mengencangkan kulit dan juga mengecilkan pori-pori di kulit wajah dengan cepat. Bagaimana penggunaan es batu untuk mengecilkan pori-pori wajah? Berikut menggunakan es batu.

  • Pertama-tama siapkan 5 – 10 kotak es batu dan handuk kecil yang bersih.
  • Letakkan beberapa kotak es batu dalam handuk kecil lalu bungkus handuk tersebut.
  • Pegang erat handuk kecil yang telah diisi kotak es batu lalu kompreskan pada area wajah secara merata selama 15 – 30 detik.
  • Lakukan dengan rutin untuk mendapatkan kulit wajah lebih sehat.

 

Tips #2: Baking Soda

Seperti kita ketahui, jika kulit wajah tidak rajin dibersihkan maka kulit mati pada wajah tidak akan terangkat. Sebagai informasi, KULIT MATI TIDAK BISA MENGANGKAT DIRINYA SENDIRI. Anda bisa menggunakan baking soda untuk membantu mengangkat sel kulit mati pada wajah anda. Baking soda mudah sekali didapatkan bahkan dengan harga yang cukup murah, anda bisa langsung melakukan perawatan pada wajah sehingga pori-pori wajah yang besar tidak nampak lagi. Caranya pun sungguh mudah, berikut tips mengecilkan pori-pori wajah menggunakan baking soda.

  • Siapkan mangkuk bersih, sendok makan, baking soda merk apapun, dan air hangat.
  • Campurkan dalam mangkuk bersih 2 sendok makan baking soda dan 2 sendok makan air hangat. Aduk merata hingga menjadi pasta.
  • Oleskan campuran tersebut pada area kulit wajah yang bermasalah. Jangan lupa untuk memijat dengan lembut saat mengoleskannya.
  • Lakukan 5 – 10 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

 

Tips #3: Air Lemon

Lemon merupakan salah satu buah dengan kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Anda bisa mendapatkannya dengan mudah di pasar tradisional atau di supermarket langganan anda. Banyak ahli mengatakan bahwa selain memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, lemon juga memiliki enzin yang membantu anda untuk mengecilkan pori-pori wajah. Dengan lemon anda akan mendapati wajah anda cerah dan sehat secara alami. Berikup dengan air lemon.

  • Sediakan lemon, pisau, dan waslap dalam tips berikut. Iris buah lemon menggunakan pisau lalu peras lemon di atas waslap untuk mendapatkan airnya.
  • Usapkan waslap dengan perasan air lemon pada wajah anda secara perlahan-lahan, kemudian bilas dengan air bersih.
  • Sebagai catatan, bagi anda dengan tipe kulit sensitif atau alergi pada vitamin C sebaiknya menghindari penggunaan air lemon dalam perawatan kulit wajah anda.

Di atas beberapa tips mengecilkan pori-pori wajah yang patut dicoba di rumah. Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam karena semua bahan yang diperlukan mudah untuk didapatkan. Selain tips di atas, perlu diingat anda harus melakukannya secara rutin dan disiplin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Selain itu, gunakan produk-produk perawatan wajah yang sesuai dengan tipe kulit anda. Selamat mencoba tips mengecilkan pori-pori wajah dengan mudah dan alami.

Tags

About The Author

Adinda Prameswari 15
Pensil

Adinda Prameswari

I write therefore I live.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel