Ini Dia Jenis Lampu LED yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Membeli

21 Apr 2017 11:32 530 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Anda sedang berencana untuk menggunakan lampu LED? Atau ingin membeli lampu LED? Nah, sebaiknya sebelum membeli Anda perlu mengetahui jenis lampu LED agar tidak salah dalam membeli.

Anda sedang berencana untuk menggunakan lampu LED? Atau ingin membeli lampu LED? Nah, sebaiknya sebelum membeli Anda perlu mengetahui jenis lampu LED agar tidak salah dalam membeli. Jenis lampu LED yang ada di pasaran sangatlah beragam mengingat kegunaannya yang juga beragam. Jangan sampai Anda salah membeli karena tidak tahu lampu jenis apa yang seharusnya dibeli. Berikut ini adalah beberapa jenis lampu LED yang perlu Anda ketahui sebelum membeli.

1. Bicolor LED

Pernahkah Anda melihat lampu yang memancarkan cahaya warna-warni secara bergantian dalam satu lampu? Coba amati perangkat elektronik atau mungkin pada mainan elektrik anak. Biasanya akan Anda jumpai sebuah lampu yang dapat memancarkan cahaya dengan warna yang berbeda. Lampu tersebut biasanya digunakan sebagai hiasan pada perangkat elektronik atau mainan anak-anak.

Sebagai contoh lain adalah lampu hias yang biasa dipasang di taman-taman, pasti Anda pernah melihatnya kan? Nah, jika Anda amati pada lampu-lampu tersebut maka akan terlihat bahwa satu lampu dapat memancarkan beraneka warna cahaya secara bergantian.

Perlu Anda ketahui bahwa lampu yang menyala dengan aneka warna tersebut adalah salah satu jenis dari lampu LED. Ya, lampu tersebut adalah bicolor LED. Sesuai dengan namanya, ia mampu memancarkan berbagai macam warna secara bergantian dalam satu lampu.

Biasanya bicolor LED ini digunakan oleh industri manufaktur yang memproduksi perangkat-perangkat elektronik dan juga sebagai lampu dekorasi.

2. Miniatur LED

Miniatur LED mungkin adalah salah satu jenis lampu LED yang paling sering Anda jumpai. Sesuai dengan namanya, miniatur LED ini memiliki bentuk yang mungil. Lampu LED jenis ini biasa digunakan sebagai lampu indikator pada ponsel. Selain digunakan pada ponsel, miniatur LED juga digunakan sebagai lampu indikator pada beberapa alat elektronik seperti televisi, remote, dan layar monitor komputer Anda.

3. Super Flux LED

Untuk Anda yang mempunyai kegemaran menonton konser pasti sudah tidak asing lagi dengan lampu panggung. Ya, super flux LED ini merupakan jenis lampu LED yang sering digunakan sebagai pencahayaan untuk panggung. Selain untuk pencahayaan panggung, super flux LED juga digunakan sebagai penerangan pada baliho atau papan iklan.

Sangat berbanding terbalik dengan jenis lampu LED lainnya, super flux LED ini membutuhkan daya yang tinggi sehingga lebih cocok digunakan untuk keperluan komersial. Penyebab konsumsi daya yang tinggi dari super flux LED adalah jumlah kutub yang ia miliki.  

4. High Power LED

Sesuai dengan namanya, lampu ini merupakan salah satu jenis lampu LED yang dapat memancarkan cahaya dengan intensitas paling tinggi daripada jenis lampu LED lainnya. Biasanya lampu LED jenis ini digunakan sebagai lampu penerangan pada industri pertambangan maupun proyek konstruksi.

Bukan hanya untuk industri-industri besar, ternyata high power LED juga banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Contoh penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai lampu akuarium, lampu senter, dan bahkan digunakan pula untuk penerangan ruangan.

Di balik kelebihannya yang mampu memancarkan cahaya dengan intensitas paling tinggi, ternyata high power LED menyimpan sebuah kekurangan. Berbanding terbalik dengan sifat lampu LED jenis lain yang tidak mudah panas, high power LED sangat mudah panas. Untuk mengantisipasi agar high power LED tetap awet, Anda harus memasangnya pada tempat yang mudah menyerap panas.

5. Surface Mount Device LED

Surface Mount Device LED atau sering disingkat dengan SMD LED adalah suatu jenis dari lampu LED yang tersusun dari chip-chip berukuran kecil dan sangat ringan. Berbeda dengan high power LED, surface mount device LED tidak mudah panas.

Selain itu, yang menjadi pembeda antara surface mount device LED dengan high power LED adalah jumlah daya yang dikonsumsi. Surface mount device LED mengonsumsi daya dengan jumlah yang jauh lebih sedikit daripada high power LED. Terlepas dari beberapa perbedaan tersebut, keduanya sama-sama menghasilkan intensitas cahaya yang tinggi. Akan tetapi surface mount device LED mempunyai kekurangan yakni pancaran cahaya yang dihasilkannya kurang merata.

Mayoritas lampu penerangan untuk rumah tangga biasanya menggunakan lampu LED jenis ini. Lampu jenis surface mount device LED ini bisa Anda temui dalam wujud lampu penerangan ruangan, lampu hias, senter, lampu emergency, dan lain sebagainya. Jika Anda sedang mencari lampu untuk penerangan ruangan atau lampu untuk perlukan rumah tangga sebaiknya Anda memilih jenis ini. Anda dapat memilih lampu beserta aksesori yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda di Dekoruma.

Namun, tidak hanya itu saja lho. Sebagai marketplace penyedia furnitur dan aksesori rumah, Anda bisa menemukan beragam kebutuhan di dekoruma. Mau cari sofa berkualitas dengan harga miring? Ada. Mau cari seprei baru yang lebih cantik? Juga Ada. Di dekoruma, cukup sekali klik, apa pun ada.

6. Chip on Board LED

Chip on board (COB) LED merupakan jenis lampu LED yang komponennya tersusun dari ribuan chip. Berbeda dengan surface mount device LED yang memancarkan cahaya secara tidak merata, lampu jenis chip on board LED ini mampu menghasilkan pancaran cahaya yang lebih merata.

Untuk fitur yang disuguhkan hampir sama dengan surface mount device LED karena chip on board LED ini merupakan bentuk pengembangan dari surface mount device LED.

Itulah beberapa jenis lampu LED di pasaran yang harus Anda ketahui sebelum membeli. Usahakan juga untuk memperhitungkan lampu jenis apa yang dibutuhkan untuk menerangi ruangan Anda. Selain itu Anda juga perlu membelanjakan anggaran secara efisien dengan membeli lampu LED yang terjangkau namun tetap berkualitas. Sekian, semoga bermanfaat!

 
Tags

About The Author

Kania 15
Pensil

Kania

Kania senang berbagi tips-tips tentang furniture untuk memperindah rumahmu dengan biaya minimal

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel