Ayam Tandoori Indian Food

13 Apr 2017 10:34 403 Hits 0 Comments

Pecinta Indian Food pastilah kenal dengan  masakan orang India yang cukup populer di Indonesia ini bernama chicken tandoori. Ayam berwarna merah yang diperap dengan yoghurt dan bumbu – bumbu spesial, kemudian dipanggang dalam oven khusus seperti gentong. Rasanya gurih layaknya sajian dari ayam seperti biasa, namun untuk versi rumahan, anda buat resep tanpa pewarna merah (agar lebih sehat) dan dipanggang di dalam oven biasa atau panggangan sate.

Pecinta Indian Food pastilah kenal dengan masakan orang India yang cukup populer di Indonesia ini bernama chicken tandoori. Ayam berwarna merah yang diperap dengan yoghurt dan bumbu - bumbu spesial, kemudian dipanggang dalam oven khusus seperti gentong. Rasanya gurih layaknya sajian dari ayam seperti biasa, namun untuk versi rumahan, anda buat resep tanpa pewarna merah (agar lebih sehat) dan dipanggang di dalam oven biasa atau panggangan sate.

Apakah anda mengetahui bahwa kuliner khas India Selatan lebih banyak memanfaatkan  tomat, tamarind, serta daun rampe atau pandanus untuk memperkaya rasa dari sajian masakan yang dibuat. Kuliner India Selatan memang sejak dulu memiliki lebih banyak menu - menu vegetarian. yang hanya memanfaatkan daging ayam saja sebagai bahan tambahan.

Bahan - bahan membuat :

2 - 4 porsi

  1. 4 potong daging ayam (pilih paha dan paha atas)

  2. Bahan perapan :

  3. 3 sdm yoghurt

  4. 3 siung bawang putih

  5. 1/2 jari jahe

  6. 1 sdm kari bubuk

  7. 2 sdm cabai bubuk

  8. 4 sdm minyak goreng

  9. Bahan pelengkap :

  10. Nasi putih

  11. Jeruk nipis

  12. Acar bawang merah

  13. Cacahan timun + yogurt

  14. Daun selada segar

Langkah membuat adalah :

Siapkan semua bahan - bahan dalam meja dapur. Campur semua bahan perapan dalam wadah bersih (kantong plastik besar). Bersihkan, cuci dan kerat - kerat ayam agar bumbu lebih meresap sempurna. Balurkan bahan perapan secara merata. Dan simpan dalam lemari es minimum 6 jam. Panggang ayam dalam oven / bara arang selama 30 menit atau sampai matang. Hidangkan dengan nasi, acar, yoghurt, jeruk nipis, selada dan bahan garnis lainnya.

Seperti halnya sajian dari ayam ala masakan Nusantara, kuliner India di Jakarta saat ini semakin banyak memiliki penggemar yang datang dari beragam orang. Tentu saja hal ini membuat semakin bertambahnya restoran India di Jakarta yang menyuguhkan beragam masakan dari ayam. Salah satu yang terekomendasi adalah restoran India di Jakarta yang menyajikan menu - menu otentik India adalah Samy's Curry South Indian Cuisine.

Di Singapura sendiri, Samy's Curry cukup populer di kalangan masyarakat lokal dan turis asing yang berkunjung ke sana buat liburan. Di Jakarta, Samy's Curry sukses memiliki empat cabang. Seperti dijelaskan di atas, restoran ini khusus menyajikan menu - menu masakan khas India Selatan yang dimasak secara langsung oleh Chef handal asal India.

Seperti masakan India lainnya, sajian dari daging ayam ini bisa anda santap bersama dengan nasi adalah salah satu makanan pokok yang wajib ada saat sekeluarga di India menyantap sajian makan siang atau malam. Nasi khas India yang populer adalah Nasi Briyani yang dibuat dari beras basmati yang dicampur dengan bumbu kuning serta rempah - rempah. Samy's Curry menyediakan menu Basmati Rice sebagai menu utama yang sewaktu - waktu bisa anda nikmati bersama lauk - pauk. Pilihan lauk - pauk yang tersedia di Samy's Curry jumlahnya cukup variatif tetapi yang paling diburu adalah dari  ayam, daging, seafood, hingga sayuran yang dimasak dengan bumbu kari.

Demikian kami mengulas, semoga bermanfaat !

 

Tags Kuliner

About The Author

Nila 57
Bolpoint

Nila

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel