Ladoo

13 Apr 2017 11:41 474 Hits 0 Comments
Lezatnya sajian khas India.

Seperti halnya di Indonesia yang memiliki beragam budaya, demikian pula halnya di India. India sejak jamn dulu memiliki banyak suku budaya yang melatarbelakangi lahirnya  berbagai macam hidangan khas atau populer dengan istilah sajian khas tradisional. Banyak sekali ada camilan ala orang India atau bahkan mungkin beberapa dari nama camilan tersebut sudah tidak asing lagi di telinga penggemarnya seperti samosa dan chapati atau ladoo.

Salah satu manisan yang cukup terkenal di India sekaligus berfungsi sebagai manisan untuk upacara keagamaan umat Hindhu di sana adalah ladoo, cara membuatnya ternyata sangat mudah, ikuti langkah kami tersebut di bawah ini :

Bahan – bahan membuat adalah :

  1. 300 gram tepung kacang hijau

  2. 400 gram tepung gandum

  3. 250 gram tepung kacang mede

  4. Secukupnya almond tumbuk

  5. 3 sashet susu bubuk putih

  6. 6 sdm madu

  7. 12 sdm margarin

  8. 1 sdt vanilli

  9. Secukupnya kapulaga

Langkah membuat membutuhkan waktu sekitar 50 menit saja :

  1. Sangrai semua tepung hingga coklat keemasan lalu sisihkan.

  2. Lelehkan margarin hingga cair lalu masukkan seluruh bahan. Aduk rata.

  3. Diamkan sebentar hingga dingin.

  4. Lalu bentuk bulat - bulat sesuai selera, sajikan bersama dengan garnis kesukaan anda.

Masakan India terkenal di mancanegara dengan bumbu - bumbunya yang berempah dan kaya akan rasa untuk menu santap makan utama. Paling tidak ada sekitar lebih dari lima rempah yang sering dimanfaatkan  dalam membuat satu masakan seperti bawang merah, kunyit, ketumbar, daun kari, ketumbar, dan masih banyak lagi yang lainnya. Penggunaan rempah - rempah tersebutlah yang membuat kuliner India mempunyai aroma yang kuat dan khas dimana pemanfaatan beraneka rempah tersebut tak hanya bisa anda jumpai pada makanan utama, tapi juga camilan - camilannya yang rata - rata bercita rasa manis dan cocok dijadikan sebagai sajian penutup.

Meskipun mengonsumsi kalori dalam jumlah yang sama, orang - orang terutama remaja putri di India memiliki pola hidup sehat yang menerapkan pola makan pada acara penutup atau berupa camilan ringan yang wajib dilengkapi dengan kacang almond karena bahan yang satu ini bagus buat menjaga diet tubuh mereka agar mengalami penurunan berat badan lebih cepat dibandingkan pola makan dengan tinggi kandungan karbohidrat.

Kudapan ringan khas orang India di atas dapat dengan mudah anda temukan pada toko - toko makanan sederhana di kota - kota besar India yang biasanya menjual sajian bernama kati roll, merupakan street food asli Kolkata. Mereka terbiasa bersaing dengan deretan restoran dan hotel - hotel besar di sekitarnya, toko - toko itu telah menjadi ikon tersendiri bagi Kolkata. Rasa kati roll yang dijual sangat sedap dengan harga yang murah telah menjadikan toko tersebut cukup tersohor di kalangan pelajar dan turis.

Demikian kami menjelaskan semoga bermanfaat !

 

 

fakta-ladu-makanan-khas-india
Tags Kuliner

About The Author

Nila 52
Bolpoint

Nila

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel