Cara Install WordPress Pada Server Localhost di PC Windows

31 Mar 2017 10:14 3386 Hits 1 Comments
Tujuan utama menginstal wordpress di localhost biasanya bertujuan untuk testing web sebelum dionline kan dan dapat dilihat semua orang. Menginstal localhost juga membuat pengguna lebih aman dan menyediakan tempat untuk uji coba di komputer sendiri, jauh dari pengintaian orang dan hacker. Langkah awal untuk membuat server local host adalah dengan cara menginstal XAMPP

Tujuan utama menginstal wordpress di localhost biasanya bertujuan untuk testing web sebelum dionline kan dan dapat dilihat semua orang. Menginstal localhost juga membuat pengguna lebih aman dan menyediakan tempat untuk uji coba di komputer sendiri, jauh dari pengintaian orang dan hacker. Langkah awal untuk membuat server lokal host adalah dengan cara menginstal XAMPP

Apa itu XAMPP?

XAMPP menunjang cross-platform, Apache, MySQL, PHP, dan Perl. WordPress bukan sebuah aplikasi yang dapat berdiri sendiri tetapi membutuhkan sebuah server untuk menjalankannya. XAMPP menyediakan tempat dimana WordPress dapat dijalankan komputer secara lokal.

Menginstal XAMPP

Buka web Apache Friends website dan Download XAMPP

apache-friends-website-1.pngWebsite Apache Friend

Tinggal dipilih installer untuk windows. Lalu setelah programnya instalernya dijalankan akan muncul pop-up yang mengkonfirmasi tentang software antivirus dan User Account Control (UAC). Saat anda akan menginstal software apapun di windows, biasanya kita dipaksa untuk memilih “yes” untuk melanjutkan proses penginstalan.

Akan muncul tampilan Proses XAMPP Setup Wizard, tinggal klik Next saja.

xampp-setup-wizard.png

XAMPP Setup Wizard

Pada tahap selanjutnya akan ditanya komponen apa saja yang akan diinstal. Karena kita akan menginstal WordPress di localhost, maka centang MySQL, phpMyAdmin, dan FileZilla. Komponen MySQL dan PHP sudah terpilih secara default sehingga kita wajib menginstalnya. Untuk sisa komponennya boleh tidak dipilih, ataupun sesuai kebutuhan.

select-components.png

Pilih Komponen yang Akan Diinstal

Selanjutnya pilih dimana kita akan menginstal XAMPP, secara default biasanya akan di C:\xampp namun diperbolehkan merubah folder instalnya jika kita menginginkan di peninstalan di disk dan di folder lain.

installation-folder.png

Masukan Lokasi Folder Dimana Anda Ingin Menginstal XAMPP

Pada tambilan berikutnya kita akan ditanya apakah ingin menginstal Bitnami for XAMPP. Karena kita hanya akan menginstal WordPress secara manual, maka kita dapat menghilangkan ceklis pada window ini dan klik next.

bitnami-for-xampp.png

Uncheck Jika Kita Tidak Menginginkan Software Bitnami

Setelah melalui beberapa step, kita akhirnya masuk ke dalam proses penginstalan. Tinggal klik next saja. Setelah selesai kita akan mendapatkan tampilan untuk menjalankan Control Panel. Jangan dirubah apapun disini, lalu klik Finish.

control-panel.png

XAMPP berhasil diinstal dikomputer anda

Setelah penginstalan selesai, kita akan masuk ke jendela Control Panel, namun biasanya kita mendapatkan Apache dan MySQL belum dapat berjalan.

initial-errors.png

Error Coy! Masalah Port

Jika kita tidak mengalami error ini berarti Alhamdulillah, localhost anda sudah berjalan. Namun, jika mengalami error ini tidak usah panik, karena ada cara mudah memperbaikinya. Yaitu membenarkan port yang dipakai.

Membetulkan Port

Alasan utama kenapa XAMPP mengalami error karena ada program yang sama menggunakan port yang akan digunakan oleh Apache dan MySQL untuk bekerja, yaitu port 80 dan 443. Jika mengalami ini tinggal ikuti saja langkahnya :

  1. Pergi ke menu start dan ketik “service.msc” dan pilih.
  2. Cari item yang bernama World Wide Web Publishing Service
  3. klik kanan dan pilih Stop
  4. Lalu buka XAMPP Control Panel, lalu tekan start pada menu Apache dan MySQL.

xampp-up-and-running.png

Apache dan MySQL Sudah Dapat Berjalan Dengan Normal

Membuat Database

Tahap selanjutnya adalah membuat database di phpMyAdmin. Tahapannya adalah :

  1. Buka browser anda dan ketikan “localhost/phpmyadmin”
  2. Klik pada bagian database yang terletak di sebelah atas-kiri, lalu akan muncul jendela yang menunjukan kita harus membuat database
  3. Isi nama database, lalu pilih Collation dan klik create dan selesai. Sebagai contoh saya menulis nama databasenya “WP”

create-new-database.png

Jendela phpMyAdmin saat membuat Database baru

Download dan Instal WordPress

Download WordPress versi terakhir.

Setelah di download, extrac file nya di C:/xampp/htdocs.

Unzip WordPress pada folder tersebut dan rename sesuai keinginan anda. Saya menamainya secara default sesuai nama database yaitu “WP”

saving-wordpress-2.png

Folder WP tempat unzip file WordPress

Setelah itu buka folder WP, dan cari file bernama wp-config-sample.php, lalu rename menjadi wp-config.php. edit file tersebut dengan menggunakan Notepad.

Didalam file tersebut ada beberapa kata kunci yang harus anda isi, diantaranya :

  1. Ubah ‘database_name_here’ dengan nama database yang dibuat sebelumnya, pada sebelumnya saya membuat nama base “WP” maka saya isi menjadi ‘WP’.
  2. Ubah ‘username_here’ dengan ‘root’
  3. Ubah ‘password_here’ dengan ‘’
  4. Save dan tutup jendela.

Sekarang kita sudah dapat menginstal WordPress.

Buka Browser anda, dan ketikan localhost/WP, akan muncul tampilan penginstalan singkat WordPress, tinggal diikuti saja tahap-tahapannya.

translation.png

Tralalal! Anda sudah bisa menggunakan WordPress.

FOTO : WPMUDEV

Tags

About The Author

Rifki Muhammad Fauzi 34
Ordinary

Rifki Muhammad Fauzi

Automotive Enthusiast.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel