Fit Teens Diary, Diet Bagi Remaja

18 Mar 2017 06:46 1956 Hits 0 Comments
Berbicara tentang diet sehat dan pembentukan tubuh yang ideal untuk seorang wanita seperti tidak ada habisnya. Kali ini, ahli gizi dan olahraga Jansen Ongko mengupasnya dari sudut pandang orang awam tentang gaya hidup remaja. Sehat sebenarnya harus dimulai sejak dini hari, anda bisa mempelajarinya melalui buku setebal 157 halaman ini yang membahas ciri - ciri diet ekstrem, komposisi tubuh manusia dan gizi ideal, pola makan sehat, olahraga, serta berbagai mitos diet dan olahraga populer.

Berikut ini adalah beberapa jenis buku tentang diet untuk remaja putri yang wajib untuk anda baca atau dijadikan sebagai koleksi di perpustakaan pribadi anda di rumah :

Jansen Ongko / Lagizi

Berbicara tentang diet sehat dan pembentukan tubuh yang ideal untuk seorang wanita seperti tidak ada habisnya. Kali ini, ahli gizi dan olahraga Jansen Ongko mengupasnya dari sudut pandang orang awam tentang gaya hidup remaja. Sehat sebenarnya harus dimulai sejak dini hari, anda bisa mempelajarinya melalui buku setebal 157 halaman ini yang membahas ciri - ciri diet ekstrem, komposisi tubuh manusia dan gizi ideal, pola makan sehat, olahraga, serta berbagai mitos diet dan olahraga populer. Diet yang dilakukan tanpa bimbingan seorang ahli sehingga bisa salah kaprah tak cuma dialami oleh orang dewasa saja, tetapi juga remaja ! Dengan berbekal pencarian dari internet dan teman seprofesi, diharapkan ada banyak remaja yang mau mengikuti tren diet demi tubuh yang langsing. Maka dari itu Jansen Ongko membuat buku khusus kesehatan remaja.

Buku yang berjudul "Fit Teen's Diary" ini ditulis oleh konsultan gizi, Jansen Ongko, M.Sc., RD berdasarkan atas pengalaman pribadi dimana saat ini jarang tersedia panduan gaya hidup sehat buat remaja sehingga membuat mereka berada pada kondisi yang rentan dirugikan dalam proses coba mencoba berbagai suplemen dan metode diet populer yang kadang – kadang belum terbukti aman. Bukunya dikemas dengan cover menarik, kalimat yang sederhana dan mudah dimengerti, dapat anda jadikan sebagai pedoman remaja untuk memilih pola makan yang baik serta gaya hidup sehat.

Ahli gizi ini juga pernah menulis dua buku kesehatan dimana ia pernah merasakan kendala menjadi remaja yang mengalami masalah berat badan kurang ideal. " Dulu berat badan aku nyaris memasuki angka 100 Kg. Saya membuat buku ini dengan tujuan supaya remaja ketika ini tak sampai mengalami apa yang pernah aku alami dan lebih yakin diri serta bersyukur mulai fisiknya, " tutur pria yang berhasil menulis buku online berjudul We Are What We Eat dan Kontroversi Kalori (dari berbagai sumber). Dalam buku terbarunya di atas, Jansen lebih menekankan kepada pengetahuan tentang pola diet yang benar, susunan pola makan sehat, solusi efektif ketagihan makanan hingga pentingnya melakukan olahraga. Ada 11 chapter berisikan 157 halaman.

Pada intinya menjelaskan tentang bagaimana cara membaca buku ini, lalu penerapan gaya hidup sehat dan pola makan yang aman buat remaja. Buku ini berisikan ilmu pengetahuan yang diperoleh secara akademisi, pengalaman pribadi dan juga pengalaman bertahun - tahun menangani berbagai persoalan klien, terutama berat badan. " Setelah membaca buku ini harapannya adalah bisa mengurangi kenaikan tren obesitas, menghindarkan remaja dari eating disorders, supaya mereka bisa berkembang optimal dan sehat, " tambah Jansen, bisa anda pesan melalui www.ask-jansen.com secara online ke semua kota – kota besar di Indonesia dengan harga Rp 150.000 per bukunya.

Perhatikan Ini Sebelum Menjadi Vegetarian

Anda perlu mengetahui bahwa setiap tanggal 1 Oktober diperingati sebagai Hari Vegetarian Dunia yang telah dipatenkan oleh The North American Vegetarian Society sejak tahun 1977. Dimana hingga saat ini penggemar gaya hidup melalui makanan non hewani ini telah berkembang cukup pesat, khususnya pada masyarakat urban di Indonesia, Eropa, Amerika dan negara Asia lainnya. Jika anda berencana untuk menerapkan pola makan sehat melalui gaya hidup vegetarian, maka ada baiknya anda menyimak terlebih dulu saran ahli gizi sekaligus founder Lagizi Karya Indonesia, Jansen Ongko di bawah ini.

Diet vegetarian mempunyai khasiat yang sangat bagus bagi tubuh. Hal ini dikarenakan anjuran untuk mengonsumsi berbagai macam buah dan sayur segar terbukti ampuh dan efektif untuk menjaga kesehatan tubuh karena di dalamnya banyak mengandung vitamin, mineral, serta fitonutrien. Seseorang yang melakukan vegetarian harus benar - benar memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi setiap hari, karena jika mengonsumsi makanan yang kurang berpotensi maka justru akan menyebabkan kekurangan zat gizi tertentu di dalam tubuh.

Seorang vegetarian harus bisa mempelajari tentang kandungan gizi makanan dengan memilih makanan pengganti untuk pemenuhan kebutuhan gizi. Misalnya terhadap protein yang diperoleh dari menyantap daging, telur, ikan laut, tempe dan tahu atau biji - bijian yang kaya akan kandungan protein ditambah dengan kalsium, anda bisa mengonsumsi makanan seperti susu kedelai, susu almond, dan lainnya secara rutin dan dalam porsi yang tepat, atau berkonsultasilah dengan ahli gizi apakah kondisi fisik anda layak untuk beralih menjadi seorang vegetarian sejati. Pertimbangkan riwayat kesehatan, seperti anemia dengan memperhatikan asupan makanan yang mengandung zat besi. Apabila salah dalam pemilihan makanan, maka pelaku vegetarian akan berisiko mengalami anemia.

Beberapa jenis pangan nabati yang diketahui banyak mengandung zat besi adalah bioavailabilitas dimana zat besi pada pangan nabati jumlahnya lebih rendah daripada pangan hewani, sehingga risiko anemia menjadi lebih tinggi. Maka dari itu perhatikan asupan kalsium yang pada umumnya diperoleh dari susu dan produk olahan lainnya yang mengandung susu. Kekurangan kalsium ampuh buat meningkatkan risiko osteoporosis atau pengeroposan tulang. Jansen menegaskan bahwa untuk menjadi vegetarian bukanlah hal yang mudah dilakukan oleh orang awam, awalilah dengan mengubah kebiasaan yang gemar memakan segala (omnivora) menjadi pemakan tumbuh – tumbuhan meskipun tidak mudah untuk dilakukan. Seorang vegetarian wajib mengonsumsi makanan nabati secara rutin, buah dan sayur setiap hari guna memenuhi asupan kebutuhan serat harian, yaitu 25 gram / hari.  Kebutuhan serat harian seseorang adalah 25 gram. Maka dari itu disarankan mengonsumsi 5 porsi buah dan sayur setiap hari guna pemenuhan kebutuhan serat. Konsumsilah 3 - 5 jenis sayuran berbeda warna, agar anda tidak merasa bosan dan semakin banyak kandungan gizi yang diperoleh oleh tubuh.

Tips Bakar - Bakar Tanpa Risiko Kanker Dan Penyakit Lainnya Bagi Anda Yang Hobi BBQ-an

1. Benar tidak ada makanan yang dibakar berisiko kanker ?

Jansen : dengan memilih makanan yang gosong maka sangat berbahaya, tapi bukan berarti semua makanan yang dibakar adalah makanan yang mengandung resiko kanker. Kalau terlalu gosong, maka makanan tersebut banyak mengandung senyawa amina heterosiklik dan akrilaminda yang dengan mudah dapat memicu kanker. Alhasil, risiko terkena kanker menjadi dua kali lipat.

2. Bagaimana dengan makanan setengah matang atau medium well ?

Jansen : medium well adalah kondisi dimana tingkat kematangan makanan terutama daging yakni setengah matang. Kondisi ini cukup bagus bagi tubuh tapi beberapa masyarakat Indonesia kurang suka menyantapnya sehingga mereka memilih untuk membakar menjadi garing. Dikatakan bahwa tekstur luar dari daging yang kecoklatan dan bagian dalam agak kemerahan mengandung gizi bagus sehingga baik bagi tubuh.

3. Sebenarnya makanan yang dibakar lalu diolesi minyak atau mentega, apakah sehat ?

Jansen : cara memanggang makanan seperti mengoleskan mentega atau minyak terlebih dahulu adalah menghasilkan cita rasa yang enak dan tampilan bagus, karena makanan tersebut tidak langsung terkena panas. Kelebihan lainnya, bumbu akan cepat meresap asalkan mengoleskan secukupnya saja sehingga makanan tidak cepat gosong.

4. Makanan yang recommended untuk dibakar selain daging, sosis, ikan dan bakso, apa saja ?

Jansen : Sayur ! Beberapa sayuran segar bisa dibakar seperti paprika, terong, tomat, jamur, kentang, ubi, labu, wortel,  jagung, zucchini dan bawang bombay.

 Demikian kami menjelaskan semoga ada manfaat !

 

 

Tags Buku

About The Author

Nila 52
Bolpoint

Nila

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel