5 Manfaat mengagumkan dari daun kemangi

15 Mar 2017 17:17 2421 Hits 0 Comments
Manfaat mengagumkan dari daun kemangi yang perlu anda ketahui bersama termasuk untuk mencegah stres dan membantu mengobati migrain 

Kemangi atau dalam bahasa inggris disebut basil merupakan tanaman dari keluarga Lamiaceae. Tanaman ini berasal dari India dan telah dibudidayakan selama lebih dari 5.000 tahun. Fakta ini telah menunjuk jika daun kemangi memainkan peran kunci dalam masakan Asia Tenggara Thailand, Indonesia, Vietnam, Malaysia, Taiwan, Laos, dan Kamboja. Kemangi juga memiliki berbagai kultivar dan spesies. Namun secara umum, semua spesies kemangi memiliki aroma dan juga khasiat yang hampir sama.

 

Banyak penelitian ilmiah yang telah menunjukkan bahwa daun kemangi kaya akan nutrisi yang baik untuk kesehatan, kulit, dan rambut kita. Banyak orang yang telah menambahkan daun kemangi ke dalam masakan mereka untuk meningkatkan kesehatan sekaligus sebagai obat yang sangat baik untuk banyak masalah kesehatan. Jadi apa manfaat kesehatan yang luar biasa dari daun kemangi ini? Anda bisa membacanya dalam artikel berikut ini:


1. Mengurangi pertumbuhan bakteri 
Daun kemangi telah menunjukkan adanya kandungan senyawa yang mengarah ke sifat anti-bakteri. Jadi mengkonsumsi daun kemangi ini secara teratur dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu tubuh melawan pertumbuhan bakteri yang tidak diinginkan. Sifat anti-bakteri pada daun kemangi dikarenakan tanaman ini mengandung linalool, estragole, myrcene, eugenol, cineole, dan limonene di dalam daunnya. Para ahli telah meneliti dengan giat di laboratorium dan telah menemukan bahwa daun kemangi ternyata dapat membatasi pertumbuhan banyak bakteri seperti Staphylococcus aureus, Listeria monocytogenes, Yersinia enterocolitica, dan Escherichia coli.


Banyak diantara spesies bakteri patogen tidak dapat diobati dengan menggunakan obat-obatan antibiotik kimia. Namun begitu, minyak esensial dari daun kemangi justru ditemukan efektif dalam menghentikan pertumbuhan bakteri patogen. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada bulan Juli 2003 dalam Journal of Metode Mikrobiologi, minyak esensial dari daun kemangi dapat membantu mencegah bakteri seperti Enterococcus, Staphylococcus dan Pseudomonas menyebar. 

2. Memiliki sifat anti-inflamasi
Selain efek anti-bakteri yang telah disebutkan di atas, daun kemangi juga memiliki sifat anti-inflamasi. Minyak atsiri dari daun kemangi diyakini dapat memblokir enzim dalam tubuh kita yang dikenal sebagai cyclooxygenase (COX). Bahkan daun kemangi sering diresepkan sebagai obat anti-inflamasi seperti ibuprofen dan aspirin yang akan menghambat siklooksigenase. Meskipun efek dari daun kemangi dalam mengobati masalah peradangan masih tetap kontroversial, akan tetapi telah ditemukan bahwa obat terbuat dari daun kemangi memiliki potensi efek samping yang jauh lebih ringan sehingga akan lebih aman dikonsumsi. 


3. Mengobati sakit kepala
Kemangi dapat digunakan untuk mengobati beberapa masalah kesehatan ringan samai berat termasuk sakit kepala dan migrain. Sakit kepala dan migrain adalah masalah kesehatan umum yang dapat mempengaruhi siapa saja pada usia berapa pun. Meskipun secara umum tidak berbahaya sakit kepala tentu sangat mengganggu aktivitas anda bukan? Beberapa orang biasanya menggunakan obat kimia untuk meredakan sakit kepala, namun, obat ini dapat menyebabkan potensi efek samping yang tidak diinginkan. Jika sudah demikian maka sebainya anda memanaatkan pengobatan alternatif menggunakan manfaat daun kemangi misalnya. Ada banyak cara yang bisa kita gunakan kemangi untuk mengobati sakit kepala.

Sebagai contoh, kita dapat menggunakan daun kemangi kering untuk membuat steam facial. Kita hanya perlu menuangkan dua sendok makan daun kemangi kering ke dalam panci besar dengan air mendidih. Setelah itu hirup uap rebusan tadi selama sekitar 10 menit. Sebaiknya gunakan handuk besar untuk menutupi kepala Anda uap tidak hilang. Lakukan perawatan ini secara rutin jika Anda rentan terhadap sakit kepala dan migrain.


4. Mengobati demam dan flu
Seperti halnya sakit kepala demam bukanlah penyakit berbahay tetapi cukup mengganggu karena menimbulkan rasa yang tidak nyaman. Mengobati demam dan pilek merupakan salah satu manfaat daun kemangi. Bila Anda menderita flu, Anda hanya perlu mengunyah beberapa lembar daun kemangi sebagai lalapan atau memakannya secara langsung.  Atau, anda juga bisa mengkonsumsi daun kemangi sebagai jus atau teh. Dianjurkan mengkonsumsi air ini beberapa kali sehari untuk mendapatkan hasil yang baik. Jus dari daun kemangi akan membantu mendinginkan suhu tinggi pada tubuh saat mengalami demam dan flu biasa.


5. Obat anti-stres alami
Salah satu manfaat daun kemangi yang cukup baik adalah kemampuannya dalam mencegah stres. Hal ini karena memakan daun kemangi dapat menjaga pikiran Anda tetap tenang dan melindungi Anda dari stres dan depresi. Jika Anda menderita masalah emosional seperti kecemasan, stres atau depresi, Anda akan membutuhkan secangkir teh dari daun kemangi sebagai solusi yang efektif. Selain itu, mengunyah 12 daun kemangi dua kali sehari akan membantu anda mengontrol tingkat stres dan depresi. 

Tags

About The Author

Imam Fahrudin 21
Novice

Imam Fahrudin

belajar menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel