Dadar Gulung Timpan Balon

16 Mar 2017 16:59 333 Hits 0 Comments

Lagi - lagi masih edisi musim panen durian, kali ini bisa anda lalui dengan membuat timpan balon (Bahasa Aceh) atau dadar gulung (Bahasa Indonesia) dengan isian memakai kelapa parut yang dicampur dengan durian. Kulit dadar gulungnya dijaga jangan sampai robek jadi komposisi bahan yang pas, buat ½ kg tepung yang menghasilkan 40 buah dadar gulung.

Lagi - lagi masih edisi musim panen durian, kali ini bisa anda lalui dengan membuat timpan balon (Bahasa Aceh) atau dadar gulung (Bahasa Indonesia) dengan isian memakai kelapa parut yang dicampur dengan durian. Kulit dadar gulungnya dijaga jangan sampai robek jadi komposisi bahan yang pas, buat ½ kg tepung yang menghasilkan 40 buah dadar gulung.

Bahan – bahan untuk 40 porsi adalah :

  1. 500 gram tepung terigu

  2. 2 sdm tepung kanji

  3. 4 sdm susu kental manis / susu bubuk

  4. 1000 ml air

  5. 2 sdm mentega / margarin

  6. Sedikit garam

  7. Minyak goreng untuk mengoles teflon

  8. Bahan isi

  9. 1 butir kelapa parut

  10. 4 biji durian

  11. 100 gram gula pasir

  12. Sedikit garam

Langkah memasak membutuhkan waktu 90 menit adalah :

Mixer / blender semua bahan – bahan sampai benar – benar halus. Selanjutnya beri pewarna pada adonan sesuai dengan kesukaan masing – masing.

Panaskan teflon lalu olesin dengan minyak goreng tipis – tips saja agar tidak lengket. Tunggu beberapa detik sampai matang. (Lakukan hal yang sampai semua adonan habis).

Angkat dan isi dengan kelapa.

Lalu lipat sisi bawah, sisi samping kanan dan kiri

Selanjutnya gulung.

Sampai seperti dadar dengan rapi. Selesai

Cara membuat isinya : masukkan semua bahan lalu remas – remas sebentar agar gula pasir larut dan beri sedikit air lalu masak hingga matang dengan api kecil agar tidak gosong bagian bawahnya. Disarankan : jika kurang manis bisa ditambahkan gula lagi atau sesuai selera. Bisa juga menggunakan gula merah. Rasanya enak dan gurih.

Masakan Sumatera dari Aceh ini sama halnya dengan jajanan tradisional orang Aceh yang rata - rata rasanya manis sehingga cocok dijadikan sebagai dessert sehabis anda makan malam besar yang terdiri dari menu utama berupa nasi putih, masakan ayam dan seafood serta minuman khas terdiri dari es mentimun atau secangkir kopi panas , adalah kuliner wisata khas tradisional Aceh yang meskipun tampak sangat sederhana tetapi menarik untuk anda cicipi, beragam kue yang wajib dibawa saat anda menghadiri sebuah pesta perkawinan sebagai seserahan ini banyak ditemui di pasar dan toko - toko di Aceh. Kue yang memiliki tekstur bagian luar kering, namun cukup lembut dibagian dalamnya.

Jajanan pasar khas warga Aceh ini cocok sebagai kudapan ringan pendamping minum kopi dimana rasa kopi orang Aceh berbeda dengan kopi daerah lainnya, jika belum pernah merasakan nikmat dan kedahsyatannya kopi Aceh maka anda harus ke sana buat mencoba. Aceh dari dulu terkenal sebagai salah satu penghasil kopi terbesar di Indonesia yang memiliki cita rasa khas beraroma yang kuat, seperti kopi Aceh Gayo.

Kopi Aceh pada dasarnya menyerupai kopi - kopi pada umumnya di daerah lain. Namun, karena cara penyajiannya yang agak berbeda, maka kopi Aceh mempunyai perbedaan rasa yang mencolok dimana di dalamnya terdapat kandungan antitoksin, menambah stamina tubuh dan dapat mengencangkan kulit.

Demikian kami mengulas semoga bermanfaat !

 

 

Tags Kuliner

About The Author

Nila 50
Bolpoint

Nila

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel