Bolu Bhoi Khas Aceh

16 Mar 2017 14:58 478 Hits 0 Comments
Kue yang bertekstur lembut dan enak.

Masakan Sumatera dari Aceh ini bernama kue bhoi adalah kue tradisional khas Aceh. Kue yang wajib dibawa saat anda menghadiri sebuah pesta perkawinan sebagai seserahan ini banyak ditemui di pasar dan toko - toko di Aceh. Kue bhoi memiliki tekstur bagian luar kering, namun cukup lembut dibagian dalamnya.

  Resep kue bhoi sederhana khas aceh

 

Bahan – bahan untuk 15 porsi adalah :

  1. 150 gram tepung terigu

  2. 150 gram gula pasir

  3. 2 butir telur ayam

  4. 1/4 sendok teh soda kue bubuk

  5. Secukupnya saja mentega untuk mengoles cetakan

Langkah membuat membutuhkan waktu 60 menit saja adalah sebagai berikut :

Siapkan telur dan gula, kocok hingga mengembang, masukkan soda lalu kocok terus sampai mengembang, masukkan terigu tanpa mixer lalu aduk dengan tangan sampai tercampur rata. Siapkan loyang, oles dengan mentega secukupny saja. Masukkan adonan ke dalam cetakan satu per satu. Masukkan ke oven dan panggang sampai berwarna kuning. Pindahkan loyang kebagian atas agar mendapat panas dan mengering pada bagian atasnya. Setelah mengeluarkan aroma wangi, berwarna kuning dan mengering maka keluarkan dari loyang, sajikan bersama dengan minuman pendamping.

Kue tradisional sejenis cake ini bisa dengan mudah anda temui di Aceh, khususnya di kawasan kabupaten Pidie Jaya. Bolu merupakan jenis kue yang bertekstur lembut, legit, dan manisnya berasal dari gula putih perpaduan telur. Sepintas kue ini mirip dengan cake biasa hanya saja bentuknya dibuat unik seperti mainan anak - anak, bisa menjadi paduan enak saat menyeruput segelas kopi atau teh. Juga bisa menjadi hidangan istimewa saat ada tamu jauh yang berkunjung ke rumah anda untuk sebuah keperluan. Atau pun sebagai oleh - oleh tangan khas Aceh untuk teman dan kerabat di luar kota.

Hidangan kue khas Aceh ini mudah disajikan saat Lebaran atau hari raya umat Muslim lainnya baik itu hari raya Idul fitri maupun Idul Adha seperti kue tradisional lainnya, ada timphan yang umumnya  dibuat 1 atau 2 hari sebelum lLbaran dengan daya tahannya bisa mencapai lebih dari seminngu, merupakan salah satu menu hidangan utama buat tamu yang berkunjung ke rumah anda bertepatan saat Lebaran.

Jajanan pasar khas warga Aceh ini cocok sebagai kudapan ringan pendamping minum kopi dimana rasa kopi orang Aceh berbeda dengan kopi daerah lainnya, jika belum pernah merasakan nikmat dan kedahsyatannya kopi Aceh maka anda harus ke sana buat mencoba. Aceh dari dulu terkenal sebagai salah satu penghasil kopi terbesar di Indonesia yang memiliki cita rasa khas beraroma yang kuat, seperti kopi Aceh Gayo.

Kopi Aceh pada dasarnya menyerupai kopi - kopi pada umumnya di daerah lain. Namun, karena cara penyajiannya yang agak berbeda, maka kopi Aceh mempunyai perbedaan rasa yang mencolok dimana di dalamnya terdapat kandungan antitoksin, menambah stamina tubuh dan dapat mengencangkan kulit.

Demikian kami mengulas semoga bermanfaat !
Tags Kuliner

About The Author

Nila 55
Bolpoint

Nila

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel