Film Keluarga, Tentang Guru Sekolah Dan Pendidikan Paling Inspiratif Di Sepanjang Masa

10 Mar 2017 21:01 324 Hits 0 Comments

Seperti beberapa judul film di bawah ini, misalnya. Genre dalam daftar ini merupakan tema yang bercampur - aduk, tidak terbatas terhadap topik tertentu. Meskipun demikian, kecenderungan film jenis ini banyak disukai oleh para penonton di segala usia karena tak jauh dari inspirasi atau motivasi. Demikian juga halnya terhadap sekolah dan muridnya yang mencakup berbagai level. Entah itu Sekolah Dasar, Menengah Pertama, Atas, Perkuliahan, Lembaga Kursus, dsb.

Seperti beberapa judul film di bawah ini, misalnya. Genre dalam daftar ini merupakan tema yang bercampur - aduk, tidak terbatas terhadap topik tertentu. Meskipun demikian, kecenderungan film jenis ini banyak disukai oleh para penonton di segala usia karena tak jauh dari inspirasi atau motivasi. Demikian juga halnya terhadap sekolah dan muridnya yang mencakup berbagai level. Entah itu Sekolah Dasar, Menengah Pertama, Atas, Perkuliahan, Lembaga Kursus, dsb.

Jika anda kebetulan tengah mencari film yang erat kaitannya dengan guru, sekolah, pendidikan atau cerita inspiratif, disarankan lebih baik untuk terus memantau postingan dari kami tentang film genre bertema pendidikan. Dimana cerita tentang guru dan muridnya lebih banyak menginspirasi orang - orang kreatif untuk berkarya yang nantinya akan tertuang ke dalam bentuk buku, gambar, lagu atau bahkan film. Para sineas pun berusaha keras mewujudkan hal tersebut dengan memvisualisasikan konflik - konflik yang lumrah terjadi di dunia ‘perguruan’. Entah itu terkait belajar - mengajar, hubungan dengan murid, kolega, orang tua siswa atau problem lain yang kerap menyertainya.

Ada yang berprofesi sebagai guru ? Atau mungkin, tertarik dengan dunia pengajar dan sekolah ?

Guru merupakan salah satu pekerjaan yang cukup banyak diminati oleh warga di dunia. Jika anda perhatikan dengan serius maka job description mereka sebenarnya tidak sebatas pada penyampaian materi yang ada dalam buku saja, pemberian pekerjaan rumah atau PR dan menentukan skor nilai bagi murid – muridnya adalah salah satu pekerjaan yang cukup menyenangkan untuk dilakoni, sekaligus agak berat dan rumit.

Jadi, film apa saja yang dimaksud ?

1. Dead Poets Society

Merupakan film populer yang dibintangi oleh Robin Williams dan terbaik di sepanjang tahun untuk dikenang. Di sini dia berperan sebagai John Keating, seorang pengajar Sastra Inggris yang mampu memberi warna di Akademi Welton. Sebagaimana yang digambarkan, tempat pendidikan tersebut menerapkan sistem pengajaran yang sangat disiplin dan ortodok. Namun Keating tampak berbeda. Dia menginspirasi siswa / wi untuk lebih berani menjalani dan melihat kehidupan dari sisi yang berbeda dan mengejar apa yang diimpikan selagi ada peluang dan sisi terbaik. Para siswa / wi sangat menyukai dan menuruti ajaran mereka.

Mereka bahkan mengetahui bahwa Keating adalah mantan murid di Akademi Welton, sekaligus anggota dari komunitas “Dead Poets Society”. Maka dari itu, sekelompok siswa tersebut berusaha untuk menghidupkan kembali komunitas itu meskipun terdapat banyak masalah muncul dan memuncak ketika pada suatu hari ada siswa yang bunuh diri yang dikaitkan dengan Keating akhirnya dipecat. Ceritanya mengingatkan anda pada film India berjudul “Mohabbatein”.

2. School Of Rock

Sesuai judulnya, film ini kental dengan suasana sekolah, guru, siswa / wi yang suka sekali dengan musik rock. Di dalam film ini ada aktor Jack Black yang berperan apik sebagai Dewey Finn. Dia adalah seorang rocker yang mampu memberi motivasi terbesar yerhadap suksesnya band mereka, yang kemudian memilih keluar untuk solo karir. Hal inilah yang membuatnya kebingungan, sebab dia tidak mempunyai pemasukan sama sekali alias penganggutan dan menjadi benalu bagi sahabatnya. Pada suatu hari, ada kesempatan baginya untuk menjadi guru gadungan di sebuah sekolah musik dimana ia memperhatikan kalau para muridnya mempunyai potensi besar di bidang musik. Kebetulan akan ada pertunjukan festival musik rock bertajuk “Battle of the Band”. Dewey bertekad akan mengikutsertakan salah satu muridnya, dengan harapan akan dapat meraih kesempatan besat untuk berebut hadiah, sehingga semua hutangnya akan terbayarkan. Dari kelakuan awal saja, film yang seru dan lucu ini lebih menonjolkan tokoh Dewey yang banyak masalah. Namun berangkat dari hal itu, berbagai kejadian seru dan inspiratif akan datang.

3. Dangerous Minds

Lou Anne Johnson tak pernah berpikir akan bisa masuk ke dunia pendidikan. Ia merupakan mantan mariner yang mempunyai masa lalu tak mengesankan bersama mantan suaminya. Namun ia cukup senang menerima tawaran dari Carla Nicholas, seorang Wakil Kepala Sekolah, untuk mengajar di SMA Parkmont. Ia membayangkan akan menghadapi murid yang luarbiasa pintar dan penurut, namun harapannya tidak terkabulkan tatkala siswa / wi yang dihadapinya kurang menaruh hormat padanya. Johnson atau dipanggil Mrs John’s, harus menghadapi setumpuk masalah yang terjadi karena ulah nakal murid - muridnya. Ada banyak cara dan saran ia terapkan tetapi problem yang dihadapi semakin parah meskipun sudah di luar kelas.

Nah itulah tiga film lawas yang hingga saat ini tetap mendapatkan penggemar terutama oleh kaula muda yang menyenangi film – film bertema pendidikan.

 

 

 

Tags Film

About The Author

Nila 52
Bolpoint

Nila

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel