Keuntungan Membuat Iklan Di Sosmed Yang Sayang Jika Dilewatkan

18 Jan 2017 13:40 1924 Hits 1 Comments
Dunia advertising kini makin berkembang dan merambah ke dunia digital terutama dengan adanya internet marketing yang semakin memperluas peluang bagi sebuah brand untuk berkembang dang dikenal sebanyak mungkin pasarnya. 

Dunia advertising kini makin berkembang dan merambah ke dunia digital terutama dengan adanya internet marketing yang semakin memperluas peluang bagi sebuah brand untuk berkembang dang dikenal sebanyak mungkin pasarnya. Salah satu media yang digunakan untuk internet marketing adalah sosial media terutama untuk meningkatkan interaksi dan hubungan antara brand dengan target pasarnya. Beberapa sosial media yang kerap digunakan untuk beriklan antara lain adalah Facebook, Twitter, Instagram, Tumblr, dan lainnya. Mungkin Anda sudah puas dengan teknik marketing yang diterapkan tanpa harus melibatkan sosial media. Namun membuat iklan sosmed punya banyak benefit tersendiri untuk sebuah brand. 

Menyimpan database pasar
Memanfaatkan fitur iklan di sosial media memberikan Anda akses terhadap tools yang bisa digunakan untuk mendapatkan database dari pasar yang merespon tayangan iklan Anda. Data pasar yang bisa didapatkan antara lain adalah usia, jenis kelamin, bahasa yang digunakan, domisili, beberapa interests, dan data lainnya yang bisa Anda gunakan untuk channeling promosi yang lebih efektif dan efisien. 


Geo-targetting sesuai dengan keinginan
Anda ingin mendapatkan pelanggan dari daerah tertentu yang sesuai dengan jangkauan brand Anda? Beberapa sosial media sudah menyediakan fitur yang bisa membantu Anda dalam menentukan target pasar di lokasi mana yang ingin Anda tunjukkan iklannya. Dengan begitu iklan yang ditayangkan bisa lebih efektif dan Anda bisa terhindar dari tagihan pembayaran iklan yang tidak perlu akibat dari jangkauan iklan yang terlalu luas dan tidak fokus. 


Kesempatan pasar yang lebih luas
Bisakah iklan Anda dilihat oleh orang yang tidak termasuk dalam target iklan Anda? Tentu bisa. Untuk sosial media Twitter, Facebook, dan Instagram misalnya, jika ada pengguna yang melakukan aktivitas seperti misalnya mengajukan komentar atau melakukan like, maka aktivitas ini akan muncul ke dalam news feed dari friends dari pengguna tersebut. Dengan demikian iklan bisa dilihat oleh lebih banyak orang meskipun demografi orang tersebut tidak sesuai dengan target Anda. Potensi pasar pun bisa menjadi lebih luas untuk menarik pelanggan sebanyak-banyaknya. 

Pengetahuan dasar social media marketing sangat diperlukan untuk mendapatkn hasil yang maksimal dalam upaya pemasaran bisnis anda di internet. Budget yang anda keluarkan dalam iklan akan lebih mendapatkan konversi yang baik jika anda melakukan digital campaign dengan cara-cara yang benar. Jika anda ingin memakai jasa orang lain untuk promosi digital anda juga wajib mengetahui indikator apa saja yang akan menjadi acuan sukses tidaknya kampanye digital anda. Platform social media berkembang pesat dan tidak semuanya mempunyai cara yang sama dalam beriklan, analisa bisnis diperlukan untuk menerapkan metode apa yang sesuai dengan target market.

Tags

About The Author

luis 17
Pensil

luis

Stucel media kreatif, web designer, developer, digital marketing, SEO, SEM Jakarta, Indonesia.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel