4 Manfaat mengagumkan daun salam untuk pencegahan penyakit

15 Jan 2017 10:22 2183 Hits 0 Comments
Tidak banyak orang yang mengenal manfaat daun salam untuk kesehatan karena selama ini masyarakat kita lebih mengenal daun salam sebagai salah satu penyedap alami makanan

Tidak banyak orang yang mengenal manfaat daun salam untuk kesehatan karena selama ini masyarakat kita lebih mengenal daun salam sebagai salah satu penyedap alami makanan, daun salam memang lebih sering digunakan sebagai tambahan bumbu saat memasak untuk memberikan aroma dan rasa yang lezat. Dibalik kegunaan daun salam untuk memasak, ternyata bumbu dapur ini memiliki banyak manfaat yang tidak banyak diketahui orang, apa saja manfaat dari daun salam? mari simak ulasannya berikut ini:


1. Membantu menurunkan kolesterol: Kolesterol adalah masalah kesehatan yang dapat memicu penyakit yang berbahaya termasuk penyakit jantung dan stroke. Pemicu tingginya kolesterol dalam darah adalah gaya hidup yang kurang sehat seperti banyak mengkonsumsi makanan berlemak dan kurang mengkonsumsi buah dan sayur. Kabar baiknya ternyata daun salam ini sangat berguna untuk menurunkan kolestero jahat dalam darah. Anda bisa membuat ramuan dengan merebus daun salam, kemudian mengkonsumsi ramuan tersebut secara rutin untuk membantu menurunkan kolesterol anda.


2. Membantu penyembuhan luka: Para tabib tradisional sering menggunakan daun salam sebagai bahan pengobatan, salah satunya untuk menyembuhkan luka. Mereka percaya jika daun salam memiliki kemampuan luar biasa untuk penyembuhan. Di zaman moderen ini  ternyata informasi mengenai manfaat daun salam untuk menyembuhkan luka dibenarkan oleh sebuah studi oleh BMC Complementary and Alternative Medicine yang dipublikasikan pada tahun 2006 lalu, dimana para peneliti menemukan bahwa tikus yang diobati dengan 200 mg ekstrak daun salam mengalami penyembuhan  luka dalam waktu 10 hari.  Selain itu, sebuah studi pada 2011 lalu yang diterbitkan dalam “Journal of Natural Product Research" menemukan jika ekstrak daun salam memiliki aktivitas antimikroba terhadap beberapa patogen termasuk Staphylococcus aureus, Streptococcus pyogenes, Aspergillus fumigatus dan Candida albicans.


3. Membantu mengobati diabetes: Diabetes adalah salah satu penyakit yang telah mempengaruhi ribuan orang di seluruh dunia. Penyakit ini sangat sulit diobati secara tuntas, tetapi dapat dicegah melalui penerapan pola hidup sehat dengan banyak mengkonsumsi sayuran hijau sekaligus mengurangi karbohidrat sederhana. Menariknya daun salam diketahui dapat membantu mengurangi diabetes tipe II hal ini dibuktikan dengan adanya penelitian yang diterbitkan pada tahun 2009  lalu dalam Journal of Biochemistry Clinical Nutrition. Dimana pada penelitian tersebut menemukan jika Peserta penelitian yang diberikan 1 g sampai 3 g daun salam per hari selama 30 hari mengalami penurunan gula darah, kolesterol dan trigliserida. Hal ini tentu menjadi kabar yang baik bagi para penderita diabetes.


4. Mengurangi tingkat stres: Stres telah mempengaruhi banyak orang terutama bagi mereka yang tinggal di kota-kota besar dengan tingkat aktivitas yang tinggi. Stres dapat memicu berbagai macam penyakit berbahaya seperti penyakit jantung, stroke dan hipertensi. Daun salam dapat membantu mengurangi tingkat stres karena mengandung Linalool dimana senyawan ini dapat membantu menurunkan tingkat hormon stres dalam tubuh, terutama saat digunakan dalam aromaterapi. Hormon stres berlebih bisa berbahaya bagi kesehatan jangka panjang dan dapat memicu penyakit berbahaya seperti disebutkan di atas.


Demikain tadi beberapa manfaat daun salam bagi kesehatan dan pencegahan penyakit, semoga bisa menambah wawasan anda. Dimana setelah membaca informasi di atas apakah anda tertarik menambahkan daun salam ke dalam masakan anda?

Tags

About The Author

Imam Fahrudin 21
Novice

Imam Fahrudin

belajar menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel