Masakan Thailand Super Lezat

11 Jan 2017 22:08 415 Hits 0 Comments
Pada artikel kami kali ini akan membahas tentang masakan Thailand super lezat baik itu yang tidak berkuah maupun yang berkuah.

Neara - negara Asia, saat ini dikenal sebagai kawasan wisata dengan mengutamakan objek wsiata kuliner dalam hal menarik minat turis agar mau berkunjung kesini, khususnya dikenal dengan makanannya yang mempunyai cita rasa sangat kuat dan mampu menyengat lidah dibandingkan dengan masakan dari negara Eropa atau Amerika. Seperti Indonesia contohnya, sebagai orang Indonesia, tentu saja anda mengenal bahwa semua masakan Indonesia dibuat dengan mencampur beragam bumbu / rempah - rempah sehingga akan memberikan hasil berupa rasa yang lezat. Selain Indonesia, negara Asia lain yang terkenal memiliki wisata kuliner dan masakan dengan cita rasa yang menyengat adalah Thailand. 

Nyaris sama dengan negara Indonesia, negri gajah putih ini dikenal memiliki makanan yang kaya akan rempah - rempah. Selain itu, masakan Thailand juga banyak dipengaruhi oleh negara - negara tetangganya dalam hal rasa dan tampilan. Thailand Selatan misalnya, kebanyakan penduduknya beragama Muslim, nenek moyang mereka berasal dari India dan sudah lama menetap di sini selama ribuan tahun sehingga masakan Thailand Selatan rata – rata mempunyai ciri khas tersendiri yaitu penggunaan santan dan kunyit segar yang berbeda dengan masakan khas Thailand lainnya lebih banyak menggunakan rempah yang digoreng dalam membuat bumbu dalam masakannya berupa kuah kaldu.

Pada artikel kami kali ini akan membahas tentang masakan Thailand super lezat baik itu yang tidak berkuah maupun yang berkuah, yaitu tersebut di bawah ini :

Ayam Goreng Saus Ala Thailand

Bahan – bahan :

250 gram ayam fillet

1 bungkus tepung krispi instant

1 buah jeruk limau

Bahan membuat saus :

3 siung bawang putih, cincang halus

1 siung bawang bombay, cincang halus

2 sdm saus tomat botolan

1 sdm saus tiram

1 sdm kecap manis

2 sdm saus sambal

1 sdm bubuk cabe

1/2 sdm margarin untuk menumis

1/2 gelas air

Cara membuat :

1.  Goreng ayam dengan tepung instan (cara menggorengnya ada di belakang kemasan) goreng hingga matang dan renyah.

2.  Membuat saus : panaskan margarin. Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum. Lalu masukkan bahan lainnya. Tambahkan air kemudian biarkan mengental lalu masukkan ayam goreng aduk - aduk hingga rata dengan saos, matikan api. Peras jeruk limau bila anda suka. Hidangkan dengan nasi hangat dan tabur dengan wijen yang sudah disangrai.

Tom Yam Goong

Bahan – bahan :

1800 ml kaldu udang / ayam

3 batang serai, memarkan

3 cm jahe, memarkan

3 lembar daun jeruk

4 sdm kecap ikan

1 cm lengkuas, memarkan

2 sdm minyak cabai

1/2 sdt garam halus dan secukupnya penyedap rasa

3 buah cabai rawit merah haluskan

1 siung bawang putih, memarkan

300 gram udang ukuran besar, buang kepalanya dan bersihkan

100 gram jamur merang

8 buah cabai rawit utuh

1 batang serai, ambil bagian putih dan potong - potong

5 lembar daun ketumbar, iris halus

2 lembar daun jeruk, iris halus

5 sdm air jeruk

Cara membuat :

1.  Didihkan kaldu di dalam air. Masukkan serai, jahe, lengkuas, bawang putih dan bumbu kaldu lainnya. Rebus hingga mendidih dan terasa gurih.  Angkat dan saring.

2.  Panaskan kembali kaldu, masukkan udang, jamur, cabai, dan daging lalu serai. Didihkan kembali, sesaat sebelum diangkat, tuangkan air jeruk nipis dan daun ketumbar, setelah dirasa cukup lalu angkat dan hidangkan.

Demikian kami mengulas semoga bermanfaat !

Tags Kuliner

About The Author

Nila 56
Bolpoint

Nila

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel