Yuk Mengenal Bumbu Masakan Eropa

11 Jan 2017 19:37 481 Hits 0 Comments

Adalah buah dari pohon pimento, yaitu sejenis tanaman rempah dari India. Bentuknya bulat – bulat kecil. Dinamakan allspice (rempah lengkap) karena aromanya seperti campuran aroma merica, kayu manis, dan cengkih. Biasa dijual dalam bentuk bubuk.

Masakan Eropa selama ini dikenal sebagai salah satu masakan yang bercita rasa lezat tetapi beda dengan masakan Asia terutama Indonesia. Hal ini disebabkan karena campuran bumbu atau rempah di dalamnya. Agar anda bisa mendapatkan cita rasa sajian khas Eropa yang cukup banyak memiliki penggemar, anda perlu mengenal bumbu – bumbu atau rempah ala dapur Eropa dan Amerika (herbs).

Cayenne Pepper

Terbuat dari cabai merah dan ditambah dengan bumbu lain serta garam. Karena rasanya yang sangat pedas, biasanya pemakaiannya hanya sedikit saja. Biasa digunakan untuk masakan kari, saus putih, aneka sop, dan stew.

Jalapeno Peppers

Adalah sejenis cabai berwarna hijau, bentuknya panjang bulat dan cukup cantik. Biasa digunakan dalam masakan Asia dan Mexico. Karena rasanya yang cukup pedas, biasanya jalapeno peppers dimanfaatkan dalam bentuk acar. Jalapeno peppers tersedia di pasar swalayan terkemuka, dikemas dalam botol dan siap anda pakai untuk mencampur ke dalam masakan.

Sage

Sejenis tumbuhan berasal dari Mediterania yang memiliki daun bermanfaat untuk memasak. Bentuk daunnya oval, keras, berbulu halus, dan beraroma tajam. Dijual dalam bentuk kering.

Thyme

Sejenis tanaman yang daunnya berbentuk bulat kecil – kecil dan mempunyai aroma tajam. Tanaman ini berasal dari benua Eropa dan Mediterania. Daun ini sering digunakan dalam masakan Italia. Biasa dijual dalam bentuk kering.

Tarragon

Salah satu jenis bumbu dapur yang banyak dimanfaatkan dalam hidangan Eropa. Bentuk daunnya lembut oval kecil memanjang dengan aroma yang sangat tajam dan khas. Dijual dalam bentuk kering.

Saffron

Adalah benang sari bunga crocus yang berasal dari Yunani. Bentuknya seperti benang - benang pendek berwarna merah dengan aroma yang khas dan halus disentuh dengan tangan. Dipakai sebagai rempah dan pewarna kuning alami terhadap beberapa jenis masakan. Dijual dalam bentuk kering dan harganya realtif mahal. Jika tidak ada, anda dapat mengganti dengan kunyit bubuk.

Marjoram

Salah satu jenis bumbu Eropa berbentuk daun yang berasal dari Mediterania ini memiliki aroma yang cukup harum dan khas, bentuk daunnya oval kecil dengan batang keras. Dapat diperoleh di pasar swalayan dalam keadaan kering dalam kemasan botol.

Oregano

Jenis rempah daun yang berupa daun kecil berbatang keras ini banyak dipakai dalam hidangan Italia. Dijual dalam bentuk kering atau bubuk.

Fennel

Banyak tumbuh di Inggris dan Amerika. Dijual dalam keadaan segar atau kering. Bentuk daunnya menyerupai jarum – jarum halus berwarna hijau. Banyak digunakan untuk masakan ikan.

Dill

Jenis daun bumbu berbentuk runcing tajam seperti jarum. Aromanya segar mirip peterseli. Biasanya dipakai dalam kondisi segar atau dicincang sebagai taburan hidangan seafood. Dijual dalam bentuk segar. Jika tidak ada dapat diganti dengan peterseli.

Bay Leaf

Sejenis daun yang sering dipakai untuk bumbu masakan Italia. Bentuk daunnya oval kecil dan keras serta beraroma mirip daun salam. Dijual dalam bentuk segar atu kering.

Basil

Tanaman ini biasanya dijual dalam bentuk segar atau kering. Yang kering citarasanya seperti bumbu kari, sedangkan yang segar cenderung seperti cengkih.

All Spice

Adalah buah dari pohon pimento, yaitu sejenis tanaman rempah dari India. Bentuknya bulat – bulat kecil. Dinamakan allspice (rempah lengkap) karena aromanya seperti campuran aroma merica, kayu manis, dan cengkih. Biasa dijual dalam bentuk bubuk.

Demikian kami mengulas sedikit semoga bermanfaat !

Tags Kuliner

About The Author

Nila 55
Bolpoint

Nila

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel