Jajanan Khas Betawi Asli

10 Jan 2017 22:20 470 Hits 0 Comments
Setiap tanggal 22 Juni, kota tempatku tinggal, yaitu Jakarta merayakan ulang tahunnya. Usianya kota Jakarta sudah cukup tua, sudah ratusan tahun.

Setiap tanggal 22 Juni, kota tempatku tinggal, yaitu Jakarta merayakan ulang tahunnya. Usianya kota Jakarta sudah cukup tua, sudah ratusan tahun. Nah, ketika kota Jakarta sedang merayakan ulang tahunnya tersebutlah kami warga kota Jakarta bisa dengan mudah menemukan aneka makanan dan minuman yang menjadi khas kota Jakarta dan diakui sebagai bagian dari budaya kota Jakarta, yaitu budaya kuliner.  Tulisan ini diikutkan pada 8 Minggu Ngeblog bersama Anging Mammiri, minggu kedua  dengan tema: Rasa Lokal.

Berbicara tentang rasa lokal maka itu artinya berbicara tentang budaya setempat. Salah satu budaya yang menjadi ciri khas suatu wilayah adalah makanannya. Berikut ini adalah beberapa makanan dan minuman yang menjadi budaya kuliner khas kota Jakarta yang saya suka (hehe, makanan dan minuman khas kota Jakarta itu banyak tapi yang saya sukai itu terbatas jumlahnya. Jadi, yang saya tulis disini hanya yang saya sukai saja).

Kerak Telor

Jajanan ini hingga saat ini masih dengan mudah anda temui di Kota Tua Jakarta ataupun saat Pekan Raya Jakarta. Jajanan ini terbuat dari nasi ketan yang dicampur dengan bumbu - bumbu khusus dan telor (bisa telur ayam atau telur bebek). Adonan dikocok lalu dimasak  di atas kuali kecil untuk selanjutnya dibakar di atas bara hingga menjadi kerak. Setelah matang, kerak telor ditaburi dengan serundeng dan bawang goreng.

Kue Rangi

Jajanan ini terbuat dari tepung beras. Adonan tepung beras tersebut kemudian dipanggang di atas cetakan berbentuk setengah lingkaran di atas api kecil. Setelah matang, kue diangkat dan dimakan dengan lelehan saos gula merah yang berwarna coklat kemerah – merahan dan pekat. Rasanya yummy !

Kue Talam

Jajanan bercitarasa legit ini terbuat dari tepung beras ketan yang dimasak dengan santan dan gula putih lalu dikukus. Meski jajanan ini sedikit lengket di tangan, tapi memiliki rasa gurih dan bisa membuat anda ketagihan.

Kue Cente Manis

Kue cente manis adalah jajanan yang dikukus dengan bahan yang terbuat dari tepung hunkwe, santan, gula, dan bulir cente manis alias sagu mutiara. Jajanan ini kemudian dibungkus dalam bungkus plastik lalu dikukus.

Kue Pancong

Kue pancong sebenarnya mirip dengan kue rangi, hal ini disebabkan karena bentuk dan bahan pembuatannya sama. Bedanya, kue rangi dimakan dengan saus gula merah kental yang disiram di atas kue, sedangkan kue pancong dimakan dengan taburan gula pasir di atasnya.

Wajik

Wajik merupakan jajanan yang terbuat dari beras ketan, biasa ditemui di setiap acara penting masyarakat Betawi seperti perayaan hari raya, seserahan di acara lamaran, dan pernikahan adat Betawi.

Kembang Goyang

Kembang goyang merupakan salah satu jajanan yang dimasak dengan cara digoreng garing. Siapkan tepung beras, gula, telur ayam, santan, dan minyak goring, lalu masukkan adonan ke dalam cetakan berbentuk kembang, kemudian celupkan cetakan tersebut ke dalam minyak panas dan goyang - goyangkan hingga adonan lepas. Nah, jadilah kue ini.

Dodol

Terdapat pada banyak daerah di Indonesia yang mempunyai jajanan bernama dodol ini. Namun masing - masing dodol di setiap daerah mempunyai cita rasa khasnya yang berbeda - beda. Dodol Betawi berwarna hitam kecoklatan dengan variasi rasa yang lebih sedikit daripada dodol dari daerah lain. Rasa dodol Betawi hanya terdiri dari ketan putih, ketan hitam, dan durian.

Biji Ketapang

Anda pasti sudah mengenal yang namanya biji ketapang. Kue kering seperti kerupuk ini digoreng dan biasanya ikut meramaikan suasana saat hari raya tiba. Kelapa parut dan santan yang dicampurkan bersama biji ketapang akan bisa membuat penganan ini menjadi lebih gurih saat dimakan pada waktu luang.

Kue Dongkal

Jajanan yang terakhir adalah kue dongkal. Kue ini saat ini sudah sangat jarang ditemui. Dongkal terbuat dari tepung yang berasal dari beras yang ditumpuk hingga halus menjadi tepung. Tepung ini kemudian diisi dengan gula aren. Lalu, adonan yang sudah jadi tersebut dibentuk seperti tumpeng dan dikukus dengan dilapisi daun pisang. Cara memakannya dengan ditaburi kelapa parut.

Bagaimana ? Jadi kangen kan dengan makanan berupa jajanan khas Betawi asli ini ? Rasanya tak kalah enak dengan jajanan - jajanan kekinian yang sering anda makan di resto – resto mewah.

 

Tags Kuliner

About The Author

Nila 43
Pena

Nila

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel