Oleh - Oleh Khas Semarang Yang Populer

10 Jan 2017 02:13 112 Hits 0 Comments
Apakah anda masih bingung ingin   membeli apa sebagai oleh – oleh buat keluarga di rumah ?

Kota Semarang saat ini merupakan salah satu Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah yang mempunyai sederetan alasan yang membuat turis asing dari mancanegara maupun turis domestik untuk mengunjunginya setiap pertengahan tahun. Semarang menjadi salah satu kota terbesar kedua di Indonesia dengan keragaman budaya Jawa dan Tionghoa sehingga warga setempat mampu hidup di dalamnya secara berdampingan dengan harmonis.

Jika anda pernah berkunjung ke tempat ini dan sudah puas berkeliling Semarang maka cobalah untuk kedua kalinya guna mencicipi aneka kuliner lezatnya seperti yang kami rangkum di bawah ini tentang oleh - oleh khas Semarang yang wajib anda kenal untuk bisa dibawa ke rumah buat dinimati bersama dengan keluarga :

1. Lumpia Semarang

Menikmati semangkok lumpia Semarang langsung di kota asalnya memang mampu menimbulkan sensasi tersendiri bagi anda yang baru pertama kali berkunjung ke sini. Lumpia di sini rasanya sangat renyah dengan isian berupa sayur rebung dan daging ayam manis gurih bisa menjadi hari liburan anda penuh semangat. Bagaimana dengan keluarga di rumah ? Pulang dengan membawa sekotak lumpia tentulah akan menjadi salah satu cara anda dalam menunjukkan bahwa anda akan selalu bisa mengingat kota ini usai berlibur ke Kota Semarang.

Tak sulit untuk mendapatkan lumpia sebagai oleh - oleh. Anda bisa membeli atau memesan lumpia di resto hotel anda menginap atau di seluruh penjuru Kota Semarang pada kedai, rumah makan, restoran, toko kue hingga angkringan. Namun disarankan sebaiknya anda membeli langsung dari tempat asli dimana resep lumpia ini diciptakan. Datanglah ke Gang Lombok yang berada di kawasan pecinan Semarang yang menjual lumpia dalam kemasan menarik berupa besek atau kotak – kotak yang terbuat dari bamboo ala orang Jepang yang hingga saat ini masih menggunakan resep asli dan tetap dipertahankan secara turun temurun.

2. Roti Ganjel Rel

Mendengar namanya saja anda sudah bisa menebak bentuk dari roti ini seperti apa ? Roti ini memiliki rasa khas yang enak dan manis. Terbuat dari tepung tapioka, santan, air nira, gula merah dan serbuk kayu manis sebagai penambah aroma sedap dan wangi. Sebagai pemanis tampilan, roti, setengah matang ditaburi wijen lalu kembali dioven. Tekstur roti yang keras dan warnanya nan cantik yaitu coklat akan membuat anda langsung merasa suka. Menurut ahli kesehatan, tekstur yang keras inilah justru akan membuat roti ganjel rel baik untuk kesehatan (gigi).

Roti ganjel rel merupakan sajian yang wajib ada dalam acara ‘dugderan’ atau pawai sebelum melakukan bulan puasa. Pada hari biasa, anda akan agak kesulitan menemukan roti ini di pasaran. Namun cobalah membeli di pusat oleh - oleh Jalan Pandanaran, terdapat jejeran toko yang menyediakan roti ini untuk bisa dibawa pulang sebagai oleh - oleh.

3. Tahu Bakso

Suka minum teh bersama keluarga di sore hari ? Kegiatan minum teh pada umumnya didampingi camilan. Nah, tahu bakso khas Semarang ini bisa jadi teman santai anda untuk minum teh di sore hari. Rasanya yang gurih – gurih pedas sangat nikmat disajikan hangat dan disantap dengan cocolan sambal saos cabe dan kecap manis. Terdapat dua macam tahu bakso yaitu tahu bakso goreng dan tahu bakso rebus. Keduanya sama – sama lezat.

Tahu bakso ini di Kota Semarang dibuat oleh Bu Pudji, seorang warga Unggaran. Pada tahun 1995, ia memulai usahanya bersama sang suami dengan menjajakan tahu bakso buatannya ke kantin kantor – kantor di Unggaran dan Semarang. Karena banyak yang menyukai jajanan ringan ini, Bu Pudji akhirnya menjadikan tahu bakso sebagai ladang bisnisnya dan hingga saat ini tahu bakso dengan mudah dijumpai diberbagai toko oleh - oleh khas KotaSemarang terutama di sepanjang Jalan Pandanaran.

3. Mochi / Moaci Gemini

Kue mochi yang biasanya dikenal berasal dari negeri seberang ini ternyata bisa menjadi oleh - oleh khas Semarang. Mochi atau moaci yang populer adalah moaci gemini yang terletak di Jalan Kentangan Barat 101, Semarang.

Moaci terbuat dari adonan tepung ketan yang di dalamnya berisi aneka kacang cincang dan gula merah. Tampilannya yang bulat kecil - kecil dan kenyal dengan taburan wijen seperti onde – onde akan menggoda siapa pun yang melihatnya buat mencicipi. Moaci gemini dibuat tanpa bahan pengawet namun mampu tahan sampai satu minggu.

4. Bandeng Juwana

Penggemar olahan ikan laut wajib mampir ke Bandeng Juwana Erlina yang beralamat di Jalan Pandanaran 57 dan Jalan Pamularsih 70, Semarang. Di sini anda dapat menikmati aneka olahan ikan bandeng nan lezat dan penuh gizi. Beberapa olahan bandeng yang bisa anda bawa pulang di antaranya adalah bandeng duri lunak, bandeng asap dan otak - otak bandeng.

Selain bandeng yang bisa dibawa pulang, Anda juga dapat menikmati sajian khas Bandeng Juwana Erlina di warung – warung makannya yang terletak di lantai 2 sambil bisa mencicipi sate bandeng, bandeng tauco dan juga gudeg bandeng.

5. Wingko Babat

Wingko babat memang bukan jajanan khas Semarang, namun berasal dari sebuah kecamatan di Lamongan yaitu Babat. Jajanan berbentuk bulat dalam berbagai ukuran ini memiliki rasa gurih, legit dan manis ini banyak dicari oleh wisatawan yang datang ke Semarang. Perpaduan rasa yang dihasilkan dari kelapa muda pilihan dan gula pasir lalu dipanggang menjadikan wingko memiliki rasa khas yang patut dicicipi.

Salah satu wingko yang populer di Semarang adalah wingko babat cap kereta api yang berlokasi di Jalan Cenderawasih 14, Semarang. Dari sini lah wingko mulai dikenalkan kepada warga setempat oleh Nyonya Mulyono yang berasal dari Babat dan menetap di Semarang. Awalnya wingko dijual di sekitaran Stasiun Tawang saja, dimana hal ini pula yang menjadi alasan penamaan wingko dagangannya di masa depan.

6. Brillian Super Cake

Roti brillian atau brillian super cake menjadi oleh - oleh khas Semarang baru – baru saja, namun sudah banyak diburu oleh wisatawan. Roti ini bisa anda temukan di Istana Brillian yang berlokasi di Jalan Simpang Lima Kota Semarang. Roti brillian dibuat dari bahan pilihan dengan mengembangkan resep kuno yang masih terjaga keasliannya hingga saat ini. Nikmati beragam varian rasanya yaitu mulai dari keju, coklat, almond dan kismis. Roti ini bisa tahan berhari - hari karena proses pengemasannya yang baik sehingga tak akan bisa berubah rasa meskipun anda bawa pulang ke rumah.

Apakah anda masih bingung ingin   membeli apa sebagai oleh – oleh buat keluarga di rumah ? Datang saja ke Kampoeng Semarang yang terletak di Jalan Raya Kaligawe No. 96. Dengan tagline ‘One Stop Leasure’, Kampoeng Semarang sudah lama menjadi lokasi yang pas untuk berburu wisata kuliner.

 

Tags Kuliner

About The Author

Nila 43
Pena

Nila

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel