Kenali Nori, Rumput Laut Lembaran Dari Jepang

10 Jan 2017 00:12 304 Hits 0 Comments

Di Indonesia paling sering nori dijumpai dalam sajian Jepang seperti sushi. Nori kerap dimanfaatkan sebagai pembungkus nasi sushi. Nori juga merupakan bagian terpenting pada hampir setiap masakan khas Jepang.

Nori merupakan salah satu hidangan khas orang Jepang yang terbuat dari rumput laut khas budidaya ala petani di Jepang namun saat ini sudah banyak dikembangkan di Indonesia. Nori ini berbentuk lembaran – lembaran tipis berwarna hijau kusam seperti kertas plastik dan dapat disantap begitu saja sebagai camilan sehat buat anak – anak atau dipadukan ke dalam berbagai makanan khas Jepang.

Di Indonesia paling sering nori dijumpai dalam sajian Jepang seperti sushi. Nori kerap dimanfaatkan sebagai pembungkus nasi sushi. Nori juga merupakan bagian terpenting pada hampir setiap masakan khas Jepang.

Di pasaran internasional, nori biasa tersedia dalam kemasan – kemasan kering dan menarik ataupun masih dalam keadaan basah tetapi di Indonesia ini masih jarang dijual. Nori basah rasanya lebih lezat untuk dicampurkan ke dalam masakan China / Jepang yang berkuah, sedangkan nori kering cocok untuk camilan anak – anak ataupun sushi.

Perlu anda ketahui bahwa nori ini sangat rentan rusak atau pecah – pecah jika kemasannya sudah terbuka sehingga mudah lembek. Nori akan cepat basi dan kualitasnya memburuk. Maka dari itu saat anda hendak membeli nori siap pakai di mall – mall, pilihlah dengan teliti dimana biasanya nori yang berkualitas bagus adalah dilihat dari jenis dan ukuran yang dibutuhkan. Dengan bisa mengenal nori yang berkualitas bagus seperti buatan orang Jepang, anda bisa menghemat uang apalagi jika hendak membeli nori dalam jumlah besar untuk keperluan bahan baku resto Jepang yang akan anda kelola. Tipsnya adalah, beli nori dengan kemasan yang paling kecil, semisal isi hanya 10 lembar saja dan tersedia banyak di supermarket, agar penggunaanya sesuai dengan kebutuhan, jika dirasa kurang anda bisa membeli kembali beberapa bungkus. Demikian yang kami sarankan, dilansir dari Makemysushi, Selasa (30/6/2015).

Nori merupakan salah satu makanan khas Jepang yang berasal dari rumput laut. Nori saat ini menjadi makanan pokok sehari - hari di Jepang sebagai bahan pelezat beberapa masakan atau bahan utama pendamping makanan berupa sushi. Hal tersebut disebabkan karena nori menjadi  salah satu sumber nutrisi dan vitamin yang sangat berguna bagi tubuh meskipun rasanya unik untuk sebuah makanan di Indonesia, seperti sayuran yang diolah dengan proses pengeringan dan menggunakan bumbu - bumbu tertentu.

Teknik Pembuatan Nori Dan Bahan – Bahannya

Untuk mampu membuat nori yang lezat ala Jepang, membutuhkan bahan baku dari rumput laut segar atau alga dari famili porphyra. Biasanya jenis alga polphyra ini digunakan yang terbagus yaitu porphyra pseudolinearis ueda dan porphyra yezoensis ueda. Kemudian pelajari teknik pembuatan nori sendiri mirip dengan pembuatan kertas plastik. Prosesnya dimulai dari perendaman alga yang sudah dibersihkan ke dalam cuka beras atau rice vinegar agar menjadikan alga agak lunak. Setelah itu alga atau rumput laut dipotong kecil - kecil sekitar 2 cm lalu cuci bersih sekali lagi dengan air panas. Mulailah proses perebusan rumput laut yang sudah dipotong - potong tadi dalam air dengan suhu sekitar 90 derajat celcius. Air rebusan tadi sudah dicampuri bumbu - bumbu seperti kecap, minyak wijen, gula, mirin atau jenis cuka beras, penyedap dan juga ikan teri sebagai perisa ikan. Rumput laut direbus sekitar 3 jam. Kemudian proses pengeringan dilakukan sudah dalam bentuk lembaran - lembaran dengan melakukan penggilingan. Setelah kering rumput laut tadi sudah menjadi nori yang berbentuk lembaran seperti kertas. Biasanya per lembar nori rata – rata seberat 3 gram, meskipun warna bukan sebagai indikasi utama kualitas nori adalah sempurna, tapi kebanyakan nori berkualitas baik adalah berwarna hijau tua gelap kehitam - hitaman, sedangkan nori yang kurang baik memiliki warna hijau sampai hijau muda.

Wakame, Rumput Laut Paling Terkenal di Jepang (Bergizi Tinggi)

Penggunaan rumput laut saat ini sebagai bahan masakan mungkin kurang umum dilakukan di Indonesia. Namun, beberapa negara di Asia banyak memanfaatkan rumput laut dalam mengolah makanan mereka contohnya di Jepang yang rumput lautnya dikenal dengan sebutan wakame. Rasa yang gurih, merupakan salah satu alasan masyarakat Jepang suka mengonsumsi rumput laut. Selain itu kandungan protein yang tinggi menyebabkan wakame sering dijadikan sebagai bahan pengganti sumber protein hewani bagi mereka yang suka makan sayur / vegetarian. Banyak olahan makanan khas Jepang yang menggunakan rumput laut sebagai pelengkap atau sebagai bahan utama pembuatan masakan Jepang. Wakame merupakan satu bahan yang wajib digunakan ketika membuat sup Jepang / masakan berkuah ala orang Thailand dan China yang cukup populer dan terkenal yakni sup miso. 

Demikian kami menjelaskan semoga bermanfaat !

 

Tags Kuliner

About The Author

Nila 51
Bolpoint

Nila

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel