Segarnya Salad Rumput Laut

10 Jan 2017 03:16 1520 Hits 0 Comments
Sajian yang multifungsi bernama salad saat ini banyak digemari oleh wanita karir atau setiap orang yang suka beraktifitas di luar rumah karena makanan ini sebagian besar terbuat dari sayur – mayur dan buah – buahan segar bermanfaat luarbiasa besar bagi menjaga kesehatan kulit dan kesuburan rambut.

Sajian yang multifungsi bernama salad saat ini banyak digemari oleh wanita karir atau setiap orang yang suka beraktifitas di luar rumah karena makanan ini sebagian besar terbuat dari sayur – mayur dan buah – buahan segar bermanfaat luarbiasa besar bagi menjaga kesehatan kulit dan kesuburan rambut. Bisa juga diberikan kepada anak – anak sebagai camilan segar tetapi harus dikreasikan dengan menambahkan bahan – bahan lainnya berupa es krim, roti, susu atau baluran saos madu yang berasa segar dan manis.

Sekedar informasi, saat ini tersedia salad segar yang dibuat dari rumput laut, dimana diketahui bahwa rasa rumput laut segar pada salad membantu membentuk rasa gurih seperti halnya aneka snack yang selalu menjadi favorit buat anak - anak dan juga orang dewasa. Rasanya yang gurih dan khas ini mampu menggoda lidah penikmatnya, dan mungkin si kecil langsung menyukai bahkan akan minta berkali – kali kepada anda atau dilain waktu bisa dibuatkan sup rumput laut ketika melihat setumpukan rumput laut segar di dapur yang menghijau dan tampak begitu alami. Jangan khawatir anda tidak bisa mengolahnya ? Berikut kami beri tips untuk mengolah rumput laut ini menjadi sepiring salad rumput laut yang bagus dijadikan sebagai sarapan pagi atau camilan.

Rumput laut merupakan salah satu makanan sehat yang kaya akan kandungan zat antioksidan, mineral, dan dapat membuat anda tampak awet muda. Di Korea dan Jepang, rumput laut biasa dipakai sebagai bahan pembuatan salad, lebih tepatnya rumput laut kering, atau dikenal dengan istilah miyeok, sedangkan di Jepang disebut dengan wakame. Mau coba ? Ikutilah resep yang dilansir oleh rasamalaysia.com berikut di bawah ini :

Bahan – bahan membuat :

  • 30 gram rumput laut kering (miyeok)
  • 1 sdt cabe kering
  • 1 sdt cuka beras
  • 1 sdt kecap manis
  • 1 sdt minyak wijen
  • 1 sdt madu atau gula
  • 1/2 sdt biji wijen putih
  • Garam dan penyedap rasa secukupnya saja

Cara membuat :

  1. Didihkan air. Setelah mendidih, masukkan miyeok ke dalamnya, dan masak selama 3 menit atau hingga miyeok lunak.

  2. Setelah lunak, buang airnya, dan peras miyeok. Sisihkan dan biarkan dingin dalam mangkok bersih.

  3. Tambahkan semua bahan ke dalam miyeok, lalu aduk rata.

  4. Dinginkan dalam lemari es dalam wadah – wadah yang tertutup rapat. Sajikan saat dingin.

Agar mendapatkan kondisi rumput laut yang sempurna, tempatkan rumput laut segar di dalam wadah saringan, bilas dengan air dingin yang mengalir untuk menghilangkan berbagai kotoran yang menempel dari laut. Panaskan air secukupnya dalam panci yang cukup besar untuk menampung rumput laut anda, didihkan. Setelah mendidih, masukkan rumput laut dan masak selama dua menit saja. Di tempat terpisah, siapkan 1 liter air es. Angkat rumput laut, letakkan di wadah saringan lagi dan segera guyur dengan air dingin mengalir, masukkan rumput laut ke dalam air es dan biarkan terendam sekitar lima menit untuk menghentikan proses memasaknya dan memastikan rumput laut tidak terlalu lunak atau matang. Angkat dan tiriskan rumput laut. Nah, sekarang rumput laut anda bisa diolah menjadi berbagai masakan yang diinginkan. Untuk salad tersebut di aats bisa anda tambahkan garnis seperti salmon panggang, telur rebus dan lain sebagainya.

Sangat mudah bukan membuat, bau amis khas rumput laut bisa dinetralkan dengan baluran minyak wijen yang telah ada dalam resep tersebut di atas. Selamat mencoba.

 

Tags Kuliner

About The Author

Nila 56
Bolpoint

Nila

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel