Beberapa Contoh Aplikasi Editing Video Berbayar dan Gratis

28 Dec 2016 10:26 10187 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Berikut adalah beberapa contoh aplikasi untuk mengedit video berbayar maupun gratis.

Banyak dari kita sering melakukan kegiatan merekam video kegiatan pribadi, acara besar, atau event yang memang harus diabadikan. Serta banyak pula orang terkenal gara-gara mengunggah videonya di youtube. Video hasil karya sendiri membutuhkan ruang edit menggunakan software yang berkelas. Edit video yang bagus harus ditunjang dengan software yang bagus pula. Software edit project video yang bagus adalah software yang mengedepankan kelas premium yang akan memaksimalkan kinerja video project anda. Software premium tentunya berbayar, mengapa karena fitur yang disajikan tidak akan itu-itu saja, serta terdapat beberapa fitur unggulan dibandingkan software yang gratisan. 

 

APLIKASI EDITING VIDEO BERBAYAR

Sebelum beranjak pada daftar software, hal yang harus anda perhatikan dalam membeli software edit video premium adalah pastikan software yang akan anda beli tidak rumit untuk digunakan. Tapi kebanyakan  software premium terlalu rumit untuk digunakan oleh seorang pemula. Namun kebanyakan pengguna software premium adalah seorang yang mahir serta berpengalaman menggunakan software yang mainstrem. Untuk itu simak berikut adalah software edit video terbaik untuk profesional 2016.

Corel Video Studio Pro X7

 

videoStudioProX7-304x400.JPG

Aplikasi Edit Video PC : Corel Video Studio Pro X7

Software ini sangat sempurna untuk seorang pembuat film, Corel VideoStudio menyederhanakan alur kerja video editing menjadi proses tiga langkah sederhana. Hanya menangkap, mengedit dan berbagi media Anda dengan mudah. Spesifikasi minimal software ini yaitu Windows XP atau yang lebih baru dengan 2GB RAM dan resolusi minimal 1024 x 768. Harga hanya $ 69.

Dukungan Corel untuk berbagai jenis multimedia memungkinkan Anda mengimpor file dari hampir semua perangkat sehingga Anda dapat menggunakan smartphone atau DSLR tanpa takut ketidakcocokan. Setelah Anda impor media, Anda dapat menggabungkan klip, menambahkan transisi, judul dan filter. Program ini juga menggunakan teknologi grafis Nvidia di samping sendiri mesin Pintar Proxy untuk menawarkan kecepatan pemrosesan yang besar.

Buat video menyenangkan dengan stop-motion dan time-lapse efek yang ditawarkan dalam VideoStudio. VideoStudio Pro X7 mendukung format video umum seperti AVI, MPEG, MOV, WMV, AVCHD dan bahkan klip 4K, tetapi tidak bekerja dengan video 3D. 

 

Adobe Premiere Elements 12

 

1004072.jpg

Aplikasi Edit Video PC : Adobe Premiere Elements 12

Premiere Elements adalah program yang favorit kami yang dapat dijalankan pada Mac maupun PC. Anda memerlukan setidaknya Windows Vista dengan paket layanan terbaru atau Mac OS X v10.6. Setidaknya 2GB RAM diperlukan, bersama dengan 4GB ruang disk dan resolusi 1024 x 768-pixel. Harga hanya $ 69.


Yang paling sederhana dari tiga mode, Cepat memungkinkan Anda membuat perubahan kecil seperti pemangkasan klip dan menambahkan filter. 

Anda dapat bekerja dengan jenis standar video seperti AVI, MPEG, MOV dan WMV serta Adobe sendiri Shockwave Flash (SWF). Namun, tidak ada dukungan untuk 4K video.

 

Cyberlink PowerDirector 12 Deluxe

 

A7187652.jpg

Aplikasi Edit Video PC : PowerDirector 12 Deluxe

Tampilan software yang user friendly membuat siapa saja mudah menggunakan software ini. Pemula atau profesional akan mampu menjalankan software ini dengan baik. Pada program ini ditonjolkan beberapa fitur andalan seperti MultiCam Desaigner yang berguna untuk mengedit dengan mulus beberapa cuplikan video dari camera. Dari segi budget, harga dari software ini hanya kisaran $ 49 artinya lumayan masih terjangkau oleh kantong orang indonesia.  


Menelaah ke dalam segi fitur software ini memiliki tiga mode utama yaitu fitur lengkap editor video, editor mudah serta slidshow pencipta. Adapun sebuah alat tema desaigner memungkinkan seorang pemula dapat mengedit royek dengan cantik hanya dengan hitungan beberapa menit saja. Software ini juga menawarkan lebih dari 300 efek. 


Power director juga bisa bekerja dalam berbagai format file seperti MPEG, FLV, MKV, MOV dan bahkan kurang umum yang termasuk MVC (3D), DAT dan PTK.

 

APLIKASI EDITING VIDEO GRATIS

Meskipun gratis aplikasi atau software disini tidak kalah hebat dengan software edit video permium karena fiturnya yang lengkap dan mampu mengakomodir kebutuhan para editor video pemula 

aplikasi yang akan dibahas disini juga sangat cocok untuk belajar melakukan pengeditan video sebelum akhirnya menggunakan aplikasi edit video premium seperti : Adobe Premiere dan Corel Video Studio.

Blender

Image result for blender editing video

Aplikasi Edit Video PC : Blender

Blender pada dasarnya merupakan aplikasi gratis dan opensource yang lebih dikhususkan untuk modeling objetc 3 Dimensi , namun seperti yang dituliskan pada situs resimnya , Blender merupakan Software Editing Video PC yang memiliki banyak sekali fitur didalamnya .

Fitur edit video yang bisa kita manfaatkan melalui aplikasi ini adalah import , potong , pecah dan menggabungkan video , gambar maupun audio . Selain itu Blender juga memiliki fitur rendering yang baik seperti : GPU & CPU rendering , Realtime viewport preview dan HDR lighting support .

Blender juga bisa digunakan sebagai game engine (aplikasi pembuatan game) karena terdapat fitur Game Creation yang mencakup kemampuan seperti :

·         model bisa dipindahkan ke software game engine pihak ke tiga

·         kita bisa membuat logika dan code game kita sendiri

·         Full Bullet Physics integration

·         Python scripting API for advanced control and AI

·         Dukungan penuh OpenGLTM dynamic lighting, toon shading, animated materials termasuk Normal dan Parallax Mapping

·         Game bisa dimainkan didalam software tanpa harus melakukan processing atau compiling terlebih dahulu

·         3D spatial audio menggunakan OpenAL

 

Windows Movie Maker

Related image

Aplikasi Edit Video PC : Movie Maker

Windows Movie Maker yang terakhir kali dikembangkan pada tahun 2014 initernyata masih menjadi primadona bagi para pemula yang hendak melakukan edit video melalui pc khususnya yang menggunakan sistem operasi windows .

Fiturnya sangat lengkap dan mudah digunakan , kita bisa memasukan foto , musik , menggabungkan beberapa vidoe menjadi sebuah video baru dan kita juga bisa memotong sebuah video untuk menyesuaikan durasinya . Selain memiliki fitur yang lengkap ,  Movie Maker juga sangat mudah digunakan kita hanya tinggal click sana dan click sini lalu publish .

Kita bisa menguploadnya langsung ke youtube , vimeo dan beberapa social media seperti facebook secara langsung melalui menu didalam aplikasi Windows Movie maker ini .

Tags

About The Author

Ikhsan 19
Novice

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel

From Ikhsan