Ini Dia Pantangan Makanan untuk Diabetes

5 Dec 2016 10:32 1279 Hits 1 Comments
Memilih asupan makanan merupakan hal yang penting bagi penderita diabetes. Berikut makanan untuk penyakit diabetes yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi.

Seorang penderita diabetes memang diwajibkan untuk memperhatikan apa saja bahan makanan sehari-hari yang ia konsumsi, contohnya ia harus mengkonsumsi beras merah dibandingkan dengan beras putih, makanan untuk diabetes memang tidak sembarangan. Bagi si penderita, memilih asupan makanan merupakan hal yang penting, karena ada kelompok makanan tertentu yang lebih baik dikonsumsi ada pula yang sebaiknya dihindari, dengan demikian si penderita bisa mengontrol gula darah.

 

Sebenarnya, apa itu diabetes? Diabetes merupakan kelainan metabolisme dimana terdapat kenaikan gula darah. Kenaikan gula darah ini terjadi karena tubuh tidak bisa memproduksi insulin atau sel di tubuh sehingga kurang peka terhadap insulin. Padahal insulin merupakan hormon yang berperan penting untuk mengontrol kadar gula di dalam darah. Gejala yang bisa terjadi pada penderita diabetes seperti mudah lelah, cepat lapar, buang air kecil berlebihan, cepat haus hingga penglihatan menjadi kabur. Pengaturan asupan makanan merupakan penanganan pada penderita selain pemberian obat dan latihan jasmani.

 

Berikut makanan untuk penyakit diabetes yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi, antara lain:

 
  1. Karbohidrat. Tubuh kita memang memerlukan karbohidrat untuk tambahan tenaga, namun kita harus menghindari pengonsumsian karbohidrat yang berupa roti putih, nasi putih dan kentang goreng. Hindari sereal yang memiliki kandungan banyak gula namun sedikit serat,

  2. Protein. Pantangan lain ialah daging yang digoreng, ikan goreng, tahu goreng dan keju. Penderita diabetes dapat memperoleh protein dari dada ayam tanpa kulit,

  3. Produk susu. Sebaiknya hindari mengkonsumsi susu full cream, yoghurt, keju. Namun, penderita tetap bisa mengkonsumsi produk susu seperti yoghurt rendah lemak, keju rendah lemak, susu skim.

 

Banyak yang bertanya, selain makanan apakah minuman juga harus dikurangi? Penderita diabetes lebih baik menghindari minuman kemasan dengan rasa buah, minuman jus yang dicampur dengan gula hingga buah kalengan yang sudah ditambah sirup. Selain buah yang telah ditambah gula juga harus dihindari. Sebagai alternatif, pilih buah yang segar dan jika ingin mengkonsumsi jus buah, pilih jus buah asli yang tidak memiliki pemanis apapun. Penderita diabetes juga harus menghindari minuman teh manis, kopi dengan krim dan minuman bersoda. Selain minuman air putih, penderita bisa mengkonsumsi teh tanpa gula, kopi dengan rendah lemak.

 

Bila penderita diabetes masih mengkonsumsi makanan untuk diabetes yang harusnya di pantang, gula darah bisa mengalami kenaikan, akibat yang dapat terjadi seperti komplikasi, peningkatan resiko penyakit, kerusakan saraf. Penyakit jantung yang bisa diderita seperti serangan jantung, penyempitan pembuluh darah, stroke. Kerusakan saraf bisa menimbulkan gejala kesemutan di ujung jari kaki, hingga nyeri. Rasa ini bisa menyebar ke bagian kaki atas. Jika Anda ingin tetap mengkonsumsi minuman manis, tanpa ke lonjakan gula darah, Anda dapat mengganti gula Anda dengan gula rendah kalori.

  Semoga tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda. Sampai jumpa di tulisan berikutnya.
Tags

About The Author

Harry Wicaksono 24
Pensil

Harry Wicaksono

Simple person, and like a share something

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel