Inilah Cara Mudah Membuat Blog di Blogspot(Blogger)

1 Nov 2016 10:11 2432 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Banyak pemula yang ingin memulai karirnya sebagai seorang blogger tapi tidak ingin mengeluarkan uang sedikit pun untuk membuat blog. Untungnya, sekarang ini ada platform website yang bernama WordPress dan Blogspot(Blogger) yang menyediakan layanan gratis untuk membuat blog.

Cara Membuat di Blogspot-Banyak pemula yang ingin memulai karirnya sebagai seorang blogger tapi tidak ingin mengeluarkan uang sedikit pun untuk membuat blog. Untungnya, sekarang ini ada platform website yang bernama WordPress dan Blogspot(Blogger) yang menyediakan layanan gratis untuk membuat blog . Tentu saja ini merupakan kesempatan emas bagi mereka yang ingin menghasilkan uang dari blog ataupun mereka yang ingin berbagi pendapat dengan orang lain.

Jika pada artikel yang sebelumnya saya telah menjelaskan bagamaina Cara Membuat Blog di WordPress, sekarang saya akan menjelaskan pada kalian bagaimana Cara Membuat Blog di Blogspot(Blogger).

Cara Membuat Blog di Blogspot(Blogger)

1) Silahkan masuk dulu ke halaman website Blogger di -> www.blogger.com. Lalu akan muncul tampilan seperti dibawah ini, Anda tinggal klik "Create Your Blog".

2) Setelah itu akan muncul tampilan seperti ini, disini Anda diminta untuk memasukkan alamat email yang Anda gunakan untuk registrasi blogger ini. Masukkan juga password untuk alamat email Anda, sesudah itu klik Masuk. Ingat yaa, blogger ini hanya bisa menggunakan akun gmail, tidak bisa yang lain.

3) Jika sudah registrasi menggunakan akun gmail milik Anda, akan muncul tampilan seperti ini. Anda diminta untuk memasukkan judul blog Anda, alamat blog, template untuk blog Anda. Untuk alamatnya pastikan yang tersedia dan untuk template blog Anda masih bisa merubahnya nanti, tetapi Anda pilih saja salah satu yang menurut Anda bagus dan sesuai. Jika sudah, Anda klik "Buat Blog".

4) Setelah itu akan muncul tampilan seperti dibawah ini, pada tahap ini Blog Anda sudah berhasil dibuat akan tetapi belum ada artikel (postingan) yang mengisi blog Anda. Anda bisa mulai menulis artikel untuk blog Anda dengan mengklik "Entri Baru".

5) Lalu akan muncul tampilan seperti ini, ini disebut halaman penulisan.

Keterangan :
1) Diisi dengan judul artikel(postingan) Anda.
2) Tempat untuk menulis konten artikel Anda.
3) Untuk mengatur gaya tulisan, insert gambar, embed video, dll.
4) Untuk artikel Anda, seperti pengkategorian artikel, jadwal tayang artikel Anda, dll.
5) Kolom yang berisi tombol-tombol aksi, seperti tombol untuk mempublikasikan artikel Anda, menyimpan artikel, dll.

Jika Anda sudah selesai menuliskan konten untuk artikel Anda, Anda bisa klik "Publikasikan".
 

6) Setelah di klik "Publikasikan" maka akan muncul tampilan seperti ini. Jika Anda ingin membagikan artikel Anda ke orang lain menggunakan akun Google+, Anda bisa klik "Bagikan" tetapi jika tidak Anda tinggal klik "Batal".

7) Jika sudah di publikasikan artikelnya, akan muncul tampilan seperti ini. Disini ada daftar artikel yang sudah kita tulis. Jika Anda ingin melihat langsung blog Anda, tinggal klik "Lihat Blog".

8) Setelah di klik "Lihat Blog", maka Anda akan langsung memasuki halaman blog Anda. Disitu ada artikel yang Anda publikasikan sebelumnya.

 

Bagaimana? Mudah bukan? Anda bisa membuat blog lagi sesuai dengan yang Anda inginkan, cara-caranya tidak sulit. Anda hanya tinggal mengikuti arahannya saja. Sekian tutorial Cara Membuat Blog di Blogspot(Blogger), semoga tutorial ini dapat membantu Anda dan bermanfaat juga. Terimakasih.

Tags Tutorial

About The Author

Ryan 27
Pena

Ryan

Seorang manusia yang masih belajar, haus akan pengalaman

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel