Inilah Fakta Menarik Tentang MotoGP Yang Belum Kamu Ketahui !

20 Oct 2016 10:08 5077 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Dibalik serunya gelaran MotoGP, ada beberapa fakta menarik yang belum kamu ketahui, apa saja fakta menarik dibalik gelaran MotoGP ?

MotoGP atau Grand Prix Sepeda Motor yang mengacu pada kelas puncak dari balap motor, saat ini terbagi dalam tiga kelas mesin yang berbeda, yaitu Moto3, Moto2 dan MotoGP. Motor-motor yang digunakan di MotoGP adalah motor yang dibuat khusus untuk balapan dan tidak diperjual belikan untuk umum. Hal ini berlawanan dengan beberapa balapan kategori produksi, seperti World Superbike yang melombakan versi modifikasi dari motor-motor yang tersedia untuk umum. 

Kejuaraan bergengsi ini sangat ditunggu-tunggu aksinya oleh masyarakat dunia, ada beberapa fakta menarik tentang MotoGP yang perlu Sobat Plimbi ketahui, berikut Fakta Menarik Tentang MotoGP Yang Belum Kamu Ketahui  :

  1. Para Pembalap Berada di Luar Negeri Selama Hampir Setengah Tahun Lebih Tiap Musimnya

    Inilah Fakta Menarik Tentang MotoGP Yang Belum Kamu Ketahui !
    Musim MotoGP biasanya berlangsung selama kurang lebih sembilan bulan, dari Maret hingga November, jadi memang tidak ada waktu istirahat bagi mereka. Mereka bisa berada di luar negeri kurang lebih hingga 180 hari tiap tahunnya. Bradley Smith, salah satu pembalap Yamaha di Tim Monster Tech3 mengaku bahwa tempat yang menurutnya paling oke adalah di Kuala Lumpur, Malaysia karena dekat dengan ikonik dari Negeri Jiran tersebut yaitu gedung kembar, Petronas.
     
  2. Para Pembalap Rata-rata Melaju Hingga Kecepatan 100 MPH Atau Sekitar 160 km/jam Setiap Balapan

    Inilah Fakta Menarik Tentang MotoGP Yang Belum Kamu Ketahui !

    Motor balap biasanya memiliki kecepatan 250 kali kekuatan kuda, yang mana lebih cepat daripada mobil. Namun karena hanya memiliki dua roda tentu saja membuat motor menjadi lebih berisiko untuk jatuh. Para pembalap mengatakan bahwa mereka hanya membutuhkan waktu 2,6 detik saja dari 0-97 km/jam. Jika ditambah dengan latihan dan sesi kualifikasi, pembalap bisa menempuh hingga 350 km. Itu berarti sekitar 6.440 km dalam setahun.

  3. Detak Jantung Para Pembalap Bisa Mencapai 190 Kali/Menit

    Inilah Fakta Menarik Tentang MotoGP Yang Belum Kamu Ketahui !
    Saat sedang dalam race, detak jantuk para pembalap bisa mencapai 190 kali/menit, padahal rata-rata detak jantung orang normal sekitar 70 detak/menit. Valentino Rossi dikenal sebagai pembalap yang bisa mengontrol detak jatungnya bisa tetap di bawah 100 detak/menit. Hal ini dikatakan oleh Dr Claudio Costa, dokter asal Italia yang menghabiskan waktunya selama 30 tahun di area balap, ia mengatakan bahwa detak jantung Valentino Rossi tiap menitnya sangat pelan seperti anak kecil yang sedang bermain.

  4. Satu Motor Beratnya Dua Kali Lebih Berat Dari Berat Orang Dewasa

    Inilah Fakta Menarik Tentang MotoGP Yang Belum Kamu Ketahui !

    Berat satu motor balap kira-kira adalah 160 kg jadi memang cukup berat untuk dibawa kemana-mana. Para pembalap diharuskan untuk pergi ke gym agar otot, lengan, pundak hingga punggung mereka bisa dilatih untuk mengendalikan motor balapan mereka. 

  5. Para Pembalap Bisa Menghasilkan 2 Liter Keringat Setiap Kali Balapan

    Inilah Fakta Menarik Tentang MotoGP Yang Belum Kamu Ketahui !

    Pengamat balapan menilai bahwa kombinasi dari kerja fisik dan otak membuat cabang olahraga ini lebih melelahkan daripada olahraga yang lainnya. Lebih-lebih jika sirkuit balapan berada di daerah panas seperti Malaysia atau Jepang yang punya tingkat kelembaban hingga 70%, dalam hal ini biasanya akan menambah beban stress pebalap. 

    Dehidrasi bisa menyebabkan respons jadi lambat, sehingga baju balap dan helm dirancang memiliki sistem ventilasi agar pembalap tidak cepat kehilangan cairan tubuh. Baju balap juga dirancang agar bisa membawa botol minuman yang disambungkan ke helm agar bisa diminum saat balapan.

  6. Pakaian Dari Kulit Kanguru

    Inilah Fakta Menarik Tentang MotoGP Yang Belum Kamu Ketahui !

    Baju yang digunakan oleh seorang pembalap terbuat dari kulit kanguru, pemilihan kulit kanguru disebabkan karena karena kulit kanguru dinilai lebih ringan, fleksibel dan lebih kuat untuk dipakai.
  7. Kemampuan Otak Para Pembalap

    Inilah Fakta Menarik Tentang MotoGP Yang Belum Kamu Ketahui !

    Kemampuan otak para pembalap dinlai lebih rumit, Karena para dua bagian otak pebalap yang berkembang dengan baik adalah bagian visual korteks (bagian yang menafsirkan informasi seperti persepsi gerak dan jarak), dan otak kecil (bagian vital untuk koordinasi, keseimbangan dan presisi).
     
  8. Keadaan Motor Balap Seperti Komputer Besar

    Inilah Fakta Menarik Tentang MotoGP Yang Belum Kamu Ketahui !

    Kurang lebih ada sekitar 500 data yang tersimpan di motor agar bisa membantu tim untuk bisa menganalisis keadaan motor di area balap. 
  9. Para Pembalap Menggunakan Pelindung Yang Ekstra

    Inilah Fakta Menarik Tentang MotoGP Yang Belum Kamu Ketahui !

    Pakaian pebalap harus memberikan perlindungan yang ekstra pada pebalap ketika terjatuh dari motor dengan kecepatan tinggi. Jadi memang harus ada perlindungan yang baik di area bahu, siku, lengan, sarung tangan, jari-jari dan di sekitar telapak tangan. Para pembalap mengatakan bahwa mereka juga memiliki pelindung dada, punggung, pinggul, tulang kering, dan perlindungan lutut yang lebih lengkap daripada yang dimiliki oleh seorang Iron Man.
     
  10. Para Pembalap Harus Mengatasi Trauma Dengan Cepat

    Inilah Fakta Menarik Tentang MotoGP Yang Belum Kamu Ketahui !
    Bradley Smith mengaku bahwa pembalap harus bisa menghilangkan rasa trauma, apalagi ketika jatuh dengan cepat. Pembalap harus bisa melupakan kecelakaan dalam pikiran karena bisa membuatnya sulit untuk mendapat kecepatan terbaik ketika harus ikut balapan lagi. Jadi harus bisa memulai balapan dengan pikiran yang jernih.

Berikut beberapa ulasan tentang Inilah Fakta Menarik Tentang MotoGP Yang Belum Kamu Ketahui ! semoga dengan membaca artikel ini Sobat Plimbi bisa mengetahui bagaimana rumit dan beresikonya gelaran MotoGP. Akhir kata Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat.

 

Tags Otomotif

About The Author

Syamsul Ma'arief 35
Ordinary

Syamsul Ma'arief

Graphic Designer - Keep Farmed and Carry Hard.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel