Benarkah Bumi Itu Datar? Inilah Fakta-fakta Kontroversi yang Menyatakan Bahwa Bumi Itu Datar

11 Oct 2016 11:32 3836 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Apakah benar bumi yang kita tempati itu bentuknya datar?

Menurut sejarah, bentuk bumi yang kita tempati ini bulat seperti bola. Tetapi ada sebuah organisasi yang menamakan dirinya "Flat Earth Society" mengemukakan teori bahwa bumi kita itu bentuknya datar. Hal ini tentu sangat bertentangan dengan fakta ilmiah yang menunjukkan bahwa bumi itu bulat.

Berikut adalah Fakta-fakta Kontroversial yang Menyatakan Bahwa Bumi Itu Datar.

1) Foto Bumi Bulat hanya Rekayasa CGI

Sumber Gambar via www.nasa.gov

Sebelumnya saya akan menjelaskan sedikit tentang CGI. CGI (Computer Graphic Image) adalah penerapan bidang komputer grafis, atau lebih khusus, grafis 3D komputer untuk efek khusus dalam film, program televisi, komersial, simulator dan simulasi umumnya, dan media cetak.

Jika kita mencari gambar bumi di google, gambar bumi berbentuk bulat yang muncul adalah buatan komputer (CGI). Tapi berasal dari manakah bumi ini dibuat? Faktanya gambar-gambar ini diambil dari fotografi satelit NASA. Jadi gambar buatan komputer (CGI) ini dibuat berdasarkan hasil-hasil fotorgrafi satelit luar angkasa milik NASA yang digabungkan menjadi satu.

Kenapa perlu di gabungkan menjadi satu? Karena bumi ini ukurannya besar dan satelit NASA tidak bisa pergi terlalu jauh untuk mengambil satu gambar bumi penuh. Contohnya saja jika kita ingin memotret suatu objek yang ukurannya cukup besar, pasti kita memerlukan jarak yang cukup untuk bisa mengambil satu gambar yang utuh dari objek tersebut. Tapi bagaimana jika jarak yang bisa kita peroleh itu terbatas, tentu kita akan mengambil beberapa foto untuk digabungkan dan dijadikan satu foto.

 

2) Roket Tidak Pernah Terbang Vertikal

Sumber Gambar via www.infoastronomy.org

Ada benarnya juga tentang fakta ini, akan tetapi ada alasan khusus kenapa roket tidak terbang secara vertikal. Jika bumi itu berbentuk bulat maka bumi itu mengalami yang namanya rotasi dan revolusi, rotasi bumi lah yang membuat roket yang terbang itu terlihat melengkung. Ketika bumi berotasi, roket yang terbang itu membuat titik pengamatan kita semakin jauh dan asap yang dihasilkan oleh roket itu terpengaruh oleh atsmosfer yang juga ikut berotasi sehingga menyebabkan asap roket itu terlihat melengkung dan roket itu terlihat seperti akan jatuh kembali ke permukaan bumi.

Jadi, pada saat roket terbang menjauh dari permukaan bumi pengaruh gravitasi bumi terhadap roket tersebut berkurang dan roket itu tidak terbawa oleh rotasi bumi. Sedangkan kita yang terpengaruh oleh gravitasi dan rotasi bumi pasti akan melihat roket itu terbang melekung.

3) Satelit Hanyalah Kebohongan NASA

Sumber Gambar via earthobservatory.nasa.gov

Menurut mereka yang percaya bahwa bumi itu datar, satelit itu hanyalah kebohongan dari NASA. Tetapi sekarang setidaknya ada 1.381 satelit di angkasa. Tidak semua foto satelit itu hasil CGI, masih banyak foto satelit yang real.

Lalu kenapa tidak ada satupun satelit yang bisa dilihat langsung? Itu karena ukuran satelit itu kecil, jika kita melihatnya menggunakan teleskop tentu bisa tetapi tidak sejelas kita melihat bulan menggunakan teleskop. Ukuran bulan dengan satelit itu berbeda, jadi wajar saja jika tidak bisa terlihat dengan mata telanjang.

 

4) GPS Tidak Menggunakan Satelit

Dalam video tersebut, Google menyatakan bahwa GPS tidak menggunakan satelit pada fitur My Location(Beta) di aplikasi Google Maps. Jadi handphone hanya akan mengakses melalui tower sinyal telepon saja, tanpa menggunakan satelit. Tetapi bagamaina jika kita ingin menunjukkan suatu tempat yang sangat jauh?

Google Map tentu saja menggunakan GPS dan satelit, dari satelit yang dimiliki oleh Google ini kita bisa dengan mudah mengakses Google Map dan Google Earth. Data dari satelit luar angkasa milik Google akan dikirimkan ke setiap menara kontrol atau tower yang ada di bumi. Jadi tower yang ada di bumi ini berfungsi sebagai media penyimpanan agar lebih mudah diakses oleh pengguna.

 

Tentu saja hal ini membuat bingung setiap orang, mereka yang asalnya percaya bahwa bumi itu bulat pun menjadi ragu. Sebenarnya kita belum mengetahui siapakah yang benar disini, apakah bumi itu datar atau atau bulat. Tetapi bila melihat fakta-fakta yang sudah ada terlihat jelas bahwa bumi ini bentuknya bulat, sangat kecil kemungkinannya jika bumi itu datar.

Tags

About The Author

Ryan 31
Ordinary

Ryan

Seorang manusia yang masih belajar, haus akan pengalaman

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel