Cara Memasak Sayur Kangkung Saus Tiram

6 Sep 2016 16:57 2732 Hits 1 Comments
Sayur kangkung merupakan makanan yang sering kita jumpai di indonesia, kali ini saya akan mengulas tentang cara memasak sayur kangkung dengan bumbu saus tiram

Sayuran memiliki kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Namun, tidak semua orang menyukai sayuran dan salah satu cara agar dapat mengkonsumsinya dengan enak adalah dengan memasaknya. Misalnya kangkung, sayuran ini bisa dengan mudah Anda temukan. Sayur kangkung dapat dimakan mentah namun biasanya lebih sering dimasak menjadi ca kangkung. Cara memasak sayur kangkung pada dasarnya di setiap daerah hampir sama dan tidak heran jika beberapa melakukan modifikasi agar ca kangkung tetap enak misalnya dengan menambahkan saus tiram.

Saus tiram atau yang disebut juga dengan hao you merupakan saus kental yang berwarna agak kehitaman. Saus ini biasanya digunakan untuk masakan Tionghoa atau Cina dan terbuat dari bahan dasar tiram sehingga memiliki rasa asin dan gurih. Ketika Anda memasak ca kangkung saus tiram, sebaiknya kurangi penggunaan garam karena saus tiram sudah memiliki rasa asin, terutama bagi Anda yang menderita penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Sebelum memulai memasak, siapkan bahan yang diperlukan yaitu:

-    Kangkung segar 1 ikat, cuci dan potong,
-    Terasi udang ¼ sdm,
-    Cabe rawit hijau 5 buah dan dipotong,
-    Cabe merah besar 2 buah, potong menyerang,
-    Kemiri 2 butir, sangrai,
-    Lengkuas 2 cm, memarkan,
-    Bawang merah 3 buah,
-    Bawang putih 2 siung,
-    Tomat, potong sesuai selera Anda,
-    Saus tiram 3 sdm,
-    Garam,
-    Gula pasir,
-    Penyedap rasa,
-    Air dan minyak.

Cara memasak sayur kangkung saus tiram yaitu:

1.    Haluskan kemiri bawang merah dan bawang putih.
2.    Siapkan wajan dan panaskan minyak lalu tumis bumbu halus hingga harum.
3.    Masukkan cabe rawit, cabe merah, lengkuas dan aduk hingga layu.
4.    Tambahkan sedikit air lalu diamkan hingga mendidih.
5.    Masukkan kangkung lalu aduk hingga setengah matang.
6.    Tambahkan gula, garam, penyedap rasa secukupnya serta tomat. Aduk merata. Penambahan tomat di akhir dimaksudkan agar tomat tidak terlalu lembek saat ca kangkung saus tiram matang.
7.    Tunggu hingga matang dan hidangkan. Taburi bawang goreng agar lebih enak.

Nah dengan demikian anda bisa menghidangkan makanan istimewa buatan anda sendiri untuk keluarga, teman atau mungkin pacar anda sendiri atau bisa juga untuk kedua orang tua dan adik atau kakak anda. Nantikan ulasan resep yang saya punya, akan saya update terus di plimbi :) bagi anda yang sudah mencoba resep yang saya ulas ini jangan lupa untuk memberikan komentar tentang resep yang saya tulis ini yak. Dan bagi anda yang mempunyai resep lain untuk makanan berbahan dasar kangkung ini anda juga bisa memberikan tambahan resep anda dengan menuliskan rese panda di dalam kolom komentar yang ada di bawah yak :)

Tags Kuliner

About The Author

dwiandika 17
Novice

dwiandika

seorang penulis yang pengen bikin novel
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel