Biasakan 5 Tradisi ini di Keluarga Anda

31 Aug 2016 19:40 4869 Hits 0 Comments
Dalam tradisi keluarga hanya membutuhkan inisiatif dan sedikit kreatifitas, tentu tidak ada aturan baku dalam menciptakannya. Hal terpenting adalah, melakukannya dengan rutin dan menyenangkan.

Berbicara tentang tradisi keluarga tidak selalu perihal budaya turun-temurun dalam keluarga kok. Dalam arti luas bisa diartikan sebagai segala hal yang dilakukan bersama untuk meningkatkan harmonisasi kekeluargaan. 

Terlebih di era saat ini yang mana teknologi serasa tak bisa lepas, sudah tentu kehangatan dan kedekatan dalam keluarga serasa berkurang. Oleh karena itu diperlukan aktivitas bonding dalam keluarga, terlebih untuk anak yang mana kita ketahui bahwa keluarga adalah hal pertama yang mereka jumpai dan tentu akan mempengaruhi mental dan sikap mereka.

Lalu bagaimana sih agar keluarga kita lebih harmonis? Inilah 5 tradisi yang sebaiknya dibiasakan dalam keluarga :

1. Salam dan peluk hangat

Untuk para ayah yang pulang setelah seharian bekerja mulailah untuk membiasakan tradisi mengucapkan salam dan memberi pelukan hangat untuk anak di rumah. Salam yang diucapkan tidak melulu harus itu-itu saja kok, bisa dengan salam sapaan konyol untuk sekedar membuat anak tersenyum akan sangat baik untuk menghangatkan suasana dan meningkatkan keceriaan keluarga.

2. Makan bersama

Tradisi makan bersama ini sudah mulai kita tinggalkan, saat ini sering kita jumpai para anggota keluarga yang seolah memiliki spot area mereka masing-masing. misalnya pada anak yang lebih senang menghabiskan waktunya di kamar dan asyik dengan gadgetnya lalu dia pun akan makan di kamarnya, atau mungkin si ibu yang senang menghabiskan waktu di ruang tengah sembari menonton sinetron favoritnya dan juga makan di tempat yang sama. Hal ini yang tanpa kita sadari semakin memberi jarak dalam keluarga kita. Maka dari itu perlu kita ciptakan kembali tradisi makan bersama, entah itu saat sarapan atau makan malam, manapun yang memungkinkan.

3. Family night

Satu malam dalam seminggu, sempatkanlah untuk menghabiskan malam itu dengan keluarga kita. Tidak melulu harus jalan-jalan atau makan di luar rumah, kita juga bisa melakukan kegiatan masak bersama, ajaklah anak-anak memutuskan menu untuk dinikmati bersama dengan menjadikan mereka sebagai kokinya.

4. Sunday morning in bed

Siapa sih yang tidak suka leyeh-leyeh di kasur pada minggu pagi? tidak ada salahnya jika kita menambahkan hal ini sebagai tradisi keluarga kita, hangatnya kekeluargaan lebih terasa ketika kita menghabiskan minggu pagi diatas kasur bersama anak-anak. Akan lebih sempurna apabila ditemani dengan kopi, teh, dan cookies.

5. Foto keluarga tahunan

Jangan lewatkan perubahan tumbuh kembang fisik dari anak-anak. sempatkanlah untuk melakukan foto keluarga walau hanya setahun sekali, dengan tema yang berbeda setiap tahunnya tentu akan sangat menyenangkan untuk dilakukan.

 

Udah terlintas belum tradisi apa aja yang mau diterapin di keluarga? atau mungkin para ayah bunda sudah punya tradisinya masing-masing? stay positive ya, semoga keluarga kalian ceria dan harmonis.

Tags

About The Author

Fikri Ardian 28
Novice

Fikri Ardian

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang. Healthy lifestyle & Gym addict
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel