Diet = tidak makan ?

28 Aug 2016 20:03 1992 Hits 0 Comments

Terakhir, yang paling penting dari semua kebutuhan menu diatas adalah CARA MENGOLAH. Buat ngejaga pola diet tentu harus diimbangi dengan cara pengolahan yang bener, gak akan ada artinya ketika kita memilih konsumsi dada ayam tapi temannya adalah sayur santen atau mungkin lalapan ditambah sambel dan nasi putih segunung, fuuhh ngilerr sih tapi tentu gak akan sehat karna berlebihan, kalian tetep boleh kok konsumsi makanan enak yang memanjakan lidah tapi inget batesannya yaaa, semua yang berlebihan itu gak baik loh.

Untuk sekarang itu dulu yang Fikri tulis kali ini, update terus yaa buat tulisan-tulisan Fikri selanjutnyaa, thankss :D

     Diet = tidak makan? mindset ini kayaknya udah ngisi fikiran kebanyakan orang selama ini yang akhirnya bikin banyak orang ngerasa diet adalah hal sia-sia karna gak ada hasilnya. Jadi, disini saya bakal lurusin definisi diet yang sebenernya, arti dari kata diet adalah 'makan', berarti sudah tentu salah besar kalo kita diet tapi malah gak makan. diet yang benar adalah mengatur pola makan, "aahh pasti ribet kalo makan harus pilih-pilih" eittss, kata siapa, mengatur pola makan bukan berarti jadi suci terhadap makanan kok, saya bakal kasih tips-tips mengenai seputaran pola hidup sehat yang salah satunya adalah perihal diet, makanya updaate terus ya tulisan saya hehee.

 

Jadi gini, yang harus diperhatiin dari mengatur pola makan adalah dalam konsumsi kita sehari-hari harus mengandung cukup karbohidrat, protein, lemak, mineral, dan vitamin. yaa, bahkan saya sebutin lemak, unik yaa tubuh kita, untuk membuang lemak berlebih justru kita harus memasukkan lemak.

Baiklah pertama-tama kita mulai dari pilihan menu konsumsi , mulai dari Karbohidrat, kebanyakan dari kita memilih nasi putih sebagai menu karbohidrat kan, padahal nasi putih adalah karbohidrat sederhana yang hanya mengandung murni karbo dan gula. artinya, kita sebenernya gak butuh-butuh amat ama si nasi putih ini, karna kandungan gulanya cukup tinggi dan sudah tentu akan tidak sehat apabila di konsumsi berlebihan, jadi coba deh ganti menu karbo dengan jenis karbohidrat kompleks yang gak cuma mengandung karbohidrat tapi ada kandungan vitaminnya juga, misalnya nasi merah, roti gandum, oatmeal, makanan-makanan itu gak kalah maknyuss kok dibanding nasi putih. 

Kedua, protein. Tentu sudah banyak tahu kalo protein bisa didapat dari tempe, tahu, kacang-kacangan, sayuran, daging-dagingan, dan banyak lagi. khusus untuk daging prefer pilihlah dada ayam tanpa kulit, karna dada ayam itu murni isinya protein hampir gak ada lemak yang terkandung disitu. nah, kunci dari penurunan berat badan itu ada di protein, cobalah konsumsi banyak protein namun rendah karbohidrat, kombinasi yang mantap untuk pola diet kalian.

Ketiga, lemak. yaa, kita membutuhkan lemak, tentu bukan sembarang lemak, karna ada lemak jahat dan lemak baik, nahh yang akan kita manfaatkan adalah lemak baik. Salah satu fungsi dari lemak baik ini buat ngejaga arteri tetep bersih yang akhirnya bakal ngehasilin kolestrol baik, tentu berperan penting untuk ngejaga kesehatan jantung dan menjaga berat badan. Contoh makanan yang mengandung lemak baik : minyak zaitun, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Keempat, mineral. Tentu udah tau kan kalo tubuh kita sebagian besar diisi dengan air dan mineral, naah makanya mineral jadi salah satu menu terpenting untuk menjaga pola diet kita. mineral gak cuma dari air putih kok, sayur dan buah juga mengandung mineral, tapi yang pasti jangan sampai kurang minum air putih yaa.

Kelima, Vitamin. Mencukupi kebutuhan vitamin buat tubuh kita itu penting banget, selain buat menjaga pola diet juga penting buat ngejaga kesehatan tubuh. Sbanyak banget sumber vitamin yang bisa kita temui, mulai dari sayuran sampai buah, ataupun multivitamin tambahan yang bisa kita beli dalam berbagai merk.

Tags

About The Author

Fikri Ardian 28
Novice

Fikri Ardian

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang. Healthy lifestyle & Gym addict
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel