Mengenal Fungsi Toolbar yang Ada di Author Panel Plimbi

22 Aug 2016 18:22 4728 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Plimbi akan memaparkan fungsi dari toolbar yang ada di author panel Plimbi
Menulis di Plimbi terkadang agak terasa sulit bagi para pemula yang memang ingin menerbitkan artikelnya di Plimbi. Permasalahan yang terjadi biasanya mereka jarang menulis langsung di author panel yang sediakan Plimbi tetapi langsung menulis di program pengolah kata, semacam Microsoft Word, Libre Office, dan sebagainya.    Hal ini cukup lurah, karena kebanyakan para penulis konten di website lain juga umumnya demikian. Mereka lebih nyaman untuk menulis terlebih dulu di program pengolah kata dibandingkan langsung menulis langsung di draft website. Hal ini biasnaya dilakukan untuk menghindari kehilangan data atau untuk sekadar menghemat kuota.    Tapi, ada juga yang merasa enggan menulis langsung karerna kurang bersahabat dengan toolbar yang ada di author panel. Dan pada dasarnya hal ini hanya soal kebiasaan saja.    Karena itu, pada kesempatan kali ini, Plimbi akan memaparkan fungsi dari toolbar yang ada di author panel Plimbi. Mengapa hal ini penting? Karena masih banyak author Plimbi yang belum memanfaatkan benar toolbar yang ada di author panel. Padahal fungsi toolbar di author panel sangat bermanfaat untuk para penulis Plimbi.    Langsung saja, simak penjelasan terkait fungsi  toolbar yang ada di author panel. Untuk memudahkan penjelasan, pemaparan toolbar dibagi ke dalam 3 bagian sesuai fungsi toolbar yang terbai dalam tiga baris.   

1. Ikon Toolbar Baris Atas 

Toolbar bagian atas pada dasarnya merupakan toolbar yang umum ada di program pengolah kata. Pada bagian ini terdapat 10 fungsi yang terdiri dari berikut ini.  Mengenal Fungsi Toolbar yang ada di Author Panel Plimbi
  • Cut (Ikon berbentuk gunting), fungsinya untuk memindahkan teks ke tempat lain. Fungsi yang umum ada di Microsoft Word. 
  • Copy (berbentuk dua salinan dokumen), di seblah cut terdapat copy yang pasti sudah banyak yang tahu fungsinya. Yah, copy berfungsi untuk menyalin teks untuk dipindahkan ke bagian lain. Fungsinya sama dengan Cut, hanya saja, copy tidak menghapus salinan teks asli, sementara cut menghapus atau menghilangkan salinan asli ketika teks sudah dipindahkan 
  • Paste as Plain Text, di sebelah copy, terdapat fungsi untuk menempatkan hasil salinan (copy).  Fungsi ini digunakan agar salinan  teks word yang dipindahkan dari Microsoft Word (dan sejenisnya) bisa tampil lebih sederhana. Misalnya, jika di Microsoft Word terdapat banyak gambar, ketika melakukan paste disini, gambar-gambar tersebut akan hilang, dan salinan akan utuh hanya teks saja. 
  • Paste from Word, fungsi ini berguna untuk menyesuaikan teks keseluruhan yang di copy paste dari Microsoft Word. Tujuannya agar tulisan bisa lebih sesuai untuk keperluan pembaca di website. Dan tidak ada fungsi atau format aneh-aneh ketika teks sudah disalin semua. Sering ditemukan bukan, sebuah tampilan tulisan yang tidak rapih? Nah, jika para author ingin lebih rapih, sebaiknya lakukan paste dengan ikon berikut.
  • Undo (Ikon tanda arah ke kiri), berfungsi untuk mengembalikan ke langkah sebelumnya. Biasanya digunakan untuk memperbaiki kesalahan langkah, berupa salah menulis kata, atau hal lainnya.
  • Redo (Ikon tanda arah ke kanan), kebalikan dari Undo. Fungsinya untuk melangkah ke langkah selanjutnya karena tidak jadi melakukan pembatalan (Undo). 
  • Find (Ikon lup/ikon kaca pembesar), merupakan ikon yang digunakan untuk mencari sebuah kata yang ada di teks. 
  • Replace, di sebelah find, terdapat replace yang ditandai dengan ikon tanda a dan b. Fungsi ikon ini untuk mengganti kata yang ada di teks tulisan secara keseluruhan. Misalnya, pada tulisan tersebut, ada kata “kamu” yang kemudian akan diganti  menjadi “Anda”. Nah, dibandingkan memperbaiki satu-satu, maka cukup memakai ikon ini, semua bisa terganti. 
  • Select All, ikon yang ada di sebelah Replace. Fungsinya untuk menyeleksi semua tulisan. Ikon yang bisa digantikan dengan tombol Ctrl + A. 
  • Paragraph Format, ikon yang menampilkan tulisan normal. Fungsinya untuk mengganti atau menyesuaikan format sebuah teks. Umumnya teks akan otomatis normal. Namun, khusus sub judul atau tulisan yang mengandung list, alangkah baiknya memilih “Heading 3” yang memiliki format ukuran lebih besar. 

2. Ikon Toolbar Baris Tengah  

Toolbar bagian tengah memiliki ikon yang banyak dan sangat penting untuk membuat sebuah tulisan tampil menarik dan enak ketika dibaca. Pada bagian tengah ini, tiap ikon dibagi ke dalam tiga kolom.  Mengenal Fungsi Toolbar yang ada di Author Panel Plimbi Kolom pertama terdiri dari 5 ikon yang terdiri dari 
  • Bold (B), untuk menebalkan teks 
  • Italic (I), untuk memiringkan teks 
  • Underline (U), untuk menampilkan garis miring dibawah teks 
  • Strikethrough, ditandai dengan S bergaris. Fungsinya untuk membuat sebuah kalimat, kata atau paragraf dalam teks memiliki garis tengah seperti coretan. 
  • Subscript, ditandai dengan X yang diikuti angka 2 dibawah. Fungsinya ditujukan untuk huruf khusus yang menempel dibawah. 
  • Superscript, ditandai dengan X yang diikuti angka 2 diatas. Fungsinya ditujukan untuk huruf khusus yang menempel diatas.
  • Remove Format, ditandai dengan T bergarisbawah yang diikuti huruf x dibawah. Fungsinya untuk mengapus kata atau kalimat yang sudah diberi subscript atau superscript. 
Kolom kedua  terdiri dari 9 ikon yang terdiri dari 
  • Insert/Remove Numbered List, berfungsi untuk membuat daftar memakai nomor 
  • Insert/Remove Bulleted List, berfungsi untuk membuat daftar memakai lingkaran hitam (seperti yang daftar yang dilihat sekarang) 
  • Decrease Indent, fungsinya untuk mengembalikan teks yang tadinya digeser ke ke kanan kembali ke posisi sebelumnya 
  • Increase Indent, fungsinya untuk memajukan awal teks ke sebelah kanan. 
  • Block Quote, ditandai dengan ikon kutipan. Fungsinya untuk menampilkan tulisan berupa kutipan khusus atau menampilkan kalimat penting dari sebuah teks secara keseluruhan. Bisa sebagai simpulan. 
  • Align Left, fungsinya untuk meratakan teks tulisan khusus rata kanan kiri saja.
  • Center, fungsinya untuk membuat teks tulisan berada di posisi tengah
  • Align Right, fungsinya untuk meratakan teks tulisan khusus rata kanan kanan saja
  • Justify,  fungsinya untuk meratakan teks tulisan kanan dan kiri. 
Kolom ketiga terdiri dari 2 ikon yang terdiri dari 
  • Link, fungsinya untuk memasukan sebuah link website pada sebuah kata, frase, kalimat, atau paragraf. 
  • Unlink, fungsinya untuk menhapus sebuah link website yang “tertanam” pada sebuah kata, frase, kalimat, atau paragraf.

3. Ikon Toolbar Baris Bawah 

Toolbar bagian bawah hanya memiliki 5 ikon. Tapi 5 ikon ini cukup penting. Berikut penjelasan kelima ikon tersebut  Mengenal Fungsi Toolbar yang ada di Author Panel Plimbi
  • Image (Ikon tanda bergambar), berfungsi untuk memasukan gambar yang sudah diunggah. Image juga berfungsi untuk menampilkan gambar yang diunggah ke situs lain (hosting image). 
  • Table (Ikon berbentuk tabel), berfungsi untuk menampilkan tabel. 
  • Insert Special Character (Ikon simbol sygma), fungsinya untuk memasukan huruf atau angka atau simbol spesial. Tampilan simbol yang tersedia tampak pada gambar berikut.
  • Embed Youtube Video (Ikon Youtube), berfungsi untuk menampilkan video Youtube. Cara paling mudahnya, dengan menyimpan tautan pada bagian seperti gambar. Bisa dilihat pada contoh berikut ini. 
  • Insert Page Break for Printing (ikon garis putus-putus di bagian tengah), berfungsi untuk membagi tulisan ke beberapa bagian. Jadi sebuah artikel akan memilih beberapa bagian atau page agar tulisan tidak terlalu panjang untuk di-scroll kebawah ketika dibaca. 
Nah itulah tadi penjelasan tentang fungsi-fungsi toolbar yang ada di author panel. Penjelasan ini dimaksudkan agar para author bisa memaksimalkan fungsi toolbar yang ada di author panel sehingga tulisan bisa lebih menarik.   

About The Author

Plimbi Editor 500
Stylus

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel