Menghentikan Sementara Screen Boot Up

27 May 2016 21:52 2535 Hits 0 Comments
Salah satu Fungsi PAUSE pada keyboard ketika tampilan tersebut (Screen Boot Up)

Pernahkah kamu merasa kesal karena proses boot up komputer yang begitu cepat hingga membuat kamu tidak sempat membaca atau bahkan melakukan aksi tertentu?

Sebelum kepembahasan utamnya saya coba bahas sedikit mengenai Tombol Pause yang masih dipergunakan pada sistem operasi DOS dan masih berfungsi di command prompt sampai saat ini.

Tombol Pause difungsikan untuk menghentikan tampilan output program berbasis teks seperti command prompt di Windows. Saat anda menekan Pause maka tampilan program di layar akan berhenti. Tergantung desain program hal ini biasanya menghentikan proses eksekusi program tersebut. Tekan tombol lain setelah dihentikan maka proses eksekusi akan dilanjutkan kembali.

Tombol Pause bisa digunakan untuk mematikan proses aplikasi DOS, menekan Ctrl+Pause akan mematikan program DOS. Kombinasi tombol shortcut ini sama dengan Ctrl+C yang juga digunakan untuk mematikan program di command prompt.

Ok. Sudah selessai dengan sedikit pembahasan atau fungsi tombol Pause, sekarang sekarang kita mulai ke pembahasan utamanya "Menghentikan Sementara Screen Boot Up".

Sadar atau tidak, tampilan yang tampak pertama di PC atau Laptop ketika baru dihidupkan umumnya memiliki durasi yang sangat singkat, sehingga sebagian dari orang lain mungkin tidak memperd\ulikan atau sebagian dari orang lain bisa juga memunculkan rasa penasaran tersendiri untuk melihat semua tulisan dengan tanpa terburu-buru.

Nah, untuk itu saya akan berbagi tips nya untuk kalian agar nantinya kita tidak lagi tergesa gesa membacanya. Cukup dengan menekan tombol PAUSE pada keyboard ketika tampilan tersebut (Screen Boot Up), dan seketika layar akan mengentikan proses deteksi hardware sesuai dengan durasi atau tombol pause pada keyboard yang kita tekan. Disaat itulah kita bisa membacanya dengan santai tanpa tergesa-gesa.

Jika dirasa sudah selesai, maka kita bisa kembali tekan tombol ENTER atau tombol yang lainnya agar system kembali malanjutkan proses yang terhenti tadi.

Selain dari itu, manfaatnya antara lain:

  1. Kita bisa cek tombol fungsi yang bisa ditekan ketika POST Screen
  2. Bisa cek spesifikasi PC secara singkat Bagi yang mau memulai instalsi OS, atau sebagainya yang mengharuskan agar disc dimasukkan ke ODD sebelum proses booting, tentu cara ini akan bermanfaat, selain dari reboot menggunakan kombinasi tombol Ctrl+Alt+Del, dan lain sebagainya.
Tags

About The Author

Ahmad .R 17
Novice

Ahmad .R

Penyuka desain typography dan pembuat skin aimp.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel