Review Tuyul Part 1, Film horor tanpa balutan seks, horror ala the Conjuring

16 Apr 2016 20:19 6536 Hits 0 Comments
Review Film Tuyul part 1 

Film yang disutradarari oleh Billy Christian  ini mempunyai durasi sekitar 90 menit ini mampu membuat penontonnya merasakan sebuah adegan menegangkan, Tuyul part 1 ini memberikan efek horror kepada penontonya seperti halnya film The Conjuring, walaupun jarang menampilkan sosok hantu secara langsung akan tetapi sudah mampu membuat penontonnya merasakan ketakutan yang luar biasa. Tuyul Part 1 adalah sebuah film horror berkualitas yang tidak pernah menampilkan adegan adegan vulgar seperti film film horror sebelumnya. Film ini mengangkat cerita tentang sebuah hantu klasik Indonesia yaitu Tuyul, yang menurut legenda akan membuat siapa saja yang memeliharanya akan mempunyai karir atau keuangan yang stabil, akan tetapi disamping itu juga ternyata sang tuyul juga meminta tumbal atas bantuannya tersebut.

 

“…..Setiap generasi keluarga pemangku Tuyul harus mempersembahkan jiwa suaminya kepada iblis sebagai nilai tukar atas kemakmuran …dan jiwa tersebut akan dicabut ketika anak pertamanya lahir…..”

 

Tuyul Part 1, diperankan oleh aktris cantik muda berbakat Dinda Kanya Dewi yang memerankan Mia, ibu muda yang hamil 7 bulan dan Gandhi Fernando yang memerankan Daniel istri dari Mia. Film ini berkisah tentang sebuah keluarga ( Mia dan Daniel) yang baru saja pindah dari kota kedaerah pegunungan karena Daniel harus menyelesaikan suatu proyek di daerah tersebut. Mereka berdua menempati rumah tua yang memiliki sebuah sejarah kelam. Setting film ini kebanyakan di dalam rumah tersebut, desain dari rumah tua tersebut sebenarnya sudah bisa membuat penonton merasa takut terutama sebuah lukisan yang membuat bulu kuduk penontonnya berdiri.

Cerita berawal ketika sang Daniel sedang membersihkah sebuah lonteng atas rumah secara tidak sengaja dia telah mengeluarkan sebuah tuyul dari dalam botol yang telah disegel oleh pemiliknya yang ternyata adalah ibu kandung dari Mia. Dan tanpa Mia sadari ternyata Daniel telah membuat perjanjian dengan Tuyul yang secara tidak sengaja dia keluarkan , sehingga karier pekerjaannya semakin lancar. Akan tetapi seiring dengan lepasnya sang tuyul, Mia yang sedang hamil 7 bulan mengalami kejadian kejadian aneh yang membuat dirinya tidak betah tinggal dirumah tersebut. Kejadian paling mengerikan adalah ketika Mia sedang berada di pasar dan kandungan dalam perutnya memuncratkan darah dan mengeluarkan Tuyul. Serta kejadian Mia yang merasa kalau dirinya ditarik oleh sebuah Lukisan yang misterius tersebut.

Tidak hanya dihantui oleh sang Tuyul, nampaknya penonton akan dihantui oleh dua orang misterius, sosok misterius tersebut adalah tetangga dari Mia yang diperankan sangat apik oleh Citra Prima yang memerankan tokoh Karina, sosok Karina adalah seorang kejawen tulen, dalam kehidupan sehari harinya dia jarang bergaul dengan tetangganya dan hanya mengurung diri di rumahnya sambil melakukan ritual gaib. Citra Prima sendiri sudah terkenal lewat acara yang dibawakannya yaitu “ Masih Dunia Lain” acara tersebut bertema horror mistis sehingga otomatis akan membuat nilai tambah kehororran dari film Tuyul Part 1 ini semakin kentara. Dan sosok kedua yang membuat siapa saja takut dan penasaran adalah pembantu rumah tangga dari Mia, yaitu bi Inah, yang diperankan sangat apik oleh Ingrid Widjanarko, mungkin sosok Bi Inah sendiri sudah membuat siapa saja takut.

Karena tidak menampilkan adegan Vulgar alias menjual sebuah kemolekan wanita sexy, film ini cukup layak ditonton untuk keluarga, jangan sekali kali menonton film ini dimalam hari secara sendirian.

Sutradara            : Billy Christian 

Penulis Naskah   : Billy Christian, Gandhi Fernando, Luvie Melati 

 

Pemeran             :

Dinda Kanyadewi ( Mia)

Gandhi Fernando ( Daniel )

Citra Prima ( Karina)

Ingrid Widjanarko ( Bi Inah )

 

Music by :  Andhika Triyadi

Cinematography by : Gunung Nusa Pelita

Film Editing by : Heytuta Masjhur

About The Author

supriyanto 55
Expert

supriyanto

Menyukai sepak bola
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel

From supriyanto