Atasi Masalah Clash of Clans di WiFi MNC Play Media

16 Apr 2016 12:14 7062 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Anda mengalami masalah dengan koneksi WiFi di rumah saat bermain Clash of Clans? Coba cek tips berikut.

Minggu lalu saya mendaftar layanan internet broadband dari MNC Play di rumah. Seperti diketahui, saat ini layanan broadband sudah semakin menjamur dan banyak sekali yang bisa kita pilih dan MNC Play Media merupakan salah satu yang menarik karena kita bisa memilih berlangganan internetnya saja, tidak perlu berlangganan TV berbayar kalau tidak membutuhkannya.

Lumayan, lebih hemat dibanding paket bundling yang ditawarkan oleh Firstmedia ataupun Indihome.

Setelah mendaftar lalu janjian dengan teknisinya untuk pemasangan, akhirnya saya punya koneksi internet yang memuaskan di rumah. Saat digunakan, ternyata memang kecepatannya luar biasa. Sebagai informasi, saya berlangganan paket yang paling murah, Rp249 ribu per bulan, dengan kecepatan 7Mbps. Koneksi yang ditawarkan juga 1:1. Artinya, rasio kecepatan upload dan download sama. Dalam kasus saya, berlangganan kecepatan download 7Mbps juga mendapatkan kecepatan upload 7Mbps.

Namun keesokan harinya, muncul kejanggalan. Clash of Clans, salah satu game favorit saya tidak bisa terhubung jika menggunakan koneksi WiFi dari MNC Play Media. Padahal, dengan koneksi yang sama, game-game lain yang saya mainkan bisa berfungsi dengan normal. Kacau. Masa' sih, MNC membatasi akses ke game yang sangat populer di Indonesia pada servernya? Nggak mungkin ah!

Selidik punya selidik, ternyata game Clash of Clans ini sangat sensitive terhadap setting pengamanan di koneksi internet yang kita gunakan. Ini mungkin salah satu alasan mengapa game ini tidak bisa dijalankan misalnya di sekolah, kantor, ataupun memanfaatkan wifi di tempat public lainnya meski aplikasi lain ataupun browsing dapat dijalankan dengan normal.

Setelah mendpatkan cukup banyak informasi yang memang menyebutkan bahwa sekuriti di jaringan bisa menjadi penyebab tak bisa terhubungnya game ini ke server, langsung saja saya login ke modem yang disediakan. Ternyata benar saja. Setting Security-Firewall di modemnya diset di posisi High.

Penasaran, saya coba mengutak-atik setting Security yang disediakan, khususnya di bagian Firewall. Dari percobaan, jika Firewall Level kita set sampai ke titik Middle, Clash of Clans masih bisa dijalankan. Begitu pula saat opsi Enable Anti-Hacking Protection diaktifkan.

Opsi Off tentu sangat tidak disarankan karena kalau kita menggunakan notebook ataupun gadget untuk terhubung ke Internet, maka kemungkinan data-data kita dicuri, atau aplikasi malware melakukan hal-hal yang tidak kita inginkan semakin besar. Asal tahu saja, penggunaan antivirus dan juga firewall di sistem operasi saja tentu tidak cukup.

Opsi Low boleh digunakan kalau memang Anda benar-benar yakin bahwa antivirus ataupun aplikasi firewall yang Anda punya sudah cukup mumpuni. Adapun opsi high ini sebenarnya sangat direkomendasikan. Tetapi kalau begitu, justru masalah pada game online seperti Clash of Clans muncul. Dengan demikian, setting terbaik untuk pengamanan namun tanpa mengganggu kenikmatan bermain game adalah seperti gambar berikut:

Atasi Masalah Clash of Clans di WiFi MNC Play Media
Nah, apakah Anda menggunakan MNC Play Media dengan modem-gateway-wireless access point ZTE ZXJM F660? Coba pakai opsi di atas. Kalau menggunakan layanan lain dan modem yang berbeda, interface settingnya tentu berbeda, namun intinya, silakan ubah setting pengamanan Anda, khususnya Firewall ke level yang lebih moderat. Selamat mencoba.

About The Author

Tedi Kasuma 41
Pena

Tedi Kasuma

Penulis pemula yang ingin menjadi lebih baik. Semoga.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel